Manfaat dan Cara Kerja Fintech Market Aggregator

Manfaat dan Cara Kerja Fintech Market Aggregator
Manfaat dan Cara Kerja Fintech Market Aggregator (Photo by Startup Stock Photos from Pexels)

Fintech market aggregator merupakan jenis fintech yang dibuat untuk memudahkan masyarakat dalam mencari produk keuangan sesuai dengan tujuan keuangan mereka.

Seiring berkembangnya zaman, industri finansial juga mengalami pertumbuhan, baik secara kualitas maupun kuantitas.

Produk keuangan pun semakin bervariasi jenisnya, termasuk fintech yang memungkinkan masyarakat memakai layanan keuangan secara digital. Dengan begitu, maka cara transaksi semakin lebih praktis untuk dilakukan.

Manfaat Fintech Market Aggregator

Fintech market aggregator merupakan sebuah layanan berupa bank data tentang berbagai produk keuangan atau finansial yang ada di pasaran.

Apa saja manfaat menggunakan market aggregator? Simak penjelasannya sedikit bawah ini:

1. Manfaat Fintech Market Aggregator: Membantu Memilih Produk Keuangan

Market agregator dapat digunakan untuk membantu menentukan alternatif terkait produk keuangan tertentu karena menyajikan data yang valid tentang spesifikasi dan kualifikasi produk keuangan secara lengkap.

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa produk keuangan di Indonesia sangat beragam dengan segala macam kekurangan maupun kelebihannya. Apalagi, pihak penyelenggaranya juga tidak kalah banyak.

2. Dapat Membandingkan Produk Lebih Praktis

Market aggregator merupakan layanan fintech yang sangat tepat digunakan, apalagi bagi pebisnis maupun investor pemula yang mungkin masih awam dengan berbagai produk keuangan.

Agar dapat memilih layanan finansial yang benar-benar dibutuhkan dan sesuai dengan kemampuan, maka konsumen perlu membandingkan beberapa produk dari berbagai sisi pertimbangan.

Baca juga  Tips Investasi di Fintech Bagi Investor Pemula

Dengan begitu, maka mengetahui kebutuhan finansial secara detail bukan hal yang mustahil bagi setiap orang.

Contohnya, jika ingin membuat kartu kredit maka kunjungilah situs market aggregator yang sudah familiar. Layanan fintech ini akan menampilkan semua penyedia layanan kartu kredit spesifikasinya. Hal ini dapat dimanfaatkan untuk membuat pertimbangan sekaligus menetapkan pilihan pada produk keuangan.

3. Mencapai Tujuan Finansial yang Diinginkan

Jika mampu memilih produk keuangan yang sesuai, maka tujuan finansial yang diinginkan dapat tercapai. Jadi, daripada googling produk keuangan satu per satu, maka market aggregator adalah platform yang paling tepat untuk digunakan.

4. Dapat Dimanfaatkan Secara Gratis

Dengan adanya market aggregator, maka setiap orang dapat memperoleh informasi tentang berbagai jenis layanan keuangan yang dibutuhkan, bahkan secara gratis.

Mengapa bisa gratis? Hal ini karena biaya operasional layanan fintech ini berasal dari marketing fee yang diberikan oleh lembaga keuangan.

Saat lembaga keuangan ingin menempatkan produk atau layanan jasanya di platform atau website market aggregator, maka ada biaya yang harus dikeluarkan. Jadi, pengguna tidak perlu membayar untuk memperoleh berbagai informasi tentang produk keuangan.

Cara Kerja Fintech Market Aggregator

Sudah selayaknya calon pengguna produk jasa keuangan lebih selektif dalam memilih produk keuangan yang pas dengan keperluan dan kemampuan.

Hal ini karena setiap penyelenggara jasa keuangan memberikan manfaat dan fitur berbeda-beda. Berikut adalah cara kerja aggregator yang penting diketahui:

1. Buat Akun di Situs Market Agregator

Agar dapat menggunakan fitur dalam market aggregator, maka setiap pengguna perlu membuat akun di platform tersebut. Lalu, akan ada banyak fitur yang dapat dimanfaatkan, lengkap dengan berbagai informasi yang dibutuhkan.

Baca juga  Ciri-Ciri Fintech Ilegal agar Aman Menguntungkan

2. Menghimpun, Memfilter dan Mengomparasikan Produk

Market agregator akan menghimpun informasi, memfilter, dan mengomparasikan produk dan layanan antarlembaga jasa secara digital.

Konsumen dapat memanfaatkan layanan ini untuk menemukan informasi yang dibutuhkan terkait produk-produk kartu kredit, asuransi, jenis tabungan, dan lain-lain.

Meskipun mudah dioperasikan, setiap pengguna tetap harus berhati-hati dalam menggunakan fintech market aggregator.

Jangan memberikan data pribadi yang sifatnya rahasia, misalnya seperti kode akun aplikasi keuangan ataupun data transaksi keuangan kepada pihak yang tidak berkepentingan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *