Bosan Menjadi Miskin ! Inilah Cara Keluar Dari Kemiskinan

Cara Keluar Dari Kemiskinan Apabila Anda Sudah Bosan Jadi Miskin
Ilustrasi bosan miskin (Photo by Tim Gouw on Unsplash)

Menjadi miskin bukan pilihan karena tidak ada seorangpun yang ingin menjadi miskin, Bagi yang terjebak dalam kondisi miskin perlu mengetahui cara keluar dari kemiskinan dengan memutus rantai kemiskinan agar bisa keluar dari belitan kondisi yang serba kekurangan

Memutus rantai kemiskinan membutuhkan waktu, usaha, dan banyak kemauan. Namun, dengan langkah-langkah yang tepat, Anda dapat memutus siklus kemiskinan dan mulai menjalani kehidupan terbaik Anda.

Penyebab Kemiskinan :

Pahami terlebih dahulu apa yang menjadi penyebab anda miskin, dengan mengetahui penyebabnya maka bisa diuraikan belitan benang kemiskinan dengan mudah. Kadang kemiskinan berada diluar kendali anda, diperlukan kejujuran terhadap diri sendiri untuk perbaikan kedepannya 

Berikut adalah beberapa penyebab paling umum dari kemiskinan:

1. Latar belakang yang kurang beruntung

Tidak semua orang beruntung dilahirkan dari keluarga kaya karena ini merupakan ketentuan yang tidak bisa ditolak oleh manusia

Tidak perlu malu apabila dilahirkan dari keluarga serba kekurangan, yang perlu anda lakukan adalah berusaha agar bisa keluar dari kondisi serba kekurangan agar bisa memutus rantai kemiskinan bagi anak dan keturunan anda dan ciptakan kekayaan generasi berikutnya

Banyak orang dilahirkan dalam keluarga berpenghasilan rendah atau keluarga yang kekurangan kekayaan generasi. Jika kebiasaan nenek moyang Anda berlanjut dalam diri Anda, Anda bisa menderita kemiskinan juga.

2. Tragedi yang tidak menguntungkan

Kejadian yang tidak terduga bisa menjadi penyebab ekonomi anda buruk. Kondisi medis, kecelakaan, kebakaran rumah, dan bencana kriminal dapat membuat keluarga miskin.

Biaya pengobatan sering menyebabkan masalah keuangan dan bahkan kebangkrutan, seperti kehancuran rumah Anda atau ketidakmampuan untuk bekerja karena kecelakaan parah.

Krisis itu sendiri menyebabkan masalah keuangan dan kemudian memutus lingkaran kemiskinan terasa hampir mustahil ketika Anda berputar-putar mencoba untuk maju dari diri Anda sendiri.

3. Keputusan keuangan yang buruk

Terkadang untuk menemukan alasan mengapa kita miskin, kita perlu bercermin. Keputusan keuangan kita yang buruk dapat memiliki efek riak pada kekayaan kita. Misalnya, jika Anda terbiasa menggunakan kartu kredit dan hidup di luar kemampuan Anda, itu dapat dengan cepat menyebabkan kemiskinan ketika Anda tidak mampu membayar tagihan dan pembayaran minimum pada kartu kredit Anda.

Jika Anda telah membuat keputusan keuangan yang buruk dan menyebabkan diri Anda mengalami kesulitan keuangan, ini bukan saatnya untuk menyalahkan diri sendiri, tetapi lebih fokus pada apa yang dapat Anda ubah sehingga Anda dapat belajar bagaimana berhenti menjadi miskin.

Cara keluar dari kemiskinan :

Pertama yang perlu anda lakukan dalam memutus rantai kemiskinan adalah dengan mengenali bagaimana kondisi ekonomi anda saat ini

Ketika Anda dapat mengakui bahwa Anda menderita kemiskinan dan membutuhkan bantuan, Anda pahami cara keluar dari kemiskinan sepuluh langkah ini untuk berhenti menjadi miskin.

1. Fokus pada apa yang dapat Dikendalikan

Menderita kemiskinan memang terasa tidak enak. Kendalikan perasaan Anda dan cara Anda berpikir tentang uang.

Daripada melihat gambaran besar dan berpikir, ‘Saya tidak akan pernah bisa keluar dari ini,’ lihatlah hal-hal kecil yang dapat Anda kendalikan. Misalnya, Anda tidak bisa mengendalikannya ketika Anda jatuh sakit, tetapi Anda bisa mengontrol untuk apa Anda membelanjakan uang Anda di luar kebutuhan.

Ketika Anda belajar bagaimana keluar dari kemiskinan, Anda harus fokus pada hal-hal yang dapat dikendalikan dalam hidup Anda.

Saat Anda fokus pada hal tersebut, Anda akan merasa lebih yakin pada diri sendiri dan siap untuk mengambil langkah-langkah yang lebih signifikan untuk keluar dari kemiskinan.

2. Berhenti membandingkan diri Anda dengan orang lain

Ketika berbicara tentang bagaimana berhenti menjadi miskin, berhenti memandang tetangga, teman, atau bahkan saudara Anda dan merasa iri dengan apa yang mereka miliki.

Anda tidak perlu membeli barang bermerek jika anda nyaman dengan barang generic yang lebih murah dan tidak perlu khawatir dengan ocehan orang dan hinaan orang lain apabila anda sudah nyaman dengan diri anda sendiri

Jangan mencoba mengikuti apa yang dilakukan orang lain karena Anda tidak tahu keadaan keuangan mereka.

Tentu, mereka mungkin terlihat seperti mereka mampu membeli pakaian mahal atau makan malam mewah, tetapi bagaimana Anda tahu bahwa mereka tidak menumpuk hutang kartu kredit yang tidak mampu mereka bayar?

Fokus pada Anda dan hanya Anda. Jika orang lain menyukai Anda, bagus. Jika mereka menghina Anda karena Anda tidak membelanjakan uang seperti mereka atau memiliki barang yang sama, mereka bukan hidup Anda.

3. Tempatkan diri pada orang yang memiliki tujuan yang sama

Berteman dengan orang yang melek finansial. Apabila anda berteman dengan orang yang memiliki tujuan finansial kemungkinannya adalah, apa pun yang mereka lakukan, Anda juga akan melakukannya, secara tidak sadar.

Anda mungkin mengatakan ingin belajar bagaimana berhenti menjadi miskin, tetapi ketika Anda bersama ‘kelompok’ Anda, tindakan Anda mengatakan sebaliknya. Sebaliknya, kelilingi diri Anda dengan orang-orang yang memiliki cita-cita yang sama dengan Anda.

Ketika Anda bersama orang-orang yang membuat keputusan keuangan yang cerdas, secara tidak sadar, Anda juga akan melakukannya.

Ketika Anda secara inheren membuat keputusan keuangan yang bijaksana, Anda akan memutus siklus kemiskinan tanpa merasa kewalahan—itu akan terjadi secara alami.

4. Memahami dimana posisi anda

Untuk belajar bagaimana berhenti menjadi miskin, Anda harus tahu di mana posisi anda. Langkah ini tidak mudah karena Anda harus jujur ​​pada diri sendiri.

Anda harus melihat rekening bank Anda dan membandingkannya dengan kewajiban Anda dan melihat di mana Anda menumpuk.

Setelah menyadari keadaan, Anda dapat merencanakan lebih baik untuk bergerak maju. Jika Anda belum memiliki anggaran, buatlah sekarang. Anda bisa membaca laman Cara Membuat Anggaran Bulanan dengan Aturan 50/30/20

Gunakan aplikasi, pena, dan kertas, atau lembar bentang Excel untuk melacak arus kas masuk dan keluar dan lihat di mana Anda harus melakukan perubahan.

Apakah Anda menghabiskan lebih dari yang Anda hasilkan? Apakah terlalu sulit untuk membayar semua tagihan Anda setiap bulan? Kategorikan pengeluaran Anda, cari tahu di mana Anda harus mengurangi, dan ambil langkah demi langkah.

Anda membuat kesalahan, tidak apa-apa. Belajarlah dari kesalahan itu dan ambil bagian-bagiannya untuk bergerak maju. Jadi Anda bisa berhenti hidup dari gaji ke gaji dan mulai menabung.

5. Tetapkan tujuan untuk maju secara finansial

Anda tidak bisa keluar dari kemiskinan kecuali Anda memiliki tujuan. Anda harus menunjukkan bahwa Anda ingin mengubah situasi Anda.

Jika Anda belum melakukannya, buat tujuan Anda visual. Tuliskan pada catatan tempel dan letakkan di cermin kamar mandi dan lemari es Anda atau tempat yang mudah anda lihat.

Apa yang akan Anda lakukan ketika Anda keluar dari kemiskinan? Apa tujuan yang Anda miliki? Apakah Anda ingin membeli rumah, mobil baru, atau mencari pekerjaan impian Anda? Buatlah sespesifik mungkin dengan tujuan Anda untuk memotivasi Anda melakukan kerja keras untuk memutus lingkaran setan kemiskinan.

6. Mulailah usaha sampingan untuk meningkatkan penghasilan Anda

Jika penghasilan Anda tidak cukup, tetapi pekerjaan paruh waktu tampaknya melelahkan, pertimbangkan pekerjaan sampingan.

Siapa pun dapat memulai pekerjaan sampingan dari rumah—Anda bahkan dapat mengerjakan beberapa di antaranya karena Anda yang bertanggung jawab saat mengerjakannya.

Pekerjaan sampingan bisa menjadi penulis lepas (freelance writer), mengikuti survei, desain grafis, atau mengemudi untuk ojek online.

Platform seperti Fiverr dan Upwork memudahkan untuk bekerja dari rumah, dan perusahaan seperti Gojek, Grab, Uber, DoorDash, dan Instacart memudahkan bekerja di luar rumah tanpa harus mengatur jam kerja atau bos yang membuat Anda lelah.

Dedikasikan penghasilan sampingan Anda untuk pengeluaran tertentu yang akan membantu Anda mencapai tujuan Anda untuk keluar dari kemiskinan.

7. Gunakan waktu untuk belajar dan memajukan karir Anda

Investasi terbaik adalah investasi terhadap diri sendiri. Belajar bagaimana berhenti menjadi miskin dimulai dari Anda.

Anda tidak perlu banyak uang untuk berinvestasi dalam diri Anda sendiri untuk meningkatkan karir Anda. Terkadang, ini hanya tentang waktu.

Banyak pemberi kerja menawarkan dukungan biaya kuliah gratis atau kesempatan pendidikan untuk memajukan karir Anda.

Anda juga bisa memanfaatkan sarana seperti youtube, pembelajaran online untuk meningkatkan skill dan kemampuan anda dalam bidang tertentu.

Terserah Anda untuk menemukan peluang dan memanfaatkannya. Bahkan jika Anda sudah mulai dari titik nol, setiap orang harus memulai dari suatu tempat.

Investasikan diri Anda dan sisihkan waktu untuk mendidik diri sendiri dan membawa karier Anda ke tingkat berikutnya.

8. Belanjakan dengan bijak dan kurangi di mana Anda bisa

Anda tidak bisa keluar dari lingkaran kemiskinan jika Anda tidak memperhatikan pengeluaran Anda. Anggaran sangat penting untuk membantu Anda maju, tetapi Anda juga harus memperhatikan pengeluaran Anda.

Setiap orang harus mengeluarkan uang pada suatu waktu, tetapi mengetahui di mana dan kapan adalah kunci untuk mengakhiri kemiskinan.

9. Bayar hutang Anda

Cara keluar dari kemiskian dengan memutus lingkaran kemiskinan hanya mungkin jika Anda mampu membayar utang Anda. Cari tahu strategi yang memungkinkan Anda melunasi utang secepat mungkin.

Atur hutang Anda dalam urutan keseimbangan, terkecil hingga terbesar. Lakukan pembayaran minimum untuk setiap hutang dan hutang terkecil (baris pertama), lakukan pembayaran tambahan apa pun yang Anda bisa. Lakukan ini sampai Anda melunasi hutang pertama secara penuh.

Selanjutnya, ambil jumlah yang sama dengan yang Anda bayarkan ke utang pertama (pembayaran minimum plus ekstra) dan tambahkan ke pembayaran minimum utang berikutnya. Ini menciptakan bola salju, untuk membantu Anda keluar dari utang berbunga tinggi.

10. Investasikan dan simpan sebanyak yang Anda bisa

Sertakan dalam ruang anggaran Anda untuk penghematan. Idealnya, Anda harus mengalokasikan 20% dari anggaran Anda untuk tabungan dan pembayaran utang, tetapi saat Anda mencoba memutus lingkaran kemiskinan, ini mungkin tidak mungkin.

Tingkatkan kemampuan Anda, sisihkan lebih banyak uang setiap bulan untuk ditabung. Idealnya, Anda memiliki dana tabungan 3 hingga 6 bulan uang tunai yang disisihkan untuk keadaan darurat sehingga Anda dapat mencegah berhutang kembali atau menggunakan kartu kredit berbunga tinggi.

Jika Anda baru memulai, fokus saja untuk menabung 20 juta pertama Anda. Setelah Anda sampai di sana, Anda dapat merencanakan untuk menghemat lebih banyak atau meningkatkan jumlah tabungan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *