Apa Keuntungan Memiliki Kartu Kredit?

Apa Keuntungan Memiliki Kartu Kredit?
Apa Keuntungan Memiliki Kartu Kredit?(Photo by energepic.com via Pexels)

Keuntungan memiliki kartu kredit- Membayar pembelian dengan kartu kredit dapat menawarkan banyak keuntungan jika Anda dapat berkomitmen untuk membelanjakan hanya apa yang berhasil Anda bayar secara penuh setiap bulan.

Faktanya, banyak keuntungan yang diberikan kartu kredit dapat menghemat uang Anda dalam jangka panjang.

Keuntungan Memiliki Kartu Kredit

Berikut ini beberapa keuntungan memiliki kartu kredit sebagaimana dilansir oleh money.usnews.com, antara lain:

1. Membayar pembelian dari waktu ke waktu

Kartu kredit memberi Anda kemampuan untuk membayar pembelian menggunakan kartu Anda hari ini dan melunasi saldo kartu kredit Anda di masa mendatang. Sebagian besar penerbit menawarkan masa tenggang di mana Anda tidak perlu membayar biaya bunga apa pun.

Biasanya, masa tenggang ini berlangsung sejak tanggal Anda melakukan pembelian hingga akhir siklus penagihan saat pembelian dilakukan dan berakhir saat pembayaran Anda jatuh tempo.

Namun, jika Anda membawa saldo pada kartu kredit Anda, Anda biasanya harus membayar bunga atas saldo terutang kecuali Anda mengambil keuntungan dari penawaran tingkat persentase tahunan 0% promosi.

2. Kenyamanan

Menggunakan kartu kredit dapat membuat pengelolaan keuangan Anda lebih nyaman daripada menggunakan metode pembayaran lain.

Kartu kredit mengirimi notifikasi dan laporan setiap transaksi yang anda lakukan secara rinci dengan tepat kapan, di mana, dan berapa banyak yang Anda belanjakan untuk setiap pembelian yang anda gunakan dengan ke kartu Anda.

Anda dapat menggunakan informasi dari pernyataan ini untuk melacak pengeluaran Anda. Selain itu, beberapa kartu kredit menawarkan laporan akhir tahun yang merangkum pengeluaran Anda sepanjang tahun, yang berguna untuk pajak dan tujuan pelacakan lainnya.

Baca juga  4 Jebakan dalam Penggunaan Kartu Kredit dan Cara Menghindarinya

Kartu kredit juga menyediakan metode pembayaran yang nyaman saat melakukan pembelian online, karena Anda tidak dapat membayar pembelian online dengan uang tunai. Menggunakan kartu kredit tidak membahayakan informasi kartu debit atau rekening bank Anda.

3. Hadiah kartu kredit

Kemampuan untuk mendapatkan imbalan atas pembelian yang Anda lakukan adalah salah satu keuntungan paling nyata dari memiliki kartu kredit. Setiap program hadiah memiliki sistemnya sendiri untuk mendapatkan, mengelola, dan menukarkan hadiah.

Untuk pelancong yang sering bepergian, kartu hadiah yang menawarkan mil atau poin yang dapat digunakan untuk penerbangan atau kamar hotel bisa sangat bermanfaat.

Bagi mereka yang lebih suka uang tunai, kartu kredit yang menawarkan uang kembali sebagai pernyataan kredit, setoran langsung atau bahkan cek mungkin bekerja lebih baik.

4. Perlindungan penipuan

Jika Anda memberi tahu penerbit Anda bahwa Anda kehilangan kartu sebelum dikenakan biaya penipuan, atau ketika informasi kartu Anda dicuri, Anda tidak bertanggung jawab atas penipuan apa pun.

Banyak penerbit kartu kredit mengambil langkah ini lebih jauh dan tidak menganggap Anda bertanggung jawab atas penipuan sama sekali selama Anda melaporkan tagihan yang tidak sah secara tepat waktu.

Untuk membantu membuat kartu kredit Anda lebih aman, penerbit Anda mungkin menawarkan nomor rekening virtual yang dapat Anda gunakan saat melakukan pembelian melalui telepon atau online.

Dengan cara ini, nomor kartu kredit utama Anda tidak berisiko jika pelanggaran data mengekspos informasi kartu.

5. Skor kredit gratis

Banyak kartu kredit sekarang menawarkan nilai kredit gratis sebagai keuntungan. Beberapa perusahaan kartu kredit mencetak skor kredit Anda pada laporan bulanan Anda.

Lainnya menawarkan program skor kredit gratis atau memungkinkan Anda untuk melihat skor kredit Anda melalui situs web bank.

Baca juga  Penggunaan Kartu Kredit yang Bijak

Memeriksa skor kredit Anda melalui manfaat kartu kredit tidak dihitung sebagai penyelidikan yang sulit atau merusak skor Anda

Saat melihat skor kredit gratis Anda, pastikan Anda memahami jenis skor yang Anda dapatkan. Skor kredit gratis dapat membantu Anda melihat tren keseluruhan apakah skor Anda meningkat atau menurun.

6. Perlindungan harga

Pernahkah Anda membeli sesuatu, kemudian melihat harganya turun beberapa hari kemudian? Perlindungan harga mungkin dapat membantu Anda selama Anda melakukan pembelian pada kartu yang menawarkan manfaat tersebut.

Perlindungan harga biasanya mengembalikan Anda selisih antara harga yang Anda bayarkan dan harga yang lebih rendah, dalam pedoman tertentu.

Sementara perlindungan harga telah menghilang dari banyak kartu kredit akhir-akhir ini, masih ditawarkan pada beberapa kartu.

Ada batasan untuk program. Jangka waktu penurunan harga biasanya beberapa bulan, dan Anda mungkin harus memberikan iklan yang menunjukkan harga yang lebih rendah untuk mengklaim pengembalian dana Anda.

7. Perlindungan pembelian

Jika barang yang Anda beli rusak atau dicuri, manfaat kartu kredit Anda dapat memperbaiki barang tersebut atau mengganti uang Anda dengan jumlah pembelian hingga batas tertentu

8. Perlindungan kembali

Kebijakan pengembalian pengecer dapat bervariasi. Perlindungan pengembalian yang ditawarkan oleh kartu kredit memungkinkan Anda mengembalikan pembelian Anda untuk mendapatkan pengembalian dana bahkan ketika pengecer tidak mengizinkannya.

Manfaat tersebut biasanya berlangsung selama sekitar tiga bulan setelah Anda melakukan pembelian. Anda harus menggunakan kartu kredit Anda yang menawarkan manfaat tersebut untuk melakukan pembelian.

9. Manfaat perjalanan

Kartu kredit Anda mungkin menawarkan beberapa fitur yang dapat membantu Anda menghemat uang saat Anda bepergian lagi. Termasuk kemudahan dalam pembayaran tiket online tanpa harus mengeluarkan uang cash atau melakukan transfer uang dari ATM

Baca juga  Kartu Debit BRI Untuk PayPal Dan Cara Mudah Membuat Akun Paypal

Kartu kredit tertentu menawarkan fasilitas yang dapat mengurangi biaya yang mungkin Anda keluarkan saat terbang. Misalnya, kartu kredit maskapai penerbangan mungkin menawarkan bagasi terdaftar gratis di maskapai penerbangan tertentu atau akses gratis ke ruang tunggu maskapai itu.

Beberapa kartu bahkan menawarkan kredit pernyataan perjalanan untuk mengimbangi biaya perjalanan seperti biaya tak terduga maskapai penerbangan.

Manfaat perjalanan lainnya dapat berguna dalam keadaan negatif seperti kehilangan bagasi dan perjalanan tertunda atau dibatalkan. Manfaat ini terkadang dapat mengimbangi sebagian atau seluruh biaya tambahan Anda.

Catatan

Sebelum mengajukan kartu kredit pastikan anda telah memahami fasilitas apa yang ditawarkan oleh kartu kredit bagi nasabahnya

Program manfaat kartu kredit dapat bervariasi menurut penerbit kartu dan bahkan mungkin berbeda dari satu kartu kredit dengan kartu kredit lain. Semua detail tentang cara kerja program ini biasanya dirinci dalam panduan manfaat kartu kredit Anda. Pastikan anda telah memahaminya

Gunakan kartu kredit dengan bijak. Anda bisa membaca laman cara menggunakan kartu kredit dengan bijak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *