5 Cara Alami Memutihkan Gigi yang Bisa Dicoba Sendiri di Rumah

5 Cara Alami Memutihkan Gigi yang Bisa Dicoba Sendiri di Rumah
5 Cara Alami Memutihkan Gigi yang Bisa Dicoba Sendiri di Rumah (Photo by Diana Polekhina on Unsplash)

Memiliki gigi yang putih dan bersih tentunya menjadi harapan semua orang, baik pria maupun wanita karena kondisi tersebut dapat menunjang senyum dan penampilan. Itu sebabnya, beberapa cara alami memutihkan gigi di bawah ini tidak ada salahnya untuk dicoba.

Biasanya, warna kekuningan atau abu-abu pada gigi muncul seiring pertumbuhan usia ataupun akibat konsumsi makanan tertentu seperti misalnya kopi ataupun teh yang terlalu sering.

Cara Alami Memutihkan Gigi

Disamping penggunaan serangkaian produk-produk untuk memutihkan gigi seperti pasta gigi, gel, strip cairan kumur ataupun alat penyinar, beberapa cara alami memutihkan gigi di bawah ini juga bisa dicoba sebagai alternatif lain yang lebih aman untuk kesehatan.

1. Menjaga Kebersihan Gigi dan Mulut

Salah satu cara memutihkan gigi yang paling sederhana dan mudah untuk dilakukan ialah rutin menyikat gigi sebanyak 2 kali sehari sesaat setelah makan. Hal ini bertujuan untuk menghilangkan noda dan plak yang menempel pada gigi.

Jika diperlukan, bisa juga digunakan benang gigi (dental floss) ataupun cairan kumur agar hasil sikat gigi bisa lebih maksimal.

2. Menggunakan Baking Soda

Baking soda dipercaya sebagai bahan alami rumahan yang ampuh untuk memutihkan gigi. Adapun cara penggunaannya yakni dengan membuatnya menjadi bentuk pasta dengan mencampurkan 1 sdm baking soda dan 2 sdm air.

Gunakan pasta tersebut untuk menggosok gigi minimal 2-3 kali dalam seminggu. Untuk hasil lebih maksimal lakukan cara tersebut secara rutin dan tambahkan cuka apel untuk berkumur.

Baca juga  7 Cara Mengatasi Insomnia Tanpa Bantuan Obat

3. Menggunakan Asam Malat Buah-Buahan

Asam malat yang terkandung dalam buah-buahan dipercaya ampuh untuk memutihkan gigi secara alami. Kandungan ini dapat ditemukan dalam buah apel dan stroberi sehingga kedua buah tersebut cocok dijadikan sebagai pasta untuk sikat gigi.

Cara membuatnya cukup mudah yakni dengan menghancurkan buah dan mencampurkannya dengan sedikit air dan baking soda lalu aduk sampai merata dan bentuknya menyerupai pasta.

Bahan ini dikenal ampuh untuk memutihkan gigi, namun penggunaan yang terlalu sering justru akan berakibat pada kerusakan enamel gigi.

4. Membatasi Minum Teh, Kopi dan Minuman Bersoda

Lapisan terluar pada gigi yaitu enamel akan terus mengalami pengikisan atau semakin menipis seiring bertambahnya usia. Itu sebabnya, lapisan selanjutnya yakni dentin akan tampak lebih kuning. Membatasi minuman yang dapat meninggalkan noda dan plak di gigi.

Seperti misalnya teh, kopi dan minuman bersoda merupakan langkah yang tepat untuk mencegah gigi semakin kuning. Selain itu, biasakan untuk segera minum air putih setelah mengkonsumsi minuman dan makanan yang berpotensi meninggalkan noda dan plak di gigi.

5. Cara Alami Memutihkan Gigi dengan Berhenti Merokok

Kandungan tembakau dalam rokok merupakan salah satu zat yang mengakibatkan munculnya noda gigi yang sulit untuk dihilangkan. Hal ini dikarenakan senyawa dalam zat tersebut akan menembus sampai ke enamel gigi.

Itu sebabnya, semakin lama seseorang merokok, maka noda tembakau dalam gigi akan semakin dalam dan gigi menjadi semakin kuning. Bahkan, tidak menutup kemungkinan juga menyebabkan bau mulut, radang gusi ataupun kanker.

Beberapa cara alami memutihkan gigi di atas bisa dicoba sendiri di rumah. Untuk hasil yang lebih maksimal, beberapa cara tersebut bisa dilakukan secara rutin. Namun, jika beberapa hal tersebut telah dilakukan dan kondisi gigi belum juga berubah, maka penting untuk melakukan konsultasi terhadap dokter.

Baca juga  Cara Mengubah Nama di Sertifikat Prakerja Gelombang 20

Nantinya, dokter akan mengarahkan dan melakukan pemeriksaan lebih lanjut untuk menentukan tindakan untuk memutihkan gigi yang tepat untuk dilakukan.

Info lain: 6 Cara Menghilangkan Bau Apek Pakaian

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *