Bisnis  

Alasan Mengapa Harus Punya Rencana Bisnis Sebelum Memulai Bisnis

Alasan Mengapa Harus Punya Rencana Bisnis Sebelum Memulai Bisnis
Alasan Mengapa Harus Punya Rencana Bisnis Sebelum Memulai Bisnis

Ketika akan memulai sebuah bisnis akan lebih baik jika dibuat bisnis plannya terlebih dulu. Kebanyakan orang hanya memikirkan modal atau dana saja, padahal alasan mengapa harus punya rencana bisnis ini menjadi hal yang paling penting dalam memulai bisnis.

Business plan bisa digunakan untuk memantau sejauh mana kemajuan bisnisnya, tanggung jawab untuk diri sendiri yang memulai bisnis, dan mengendalikan nasib dari bisnis itu sendiri dengan langkah yang tepat.

A. Rencana Bisnis Sebagai Pembelajaran

Ketika menulis rencana tentang sebuah bisnis yang akan dijalankan maka banyak hal yang juga bisa dilakukan sekaligus seperti misalnya, bagaimana asumsi pemasarannya, proposisi nilai, rencana keuangan, rencana operasi, dan juga rencana kepegawaian nantinya.

Contohnya begini, ketika membuat rencana pemasaran yang meliputi 10 ribu pelanggan di tahun berikutnya saat berbisnis.

Atau membuat rencana kepegawaian dengan menggunakan 2 tenaga pegawai, maka akan timbul pertanyaan bagaimana caranya menghasilkan 10ribu pelanggan hanya dengan 2 tenaga pegawai saja.

Maka terkait dengan pertanyaan tersebut disimpulkan bahwa ada beberapa hal yang bisa dilakukan misalnya membuat kemitraan, konsentrasi dalam bidang penjualan massal pada perusahaan besar yang juga menjadi taktik terbaik dalam berbisnis, dan sebagainya.

Rencana lainnya bisa dibuat misalnya rencana operasional yang dimana, nantinya akan diuraikan apa saja yang termasuk operasional utama dan juga tonggak pemasarannya. Sejumlah rencana dasar itu akan memantau sejauh mana kemajuan bisnis yang dijalankan itu.

Baca juga  Proposal Bisnis Plan dalam Bisnis dan Langkah-langkahnya

B. Alasan Mengapa Harus Punya Rencana Bisnis untuk Kemajuan Bisnis

Ingin memulai sebuah binis apalagi di masa pandemic seperti ini? Bisa dibilang ini adalah peluang bagus yang seharusnya banyak orang harus peka. Akan tetapi disarankan untuk menciptakan sebuah rencana dahulu.

Hal ini bertujuan supaya nanti tidak salah langkah. Berikut ini sederet alasan dari pentingnya rencana bisnis bagi kemajuan bisnis itu sendiri:

1. Dapat Digunakan untuk Menguji Kelayakan Bisnis

Rencana bisnis akan menguji kelayakan dari bisnis yang akan dijalankan tersebut. Sehingga bisnis tersebut tidak akan merugikan pebisnisnya, jika sudah direncanakan dengan matang. Ibaratnya, bisnis plan ini merupakan pengaman dari kegiatan bisnis yang akan dimulai.

Walaupun saat praktek di lapangannya akan ada perubahan, tetapi setidaknya bisnis tersebut tetap berada di jalur yang benar.

2. Bisnis akan Lebih Mudah Dikelola dan Lebih Efektif

Rencana bisnis juga akan memperluas perannya, yang akan memudahkan bisnis sehingga lebih mudah dikelola atau dapat dikelola dengan cara yang efektif. Dalam kenyataannya, perencananaan bisnis tidak hanya penting untuk pebisnis pemula saja.

Namun rencana bisnis akan selalu dibutuhkan oleh para pebisnis yang sudah menjalankan bisnisnya dalam hitungan tahun.

3. Dapat Mengatur dan Mengamankan Dana

Alasan lain dari pentingnya membuat perencanaan dalam bisnis yaitu bisa mengatur dan juga mengamankan dana. Misalnya dalam hal penggunaan modal awal atau modal operasional, tetap diperlukan rencana yang jelas.

Karena jika tidak ada rencana yang jelas dalam bisnis maka pebisnis juga akan kesulitan dalam memperoleh pinjaman dari bank misalnya. Apalagi jika bisnisnya sudah mapan dan berjalan dalam waktu yang lama.

Maka diperlukan lebih banyak lagi dana atau modal untuk menjalankan bisnis tersebut. Semakin jelas bisnis plannya maka akan semakin maju bisnis yang dikelola tersebut. Bukan hanya itu saja, namun ini akan menjadi bisnis jangka panajang yang menguntungkan.

Baca juga  Tips Manajemen Keuangan yang Bisa Anda Terapkan Dalam Usaha

Itulah sederet alasan mengapa harus punya rencana yang jelas dalam bisnis yang telah diuraikan dengan baik dan tepat. Dan bisa diikuti sebagai panduan dalam berbisnis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *