Content Marketing Adalah: Strategi Dan Penerapan

Inilah Mengapa Anda Perlu Menerapkan Strategi Pemasaran Content Marketing
Content Marketing

Content marketing adalah- Pemasaran content (content marketing) sekarang menjadi elemen kunci dari strategi marketing banyak perusahaan. Pemirsa mengharapkan content yang berharga dan dipersonalisasi untuk membantu mereka membuat keputusan pembelian. Inilah mengapa merencanakan dan menerapkan strategi pemasaran content di perusahaan Anda penting:

Rencana Strategi

Menyediakan content yang menarik bagi pengguna mungkin perlu dilakukan selama aktivitas marketing. Tetapi tidak semua perusahaan memiliki strategi yang direncanakan dengan baik. Tindakan khusus tidak akan membantu mencapai konversi yang diharapkan dan secara signifikan untuk memengaruhi hasil penjualan perusahaan.

Strategi marketing harus benar-benar direncanakan dan dilaksanakan langkah demi langkah. Pemasaran content harus memberikan nilai kepada penerima sambil menghasilkan kebutuhan pembelian. Langkah terpenting menuju strategi yang efektif adalah menciptakan persona pemasaran, yaitu model perwakilan kelompok sasaran.

Semakin baik kita mengenal audiens kita, semakin mudah untuk membangun hubungan dan memberikan nilai kepada mereka. Persona marketing memungkinkan kita untuk mengenali cara calon pelanggan membuat keputusan pembelian, dan bahkan ketika niat untuk membeli muncul.

Tunjuk Pemimpin Pemasaran Konten

Untuk naik ke level selanjutnya dalam pemasaran konten. Anda perlu menunjuk seorang pemimpin yang akan mengelola semua aktivitas di dalam departemen. Strategi pemasaran content yang baik bukanlah hasil dari pembuatan content yang tergesa-gesa dan pemilihan topik secara acak. Itu harus bergantung pada dokumen yang akan memungkinkan pelaksanaan tugas individu langkah demi langkah.

Tanpa struktur tim pemasaran yang sesuai, Anda bisa menyia-nyiakan anggaran Anda. Manajer harus memastikan arus informasi yang baik dan kerjasama yang efisien dari departemen pemasaran. Peran dan tanggung jawab masing-masing karyawan harus didefinisikan dengan baik.

Baca juga  6 Strategi Pemasaran Produk Baru Dijamin Penjualan Meningkat

Tim pemasaran memiliki dampak besar pada kinerja penjualan perusahaan, beroperasi di banyak bidang – mulai dari menghasilkan permintaan hingga melibatkan pelanggan di setiap tahap saluran penjualan.

Gunakan Alat Modern

Teknologi baru mendukung kampanye pemasaran content, memungkinkan Anda mencapai hasil yang mengesankan. Salah satu alat yang paling efektif dalam content marketing adalah otomatisasi pemasaran. Yang memungkinkan Anda untuk menyesuaikan komunikasi pemasaran dengan audiens dan memberi mereka content di saluran yang sesuai.

Alat otomatisasi pemasaran memungkinkan Anda mengumpulkan data tentang pengguna, membuat profil perilaku mereka. Dan kemudian menggunakannya dalam kampanye pemasaran content otomatis. Namun, harus diingat bahwa otomatisasi pemasaran tidak akan berfungsi tanpa konfigurasi alat, pengawasan, dan strategi pemasaran yang tepat.

Gabungkan Strategi Promosi Content Anda

Strategi pemasaran yang paling sukses menggunakan berbagai jenis media untuk berkomunikasi dengan audiens Anda, termasuk opsi yang dimiliki, diperoleh, dan berbayar. Media yang dimiliki mencakup semua saluran milik perusahaan, seperti situs web, profil media sosial, blog perusahaan, atau buletin.

Content sendiri dapat dipromosikan dengan media berbayar, yaitu iklan berbayar, paling sering menetap di model PPC, serta artikel yang disponsori atau kegiatan promosi di media sosial. Media yang diperoleh adalah content yang dihasilkan oleh pengguna, mis. komentar, meme dan gif terkait brand, review tentang produk atau opini tentang perusahaan.

Jumlah content yang dipublikasikan dapat menentukan pengenalan merek. Dalam pemasaran content, semua jenis media di atas digunakan, tetapi media yang dimiliki dianggap paling efektif.

Tentukan Metrik Terukur

Dalam semua kegiatan pemasaran, termasuk pemasaran content, perlu dilakukan pengukuran efektivitas kegiatan. Analisis efektivitas artikel, faktor kuncinya adalah seperti jumlah tampilan, waktu yang dihabiskan di halaman, jumlah pengguna yang kembali, jumlah halaman per sesi, rasio pentalan, dan CTR dalam CTA artikel.

Baca juga  Cara Mempromosikan Bisnis Anti Ribet

Untuk media yang diperoleh, yaitu publikasi content di situs eksternal, penting untuk mengidentifikasi situs mana yang menghasilkan lalu lintas paling banyak.

Penting juga untuk mengukur pemasaran content dalam kaitannya dengan lalu lintas organik, yaitu SEO. Saat membuat content di situs web Anda sendiri, Anda harus memperhatikan metrik seperti jumlah lalu lintas di situs web dari waktu ke waktu, RKT kata kunci individual dalam hasil pencarian dan posisi halaman dalam hasil pencarian (misalnya TOP 3, TOP 10 ).

Untuk mengukur hasil kampanye Anda secara efektif, ada baiknya menggunakan alat yang tersedia, seperti otomatisasi pemasaran atau Google Analytics.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *