Bagaimana Cara Menemukan Bakat yang Tersembunyi

Bagaimana Cara Menemukan Bakat yang Tersembunyi
Bagaimana Cara Menemukan Bakat yang Tersembunyi (Image by pixabay)

Pada umumnya orang tidak mengetahui tentang bakat mereka, semua berjalan dengan apa adanya. Orang yang cepat menemukan bakat mereka akan meraih kesuksesan lebih cepat dibidang yang ditekuninya. Tulisan ini mengungkap Bagaimana Cara Menemukan Bakat yang Tersembunyi pada diri masing-masing orang

Setiap orang memiliki bakat tersembunyi atau rahasia yang belum mereka jelajahi. Mungkin karena tidak ada waktu untuk mengeksplornya atau karena telah melupakan minat dan keterampilan masa lalu. Bagaimana Anda bisa mengetahui bakat Anda sendiri ! mari kita jelajahi lebih lanjut

A. Apa itu bakat tersembunyi?

Bakat tersembunyi adalah keterampilan dan kemampuan yang mungkin tidak diketahui oleh sebagian besar oleh dunia Anda. Bakat ini dapat berkisar dari yang aneh hingga yang biasa.

Talenta tersembunyi dan rahasia ini terlintas dalam pikiran adalah talenta masa lalu. Misalnya Anda sering menyanyi saat remaja kemudian ketika Anda menjadi pendidik, Anda menyanyikan lagu kebangsaan dalam upacara hari merdeka. Anda sangat menikmatinya dan menyenangkan melepaskan gairah lama itu dalam lagu yang Anda nyanyikan meskipun itu bukan pekerjaan Anda

Disisi lain, mungkin Anda bisa memikirkan bakat terpendam yang sebenarnya tidak tersembunyi. Bisa jadi karena himpitan hidup yang disibukkan dengan pekerjaan, keluarga, dan lain sebagainya membuat Anda telah melupakan sesuatu yang dulu Anda sukai.

B. Bakat tersembunyi yang Anda tinggalkan di masa lalu

Bakat tersembunyi biasanya berkaitan dengan pengalaman masa kecil. Ketika Anda menyukai sesuatu di masa kecil menjadikan sesuatu tersebut terpendam di alam bawah sadar Anda. Dan Anda tidak sempat mengeksplore kesukaan masa kecil Anda karena disibukkan oleh keadaan rutinitas harian seperti sekolah, bekerja dan sebagainya

Ketika Anda dewasa dan menjalani kehidupan sebagaimana orang pada umumnya dengan berumah tangga, pekerjaan dan anak-anak tanpa disadari bahwa ada sesuatu yang kurang dalam hidup Anda. Dan Anda menemukan bakat masa kecil Anda yang terpendam baik secara sengaja maupun tidak sengaja

Cirinya adalah ketika Anda melakukan sesuatu, Anda sangat menikmatinya seperti saat masa kecil dulu. Anda melakukannya dengan jiwa dan gairah Anda seperti anak kecil yang sedang bermain dalam dunianya sendiri  

Apakah Anda mungkin memiliki bakat rahasia yang bahkan tidak Anda ketahui? Mungkin Anda mencoba menggambar, memasak, atau berbicara di depan umum pada usia yang lebih muda tetapi tidak melakukannya sejak saat itu.

C. Apakah setiap orang memiliki bakat rahasia?

Setiap orang memiliki bakat rahasia, tidak peduli seberapa kecil bakat itu. Anda mungkin tidak memiliki bakat tersembunyi untuk sesuatu yang besar yang akan menjadi karir baru Anda. Tapi sepertinya kita semua memiliki sedikit kemampuan yang kita sembunyikan dari orang lain atau tidak sempat kita eksplor.

Anda mungkin tidak memerlukan 10.000 jam untuk menjadi seorang ahli, seperti yang disarankan oleh buku Malcolm Gladwell, Outliers, tetapi beberapa kerja keras dan upaya mungkin diperlukan. Bekerja melalui tantangan keterampilan tersembunyi Anda akan membantu membangun ketahanan dan ketekunan.

Selanjutnya, jangan lupakan potensi monetisasi dari talenta rahasia Anda! Tentu saja, bersenang-senang dan ditantang adalah alasan bagus untuk mencoba bakat terpendam Anda.

Jika Anda ingin menghasilkan lebih banyak uang, tempat yang bagus untuk memulai adalah dengan bakat terpendam yang Anda ubah menjadi pekerjaan sampingan.

Banyak orang telah meluncurkan pertunjukan sampingan yang sukses dengan mengenali bakat mereka sendiri yang telah mereka lupakan.

Mungkin Anda ingin menjadi penulis lepas atau membuat permen yang menggiurkan selama liburan, tetapi Anda tidak pernah mempertimbangkan untuk menjualnya.

Buatlah daftar semua bakat yang dapat Anda pikirkan. Kemungkinannya adalah, Anda akan menemukan setidaknya satu hal yang orang lain akan membayar Anda untuk melakukannya.

D. Contoh bakat terpendam pada selebriti

Mari kita lihat beberapa individu terkenal yang memiliki bakat tersembunyi dan bagaimana cara mereka menemukan bakat nya.

Contoh bakat tersembunyi ini hanyalah kemampuan yang mungkin tidak diketahui oleh orang-orang ini. Atau, mereka bukan pekerjaan utama atau mengklaim ketenaran.

Di dunia pendidikan keuangan, Farnoosh Torabi memberikan salah satu contoh bakat terpendam yang paling menyenangkan. Podcast So Money miliknya adalah salah satu podcast keuangan terbaik di luar sana, dengan tip yang dapat ditindaklanjuti dan wawancara yang bagus. Torabi telah menjadi jurnalis keuangan dan pendidik selama beberapa dekade.

Meskipun Torabi terkenal di depan umum karena keahlian keuangannya, dia juga mengikuti kelas komedi stand-up. Beberapa tahun yang lalu, dia melakukan rutinitas komedi aslinya di depan umum, mengeluarkan suaranya yang unik dan menunjukkan bakatnya yang tersembunyi.

E. Daftar bakat tersembunyi untuk menginspirasi Anda

Selanjutnya, jika Anda masih bingung tentang bakat tersembunyi Anda, lihat ide-ide ini. Namun, daftar talenta khusus ini hanyalah permulaan—ada kemungkinan jenis bakat yang tak terbatas.

Pertimbangkan contoh bakat tersembunyi berikut yang mungkin cocok untuk Anda!

1. Musik

Tentu saja, musik adalah hal besar yang dipikirkan orang dalam daftar bakat tersembunyi mana pun. Mungkin Anda memiliki bakat terpendam dalam menyanyi atau memainkan alat musik.

Tidak ada kata terlambat untuk mengeksplorasi minat ini. Anda tidak harus bergabung dengan band atau tampil di depan umum, tetapi mungkin Anda harus melakukannya!

Musik menawarkan banyak manfaat. Itu dapat menenangkan pikiran Anda yang stres, meningkatkan mood Anda, meningkatkan kesehatan jantung Anda, dan bahkan mengurangi rasa sakit. Baik dengan mendengarkannya atau membuatnya sendiri, itu adalah aktivitas yang bagus untuk siapa saja.

2. Seni visual

Mungkin Anda terpesona oleh beberapa jenis media seni visual. Anda mungkin tertarik pada tembikar, lukisan cat minyak, atau karya seni media campuran. Ada begitu banyak jenis seni yang bisa Anda kejar.

Jika Anda tertarik dengan pemikiran untuk menciptakan seni, pikirkan kembali proyek seni yang Anda sukai sebagai siswa. Atau mungkin Anda dapat mencari kelas di daerah Anda di mana Anda dapat mengambil bakat baru atau yang sebelumnya tersembunyi.

3. Berbicara di depan umum

Saya menyebutkan ini karena begitu banyak dari kita bergumul dengan rasa takut atau kecemasan berbicara di depan umum. Menurut Verywellmind, hingga 77% dari kita mengalami glossophobia atau ketakutan berbicara di depan umum.

Prevalensi tinggi dari ketakutan ini mungkin menunjukkan bahwa banyak dari kita sebenarnya akan menjadi pembicara publik yang sangat baik jika kita mencobanya.

Saya yakin banyak dari kita menghindari situasi berbicara di depan umum karena kecemasan ini. Namun seringkali kita mampu tampil sebagai pembicara, meski kita tidak menyadarinya.

4. Bakat Atletik

Pilihan menarik dalam daftar bakat terpendam adalah atletik. Pikirkan semua kesenangan yang bisa Anda dapatkan jika Anda mulai mempelajari olahraga atau aktivitas fisik baru.

Tentu saja, berhati-hatilah dengan olahraga baru apa pun dan pastikan itu sesuai dengan kemampuan tubuh Anda. Namun jangan takut untuk mencoba olahraga baru sendiri atau bergabung dengan tim rekreasi. Banyak sekali manfaat olahraga dan aktivitas atletik, tidak hanya dari segi kebugaran tetapi juga kesehatan mental.

5. Bakat memasak

Meskipun ini bukan kemungkinan terakhir, pikirkan tentang bakat memasak tersembunyi yang Anda miliki. Kebanyakan orang bisa memasak, tetapi mereka tidak selalu memilih untuk melakukannya atau memiliki cukup waktu untuk melakukannya dengan baik.

Mencoba keterampilan memasak baru hanya perlu membuka buku masak (atau mengetikkan jenis resep yang Anda inginkan di Google). Anda dapat menemukan bahwa Anda memiliki bakat rahasia yang nyata untuk memasak atau membuat kue.

F. Lakukan saja!

Cara menemukan bakat adalah lakukan saja apa yang menjadi kesukaan Anda. Salah satu kunci untuk mengeksplorasi bakat tersembunyi Anda adalah dengan tidak terlalu memikirkannya. Coba saja dan jangan stres tentang itu!

Bakat terpendam tidak harus dieksploitasi untuk keuntungan uang (walaupun itu juga boleh). Yang terpenting, gunakan bakat tersembunyi Anda untuk mendapatkan kepercayaan diri dan bersenang-senang.

Kita semua memiliki bakat unik (bahkan mungkin bakat rahasia), jadi cobalah untuk tidak membuang waktu mengkhawatirkan tentang apa yang tidak Anda kuasai, dan fokuslah pada bakat tersembunyi Anda sendiri. Demikian cara menemukan bakat diri. Semoga bermanfaat!!..

Info lain: Tips Mengetahui Bakat Anak Sejak Dini yang Harus Dipahami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *