Cara Menambah Penghasilan Keluarga

menambah pendapatan keluarga
Tips Merencanakan dan Menambah Pendapatan Keluarga

Mikaylabinar.com Setiap tahun sudah tidak asing lagi apabila menemukan kenaikan harga, kondisi ini bisa membahayakan finansial kecuali mau menambah pendapatan keluarga. Besarnya penambahan harga tersebut terkadang tidak diikuti dengan penambahan pendapatan. Bagaimana cara menambah penghasilan keluarga ? mari kita simak

Kondisi tersebut tentunya akan berdampak pada ekonomi sebuah keluarga, mulai dari kesulitan memenuhi kebutuhan sehari – hari atau sampai terlilit hutang. Tentunya kondisi demikian ingin dihindari oleh siapa saja.

Permasalahannya adalah tidak semua orang mengerti bagaimana merencanakan atau mengeksekusi keinginan untuk menambah pemasukan. Karena apabila mau mengamati, ada banyak sekali peluang untuk mendapatkan penghasilan tambahan.

Mengapa Harus Menambah Penghasilan Keluarga

Penambahan pendapatan dalam perencanaan finansial termasuk pada tahap menjaga cashflow ( lebih jelasnya bisa baca Memahami cashflow quadrant). Biasanya dibenturkan juga dengan pengeluaran tiap bulannya. Agar keuangannya sehat pendapatan harus lebih besar dari pengeluaran.

Kondisi ini memunculkan pertanyaan, apakah tidak cukup apabila menghemat? Mengapa harus menambah pemasukan keluarga? Pertanyaan tersebut beralasan, tentunya untuk menjaga finansial lebih baik bisa dengan berhemat untuk memangkas pengeluaran.

Namun ketika melihat realitas perkembangan industri serta ekonomi, tren setiap tahunnya memaksa masyarakat untuk terus mengeluarkan biaya lebih. Contoh sederhana, dulu dengan uang 10.000 bisa membeli 4 bungkus mie, sekarang Cuma beberapa bungkus saja.

Dalam internal keluarga juga mendapatkan peningkatan kebutuhan, terutama ketika sudah memiliki anak. Keperluan merawat bayi seperti susu, popok, dan baju tentunya sangat tinggi. Belum lagi tentang perencanaan biaya pendidikannya.

Baca juga  Apakah Menabung di Bank Menguntungkan? Berikut Perhitungannya

Berhemat saja belum cukup untuk menutupi berbagai kebutuhan di masa mendatang, inflasi juga menjadi salah satu penyebabnya. Pada dasarnya berhemat sangat efisien untuk menjaga arus keuangan tetap sehat, namun tidak menjawab kebutuhan yang terus meningkat.

Belum lagi harus bersiap terhadap berbagai kondisi darurat, seperti yang sudah menimpa seluruh dunia saat ini, yaitu adanya wabah pandemi. Berbagai kalangan tentunya terdampak, seperti menurunnya pendapatan hingga hilangnya pekerjaan.

Jaminan untuk masa tua, yaitu ketika tubuh sudah kurang produktif untuk bisa bekerja, juga perlu dipersiapkan. Selama fisik masih mumpuni serta masih banyak peluang, peningkatan pendapatan harus segera direncanakan dan direalisasikan.

Cara untuk Menambah Penghasilan Keluarga

Salah satu langkah dalam merencanakan penambahan penghasilan adalah dengan mencari tahu terlebih dahulu sumber – sumber penghasilannya. Mulai dari sumber aktif hingga sumber pasif, nantinya diukur berdasarkan potensi dan prospektusnya.

1. Mengambil Job Tambahan

Apabila masih memiliki banyak waktu serta tenaga tersisa, boleh untuk mencari job tambahan. Seperti membuka jasa freelance, menjadi mitra dari ojek online, atau membuka jasa sesuai keahlian. Namun perlu berhati – hati dalam mengambil jobnya.

Pastikan kondisi fisik siap untuk menerima beban lebih besar lagi serta usahakan tidak terlalu memaksakan diri. Bekerja berlebihan juga akan menimbulkan dampak negatif, seperti jatuh sakit dan akhirnya mengeluarkan biaya lebih.

2. Mengembangkan Bisnis dari Rumah

Sekarang dengan perkembangan teknologi digital, berbagai kegiatan bisa dilakukan di rumah. Termasuk ketika mengurusi bisnis, sehingga ini bisa dijadikan peluang untuk menambah pendapatan keluarga. Tidak harus besar, yang penting mampu memenuhi target finansial.

Ada banyak ide bisnis yang bisa dilakukan selama di rumah, dapat dikerjakan ketika pulang kerja. Seperti menjadi reseller, membuka toko online, mengadakan event atau seminar daring, dan berbagai ide lainnya.

Baca juga  Terminologi ‘Cash Is The King’ Dalam Bisnis dan Investasi

3. Berinvestasi

Berinvestasi juga bisa menjadi salah satu langkah untuk memperoleh tambahan pendapatan bagi keluarga. Bahkan Anda tidak harus bekerja, tetapi memperoleh pendapatan sesuai dengan tingkat keuntungan tertentu. Ini sering disebut sebagai pendapatan pasif.

Ada banyak sekali jenis investasinya, mulai dari risiko rendah seperti emas, atau yang memiliki tingkat keuntungan dan risiko tinggi dengan berinvestasi di pasar modal seperti saham. Pilihlah sesuai dengan kapasitas diri serta finansial. Apabila ada kebutuhan mendesak, cobalah mencari instrumen investasi yang mudah likuid.

4. Mengembangkan Sosial Media

Sudah tidak heran lagi apabila media sosial bisa digunakan untuk menghasilkan pendapatan tambahan. Sumber pendapatannya bisa berasal dari sponsor, proyek tertentu, dan ads atau iklan. Untuk bahan kontennya, bisa menggunakan hobi Anda.

Tantangannya adalah untuk mampu membuat konten, diperlukan keahlian lainnya. Seperti pengoperasian software editing, analisis algoritma, dan tantangan lainnya. Selama ada keinginan untuk bertumbuh, tantangan tersebut tidak terasa berat.

Kebutuhan di masa mendatang terus semakin mahal, terlebih ketidakpastian kondisi ekonomi menuntut keluarga untuk bisa mempersiapkan finansial. Salah satunya adalah dengan menambah pendapatan keluarga melalui beragam cara.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *