Mencoba Membuat Croffle, Makanan Viral Anak Muda

Mencoba Membuat Croffle, Makanan Viral Anak Muda
Cemilan lezat croffle

Anak muda saat ini pasti sudah pernah mencoba membuat croffle sebagai bahan percobaan di rumah. croffle menjadi makanan yang viral sejak tahun 2021 khususnya saat pandemi COVID-19.

Dimana orang orang terpaksa harus berdiam di rumah karena situasi yang semakin buruk. Makanan yang termasuk aesthetic dan diklaim memiliki rasa yang cukup unik tersebut akhirnya mulai masuk ke sosial media.

Dan dengan cepat menjadi viral dimana mana. Banyak sekali video yang menampilkan seseorang sedang mencoba membuat croffle makanan dengan topping yang bervariasi dan berhasil membuat penonton menelan ludah.

Informasi Mengenai croffle yang Sedang Hits

Sebelum viral di dunia maya baru baru ini, cemilan ini sebenarnya sudah lama ada. Berasal dari negara perancis dikabarkan bahwa cemilan ini pertama kali dijual pada tahun 2017 di salah satu kafe Perancis Bernama La Petite Boulangerie yang terletak di Dublin.

Kafe tersebut adalah milik perusahaan Cuisine de France. Cemilan ini dikabarkan lahir karena ide dari seorang koki dari kota tersebut yang Bernama Louise Lennox. Ia ingin melihat bagaimana jika makanan favorit orang Perancis.

Yaitu Croissant dan Waffle digabungkan menjadi satu kudapan jenis baru yang juga bisa dihidangkan sebagai dessert. Penggabungan tersebut dilakukan dengan membentuk adonan croffle seperti Croissant dan dimasak pada alat cetakkan Waffle.

Hasil akhirnya akan berbentuk waffle namun dengan cita rasa yang lembut di dalam namun garing di luar. Hal yang membuat menarik selanjutnya adalah untuk mencoba membuat croffle makanan yang manis.

Maka ditambahkan isian alpukat, tomat, keju dan beberapa topping lain diatasnya sebagai taburan gremolata dan juga kacang hazel panggang.

Baca juga  5 Tips Pola Hidup Sehat Rasulullah

Berbeda jika kamu adalah penggemar makanan gurih maka croffle bisa ditambahkan dengan tambahan bumbu dan saus ayam. Kamu bisa menambahkan saus dan isian yang sesuai dengan selera kamu.

Tutorial Membuat croffle dengan Mudah

Saat ini croffle yang sedang hits bisa dengan mudah kamu temukan di toko makanan terdekat kota kamu. Namun tentu saja tidak mustahil untuk membuat croffle versi kamu sendiri di rumah.

Tentu ada beberapa alat yang harus ada dan kamu persiapkan seperti cetakan waffle. Mencoba membuat croffle di rumah tentu akan memberikan harga yang terjangkau.

Dan kamu bisa memilih isian dan saus yang sesuai dengan selera kamu dengan mengetahui bahan bahan yang digunakan berkualitas dan terjamin kebersihannya.

Bahan-bahan:

  1. 300 gr tepung terigu (protein tinggi),
  2. 5 gram ragi,
  3. 250 ml susu hangat,
  4. 150 gram mentega,
  5. 3 sdm gula,
  6. ½ sdt garam.
  7. Selain itu kamu juga bisa menyediakan bahan pelengkap seperti madu dan varian selai seperti selai coklat, strawberry dan lain lain.

Cara Membuat:

1. Adapun cara membuat croffle diawali dengan mencampurkan adonan seperti gula, ragi, dan susu dalam satu wadah kemudian diaduk merata.

Selanjutnya kamu membiarkan adonan dengan menutup menggunakan plastic wrap selama kurang lebih 5 hingga 10 menit. Adonan tepung maka kamu mencampurkan garam dan tepung terigu di wadah yang berbeda.

2. Selanjutnya adonan ragi dan susu di tuang pada wadah tepung dan uleni adonan selama kurang lebih 7 menit. Kemudian diamkan kembali adonan dalam wajah hingga satu jam disertai dengan plastic wrap yang ditutup.

Kemudian ambil sedikit adonan dan dipipuhkan hingga berbentuk persegi panjang dan olesi mentega pada seluruh permukaan adonan.

Baca juga  Tips Produktif Di Masa Pandemi Ala Raditya Dika

Adonan kemudian dipotong menjadi empat bagian dan dimasukkan ke dalam freezer kurang lebih 45 menit.

Setelah keluar dari kulkas maka dipipihkan terlebih dahulu dan dibagi dalam 10 bagian berbentuk segitiga. Adonan dibentuk dengan membelah bagian tengah kemudian dilipat sampai adonan habis.

3. Selanjutnya diamkan adonan selama 15 hingga 20 menit sampai mengembang dan olesi dengan air untuk ditaburi gula di seluruh permukaan.

Cetakan waffle kemudian dipanaskan dan masukkan adonan croffle ke dalamnya. Panggang hingga matang. Selanjutnya kamu bias meletakkan topping sesuai selera kamu.

Sebenarnya membuat croffle tidak sulit hanya saja memakan waktu yang tidak sebentar karena harus didiamkan beberapa jam.

Namun disaat pandemic sekarang maka waktu kamu untuk di rumah cukup untuk mencoba membuat croffle sebagai ide percobaan yang asyik di rumah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *