Perusahaan Venture Capital di Indonesia

Mengenal Lebih Dekat Perusahaan Venture Capital di Indonesia
Venture Capital di Indonesia

Bagi sebagian orang masih asing dengan perusahaan venture capital. Atau Anda masih bingung dengan cara kerja dan pengertian venturecapital?

Sebenarnya perusahaan venture capital sangat penting untuk Anda yang ingin mendirikan suatu startup. Apalagi kini perusahaan startup sedang menjadi tren, dan banyak orang yang ingin mendirikan startup.

Jadi garis besarnya adalah perusahaan venture capital inilah yang menyuntikan dana mereka ke suatu startup. Venture capital ini sangatlah berperan penting bagi keberlangsungan startup.

Jika ingin lebih jelasnya, mari kita kupas tentang penjelasan dan cara kerja venture capital di bawah ini :

Apa itu Venture Capital ?

Apa itu venture capital? Venture capital yang sering disingkat VC adalah jenis pembiayaan keuangan yang didalamnya ada para investor yang telah menyediakan dana untuk mendanai perusahaan startup atau perusahaan kecil menengah.

Venture capital ini akan dengan kata lain dana yang akan diinvestasikan kepada perusahaan startup atau perusahaan kecil lainnya, yang sedang merintis perusahaan mereka untuk membantu proses perkembangan perusahaan.

Selain pendanaan ini untuk membantu perusahaan startup dan perusahaan kecil dalam proses perkembangan. Hal ini dilakukan venturecapital untuk prospek kedepan dan juga merupakan investasi jangka panjang. Perusahaan venture capital percaya bahwa investasi ini memiliki potensi jangka panjang.

Jika Anda ingin tahu lebih tentang perusahaan startup di Indonesia, bisa klik startup top 100.

Perbedaan Venture Capital Dan Venture Capitalist

Bila ada venturecapital tentu saja pasti ada yang namanya venture capitalist. Secara gampangnya venture capital adalah asal dananya atau jenis dananya, dan apa itu venture capitalist? Venture capitalist adalah orang-orang yang terlibat untuk mengelola dana-dana tersebut.

Baca juga  Memahami Pemberian Modal Melalui Skema Venture Capital

Seorang venture capitalist bertugas untuk mengelola dan memproyeksikan keuntungan yang didapatkan dari perusahaan yang telah diberikan suntikan dana.

Dana-dana yang akan diberikan kepada perusahaan startup tersebut didapatkan dari para investor yang disebut sebagai LP (Limited partner). Jika Anda ingin mengetahui penjelasannya lebih lanjut tentang LP, simak penjelasannya dibawah ini.

Sumber Dana Venture Capital

Perlu diingat jika venture capital adalah jenis pembiayaannya. Jadi perusahaan venture capitalis ini mendapatkan banyak dana karena merupakan gabungan dari berbagai pihak, jadi venture capital ini dananya bukan dari perseorangan namun gabungan dari pihak-pihak lain.

Biasanya orang-orang yang bergabung ini adalah dari kalangan investor bank, investor kaya, dan a da juga dari lembaga keuangan yang lain.

Orang-orang yang telah menaruh dananya ke perusahaan venturecapital, maka akan ikut berinvestasi juga dalam pendana perusahaan startup.

Namun yang harus Anda ketahui, orang-orang yang berinvestasi ke perusahaan venture capitalis yang nantinya akan disetorkan ke perusahaan startup atau perusahaan kecil menengah, ternyata memiliki resiko yang sangat besar.

Karena perusahaan startup adalah perusahaan yang baru saja akan berkembang yang memiliki potensi gagal sangat tinggi.

Itulah tadi penjelasannya tentang perusahaan venturecapital. Perusahaan venture capital di Indonesia kini telah banyak tersebar di kota-kota besar, jadi jika Anda membutuhkan suntikan dana untuk membangun suatu perusahaan startup, Anda dapat menghubungi pihak perusahaan venturecapital di kota Anda.

Venture Capital di Indonesia

Terdapat banyak venture capital di Indonesia, berikut ini 5 venture capital di Indonesia yang sering aktif mendanai startup di Indonesia:

1. East Venture

East Venture didirikan tahun 2009 oleh Batara Eto, Willson Cuaca, dan Chandra Tjan. VC ini menanamkan modal ke berbagai jenis startup diantaranya Tokopedia, AppsFoundry, BerryKitchen, Berrybenka, Traveloka, hingga Bilna.

Baca juga  Cara Memulai Sebuah Startup Dari Awal

2. Emtek Group

PT. Elang Mahkota Teknologi atau dikenal Emtek Group menjadi induk dari beberapa stasiun TV nasional SCTV, Indosiar, dan O Channel. Emtek Group juga menjadi venture capital dengan memberi pendanaan ke beberapa startup seperti Bukalapak, Bobobobo, hingga Kudo.

3. Ideosource

Didirikan pada tahun 2011 oleh Andi S Boediman dan Edward Ismawan Chamdani, pendanaan Ideosource lebih fokus pada sektor media dan e-commerce. Tahapan pendanaan dari Ideosource lebih mengutamakan seed dan seri A.

Ideosource memberikan pendanaan kebeberapa startup diantaranya eEvent, Female Daily Network, Orori, TouchTen, Saqina, hingga Kark.

4. 500 Durians

500 Durians didirikan tahun 2013, VC ini merupakan bagian dari VC global yakni 500 Startup yang didirikan oleh Dave McClure dan Christine Tsai fokus di kawasan Asia Tenggara.

Pendanaan 500 Durians diantaranya pada startup Grab, Bukalapak, Canva, Credit Karma, dan yang lainnya. Selain menyediakan sejumlah dana, 500 Durians ini juga menyediakan program Seed Accelerator.

5. Skystar Capital

Venture Capital ini merupakan bagian dari Kompas Gramedia Group didirikan tahun 2014 dan menjadi satu-satunya Venture Capital dan bisnis inkubator pertama yang telah resmi terdaftar menjadi anggota Asosiasi Akselerator Terbesar di Dunia yaitu Global Accelerator Network (GAN).

Skystar Capital fokus pada pendanaan seed dan Seri A dengan dana investasi sekitar Rp 11 miliar per startup.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *