Situs Populer yang Gagal dan Terlupakan

Situs Populer yang Gagal dan Terlupakan
Tampilan Friendster

Mikaylabinar.com– Situs Populer yang Gagal dan Terlupakan. Banyak berita yang mengabarkan tentang keberhasilan startup yang dibangun hingga berkembang menjadi besar.

Tetapi jarang sekali yang mengabarkan tentang situs populer yang gagal ditengah jalan hingga lenyap dari peredaran. Bahkan sebagian dari situs yang gagal ini sempat populer dan berpotensi menjadi besar dengan jumlah pengguna yang banyak

Orang mungkin lupa bahwa sebelum ada google sudah ada Altavista yang menjadi mesin pencari, sebelum ada facebook sudah ada friendster yang begitu popular pada zamannya  

Persaingan bisnis menuntut startup untuk terus berinovasi. Startup stagnan akan ditinggalkan oleh penggunanya dan beralih kepada startup baru yang menawarkan pengalaman baru bagi pengguna.

Terdapat beberapa situs populer yang dulunya sempat digandrungi namun kini ‘lenyap’ dari peredaran, beberapa diantaranya sebagai berikut:

Altavista

Sebelum kemunculan google, Altavista menjadi mesin pencari  yang popular dengan 80 juta hits perhari yang mengaksesnya.

Altavista dibuat oleh sekelompok peneliti Digital System Coorporation Networks Systems Laboratory dan Western Research Laboratory dan diluncurkan pada tahun 1995.

Pada tahun 1996 Altavista diakuisisi oleh Compaq dan diluncurkan sebagai web portal berita yang mirip dengan yahoo. Dimana fokusnya menampilkan berita dengan menambahkan fitur email dan menyisipkan mesin pencari pada halaman homepagenya.

Walaupun sempat di luncurkan kembali sebagai mesin pencari namun sulit bersaing dengan google yang memantabkan diri sebagai mesin pencari.

Tahun 2003 Altavista dibeli oleh yahoo, seperti yang kita ketahui yahoo sendiri menyatakan bangkrut tahun 2018 walaupun saat ini masih beroperasi

Friendster

Pada tahun 2006 dan 2007 Friendster jejaring sosial paling hot dan mencapai puncaknya sebagai media social yang begitu popular.

Baca juga  Pembajakan Pesawat Malaysia Airline Penerbangan 653, Hasan di Tiro Mendeklarasikan Perlawanan Terhadap Pemerintah Indonesia dan Gerhana Matahari 4 Desember.

Selain bisa membuat status tulisan pada halaman utamanya, pengguna juga bisa mengganti background tampilan halaman homepage sesuai dengan keinginan.

Friendster didirikan oleh Jonathan Abrams dari Canada pada tahun 2002. Situs Media Sosial ini dengan cepat menarik minat pengguna yang mencapai satu juta anggota. Namun tidak bertahan lama dengan kehadiran facebook yang merajai social media.

Tahun 2009, Friendster diambil alih oleh MOL Global dan diluncurkan kembali sebagai situs game.

MySpace

Bernasib sama dengan Friendster, myspace menjadi media social yang gagal bersaing dengan facebook. Tahun 2005-2008, myspace menjadi salah satu media social yang terbesar di dunia.

Namun,  Hanya dalam waktu tiga tahun sejak facebook mulai dikenal publik, myspace kehilangan lebih dari 40 juta pengunjung perbulan yang mengakibatkan pada kerugian dan mem-PHK karyawannya termasuk kedua pendirinya.

Myspace didirikan Tom Handerson dan Christopher deWolfe pada tahun 2003 namun dengan cepat dibeli oleh News Corp di tahun 2005. Dan sejak saat itu myspace mulai melejit hingga anjlok kalah bersaing dengan Facebook di tahun 2008

Napster

Pelopor music online dan file sharing yang didirikan pada tahun 1999 oleh Sean Parker dkk. Situs ini memberikan kemudahan pagi pengguna untuk share music secara gratis. Ini merupakan sesuatu yang luar biasa pada saat itu karena orang dapat menikmati musik tanpa harus beli kasetnya.

Pada masa puncaknya sekitar tahun 2000 Napster memiliki 80 juta pengguna. Namun karena tersangkut masalah hak cipta Napster beralih menjadi toko online musik dan mulai meredup karena ditinggal penggunanya   

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *