7 Tips Memanfaatkan TikTok Untuk Digital Marketing

tiktok digital marketing
7 Tips Memanfaatkan TikTok Untuk Digital Marketing

Mikaylabinar.comKarena TikTok saat ini memiliki sangat banyak pengguna, maka sayang jika tidak memanfaatkan TikTok untuk digital marketing. Berikut beberapa strategi jitu untuk bisa kalian diterapkan.

Melakukan digital marketing melalui facebook dan Instagram sudah menjadi hal yang umum. Hasilnya pun juga sangat signifikan. Nah, bagaimana dengan TikTok?

Dengan jumlah pengguna mencapai lima ratus juta orang di seluruh dunia dan Indonesia sebagai negara pengunduh TikTok terbanyak, memanfaatkan TikTok sebagai media promosi tentu tidak boleh dilewatkan.

Walaupun begitu, kalian tetap harus tahu cara jitu agar tujuan tercapai. Berikut beberapa tips memanfaatkan TikTok untuk digital marketing.

Pelajari Cara Kerja TikTok

Berbeda dengan platform pendahulunya, TikTok hanya fokus pada sharing konten video. Video yang dibagikan berdurasi 15 detik dan dapat digabungkan hingga menjadi 60 detik. Cukup populer sebagai sarana hiburan, TikTok tentu juga tepat untuk media promosi bisnis kalian.

Jika video kalian menarik, pengguna lain bisa memberikan komentar hingga share video promosi bisnis kalian. Ingat, bahwa komitmen itu penting. Karenanya, kalian harus memiliki engagement rate yang tinggi. Perbanyak interaksi dengan pengguna lain. Dengan begitu, semakin tinggi pula peluang video kalian akan dipromosikan mereka.

Cari Ide Konten yang Menarik

Setelah mengetahui cara kerja TikTok, selanjutnya yang cukup penting adalah mencari ide konten video yang menarik. Sama halnya dengan maketing di platform lain, strategi marketing yang unik dan menarik akan mencuri banyak perhatian.

Untuk mengintip tren kata kunci apa yang dibutuhkan pengguna atas apa yang sedang kalian promosikan, kalian bisa mencoba tools seperti Ahrefs atau Ubersuggest. Atau, kalian bisa melakukan polling atas beberapa topik yang sedang populer saat itu.

Baca juga  Cara Menggunakan Facebook Bisnis Untuk Mempermudah Marketing

Gunakan Hashtags

Sudah cukup familiar kan dengan yang namanya hashtags? Hashtags juga digunakan di Twitter, Facebook, dan Instagram. Di TikTok pun hashtags juga berperan penting. Karena itu, jangan pernah melupakan hashtags saat memposting video TikTok untuk digital marketing.

Gunakan hashtags yang relevan dengan apa yang sedang kalian promosikan. Karena jumlah caption pada TikTok hanya dibatasi sebanyak 100 karakter, maka kalian harus cukup pintar membagi antara deskripsi dan hastags. Hashtags membantu meningkatkan jumlah followers dan memperkuat konten kalian.

Bekerja Sama dengan Influencer

Saat ini, lebih dari 70% marketer menggunakan influencer untuk membantu mereka meningkatkan brand awareness. Strategi yang sama juga bisa kalian gunakan. Dengan bekerja sama dengan influencer yang telah memiliki cukup banyak followers, produk kalian akan semakin dikenal luas dan penjualan pun meningkat.

Untuk mencari influencer yang tepat, kalian harus memilih sesuai dengan target audience serta tujuan promosi. Selain itu, pilih influencer secara selektif.

Posting Secara Konsisten

Seperti yang sudah disebutkan di atas. Kalau kalian serius memanfaatkan TikTok untuk digital marketing, maka kalian harus rajin dan konsisten meng-upload video. Dengan konsistensi tadi, followers akan melihat dan aware akan keberadaan brand kalian.

Jika video marketing kalian menarik dan banyak disukai pengguna, video tadi bisa lho ditampilkan di halaman page for you. Paling tidak, posting dua video setiap harinya. Untuk memudahkan pembuatan konten, kalian bisa membuat editorial content plan secara rinci.

Manfaatkan TikTok Ads

Saat ini TikTok memiliki fitur baru yang menguntungkan marketer, yaitu TikTok Ads. Fasilitas ini tentu menjadi solusi untuk bisa mendapatkan lebih banyak audience di media sosial yang sedang booming ini. TikTok Ads menawarkan media untuk promosi dan iklan yang pastinya bisa menjangkau target market yang sesuai dengan brand kalian.

Baca juga  Pentingnya Peran Digital Marketing Sebagai Indikator Keberhasilan Suatu Bisnis

Tanggapi Komentar User

Selain rajin mengupload konten, kalian juga harus rajin menjawab atau merespon tanggapan pengguna TikTok di kolom komentar postingan kalian. Hal ini dapat meningkatkan engagement akun kalian. Jika komentar yang kalian terima cukup banyak, kalian tidak perlu kok membalas mereka satu-persatu.

Cukup pilih komentar yang bisa memberikan kalian kesempatan untuk mempromosikan produk lebih lanjut dan membagikan informasi bermanfaat bagi pengguna lainnya.

Baca juga: Intip 11 trend busana 2021 ala fashion influencer

Cukup mudah dan menarik bukan? Karenanya, jangan ragu untuk segera unduh akun TikTok untuk digital marketing kalian sekarang. Siapkan konten kalian sehingga kalian tidak berhenti di tengah jalan. TikTok khususnya cocok buat kalian yang memiliki target audience anak muda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *