Tips Memilih Cat Interior dan Eksterior Hunian

Tips Memilih Warna Cat Rumah Agar Terlihat Menarik
Tips Memilih Warna Cat Rumah Agar Terlihat Menarik

Salah satu unsur yang berkontribusi menciptakan keindahan sebuah hunian adalah pemilihan warna cat. Untuk menutupi dinding luar maupun dalam sebuah rumah, dibutuhkan beberapa pertimbangan warna. Maka dari itu, beberapa tips memilih cat interior dan eksterior rumah berikut akan sangat dibutuhkan.

Beberapa pertimbangan dalam memilih cat luar dan dalam sebuah rumah tentunya didasarkan pada sisi ukuran, serta keterpaduan antara cat dinding dengan perabot isi rumah. Nah, apa saja yang tips yang perlu diketahui? Simak ulasan berikut:

6 Tips Memilih Cat Interior dan Eksterior Rumah

Memilih cat rumah memang harus jeli dan tidak terburu-buru. Ada beberapa kesesuaian yang perlu diterapkan antara satu unsur dengan unsur lain.

Apabila kesesuaian dan unsur estetika telah terpenuhi, warna rumah akan dapat membangun suasana hatiyang baik sehingga membuat betah penghuninya.

Ada 6 tips memilih cat interior dan eksterior rumah untuk menghadirkan sebuah hunian indah yang sedap dipandang mata. Di antaranya adalah:

1. Tips memilih cat: Tentukan Suatu Tema

Penentuan tema rumah atau ruangan sangat berpengaruh pada pilihan warna. Semisal ingin mendapatkan nuansa romantis nan lembut, maka warna-warna pastel bisa diterapkan. Kalau ingin mendatangkan suasana energi dan semangat, maka warna-warna cerah dan berani bisa dipilih.

2. Sesuaikan Warna Cat Interior dengan Warna Furniture

Warna perabot atau furniture agaknya juga ikut memberi andil atas pilihan warna suatu ruangan atau interior rumah. Bila sofa yang ada di ruang tamu berwarna coklat, maka hendaknya pilih cat interior dengan warna beberapa tingkat di bawahnya yang tidak bertabrakan dengan warna coklat.

Baca juga  Tips Memilih Perlengkapan Hiking Wanita untuk Naik Gunung

Warna krem atau kuning pucat bisa menjadi alternatif warna yang sesuai selain beberapa warna pastel yang tidak terlalu kontras dengan warna coklat.

3. Tips memilih cat: Perhatikan Luas Ruangan

Luas ruangan juga perlu diperhatikan. Bila kesan luas yang ingin dicapai pada suatu ruangan sempit, sebaiknya pilih warna cat dinding yang cerah dan hindari warna-warna gelap.

Warna cerah atau pastel adalah opsi yang pas. Hindari menghias dinding ruangan yang sempit dengan wallpaper bermotif ramai agar ruangan tidak nampak semakin sempit.

4. Sesuaikan Warna Cat Eksterior dengan Warna Genting Atap Rumah

Genting atap rumah juga bisa dipadukan warnanya dengan warna cat eksterior. Bila menghendaki keserasian yang paripurna, cobalah untuk memperhatikan hal ini.

Misalkan atap rumah diwarnai dengan cat warna coklat, sebaiknya cat dinding luar rumah dipilih yang tidak bertabrakan dengan warna genting. Hindari tabrakan warna yang malah semakin menambah kesan tak kontras.

5. Gunakan Diagram Warna

Diagram warna bisa menjadi alat yang sangat membantu untuk memadu padankan warna. Coba terapkan kaidah mix and match diagram warna untuk menghindari perpaduan-perpaduan warna yang tidak disarankan.

Setiap warna memiliki arti dan makna. Anda bisa mempelajari dan mengetahui arti warna menurut psikologi dan makna yang terkandung di dalamnya.

6. Sesuaikan dengan Pencahayaan

Salah satu unsur yang mampu menghidupkan suasana dan mendorong keberhasilan pencapaian tema yang berusaha diangkat pada suatu rumah atau ruangan adalah pencahayaan. Untuk bagian dinding yang dilapisi warna gelap, tentunya jangan diberi pencahayaan dengan warna redup.

Begitu pula sebaliknya, ruangan dengan cat interior cerah sebaiknya juga tidak diberi pencahayaan terlalu berlebihan. Namun, beberapa lampu sorot dengan cahaya kuning akan mampu menciptakan suasana hangat.

Baca juga  Tips Sederhana Hidup Lebih Mudah

Dengan menerapkan tips  memilih cat untuk sebuah hunian tempat tinggal, maka sebuah hunian yang indah dan bertema akan bisa direalisasikan. Ketika kebosanan akan warna yang ada mulai muncul, mengganti cat rumah dengan warna-warna yang menggugah mood bisa dilakukan. Selamat berkreasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *