Bisnis  

Rekening Bersama : Definisi dan Cara Kerja

Mengetahui Pengertian Rekening Bersama Beserta Keuntungannya
Mengetahui Pengertian Rekening Bersama Beserta Keuntungannya

Rekening bersama- Sungguh sudah sangat pesat perkembangan teknologi akhir-akhir ini, yang membuat banyak hal dimudahkan melalui teknologi ini.

Diversifikasi bisnispun sangat beragam dari pemanfaatan teknologi yang semakin maju. Dampaknya salah satunya adalah pada cara pembayaran transaksi yang semakin beragam yang juga bertumpu pada teknologi.

Rekening Bersama (Rekber) sudah sangat umum dipakai untuk transaksi secara digital untuk berbagai kepentingan terutama yang kaitannya dengn belanja online.

Dengan menggunakan Rekber pelanggan tidak perlu membayar dengan cara konvensional menyetorkan sejumlah dana ke bank atau tempat pembayaran lain.

Namun sebenarnya apa itu pengertian dari Rekber? Berikut penjelasan yang dirangkum dari beberapa sumber tentang pengertian Rekber untuk sobat Mibi ketahui:

Definisi Rekening Bersama

Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) ternyata juga sudah menyesuaikan dengan kondisi jaman yang serba digital. Begitu juga dalam terminologi digital bussiness yang semakin marak.

Rekening Bersama menurut KBBI adalah rekening yang diterbitkan beratas nama lebih dari seoran, yang biasanya digunakan oleh mitra kerja.

Rekber ini juga disebut escrow service, yaitu instrumen keuangan dimana ada satu rekening khusus yang dipegang oleh pihak ketiga atas nama dari tiap pihak yang sedang melakukan transaksi. Pihak ketiga ini tentunya adalah pihak diluar baik dari sisi pembeli atau penjual, jadi bisa dikatakan netral.

Rekber ini diciptakan atas suatu kondisi ketika ada suatu perikatan kontrak (dalam hal pembayaran dan penyerahan barang). Dikhawatirkan ada salah satu pihak melakukan wanprestasi yang tentunya sangat merugikan. Salah satu cara yang dipakai sebagai solusi adalah Rekening Bersama ini, untuk menjawab ketidakpastian tersebut.

Baca juga  Daftar Ide Jualan Online Kekinian yang Menguntungkan

Prakondisinya yaitu ketika penjual tidak meyakini jika barang yang dikirim tanpa pembayaran terlebih dahulu akan dibayar sesuai perjanjian.

Begitu sebaliknya, pembeli juga meragukan jika mereka sudah melakukan pembayaran dahulu. Maka barang tidak jadi dikirim atau barang dikirim tidak sesuai pesanan. Inilah letak ketidakpastian itu dalam konteks jual beli online.

Cara Kerja Rekening Bersama

Cara kerja yang ditawarkan melalui skema Rekber ini sangat sederhana, karena memang begitulah teknologi bekerja untuk menyederhanakan banyak urusan.

Kembali lagi tentang ketidakpastian tersebut, ketika penjual dan pembeli sama-sama meragukan itikad baik salah satu pihak, maka Rekber in berperan penting.

Dalam transaksi yang melibatkan Rekber akan ada setidaknya empat pihak yang terlibat yaitu pihak penyedia Rekber (pihak ketiga), pihak penjual, pihak pembeli dan juga bank tentunya. Untuk diketahui pihak penyedia ini yang menyediakan jasa Rekber untuk transaksi yang bisa itu dari pihak bank langsung atau diluar itu.

Dirangkum dari beberapa sumber, berikut prosedur/cara kerja Rekber:

  1. Pihak penyedia telah membuat Rekening Bersama terlebih dahulu sebagai tempat untuk transaksi keuangan.
  2. Pembeli melihat-lihat barang dan tertarik membeli, kemudian semua rincian pembayaran akan muncul untuk segera dipenuhi pembeli berikut kemana dana harus disetor di salah satu Rekber yang sudah dipilih (berikut informasi tentang fee untuk penyedia jasa)
  3. Pembeli menyetorkan sejumlah dana sesuai rincian dan dikabarkan kepada penjual oleh penyedia Rekber bahwa dana sudah masuk.
  4. Kewajiban penjual adalah mengirim barang sesuai pesanan dan mengonfirmasi ke pihak Rekber bahwa pesanan sudah dikirim sehingga notifikasi pengiriman barang bisa diketahui pembeli. Ini juga terkait tracing barang di ekspedisi.
  5. Konfirmasi harus segera dilakukan ketika barang sudah sampai di pembeli (jika barang sesuai)
  6. Jika semua sudah merasa memenuhi tanggungjawabnya maka dana yang sudah disetor ke pihak Rekber akan dipindahbukukan ke rekening penjual, dengan begitu transaksi selesai.
  7. Namun bila ada ketidakpuasan dari pembeli karena ada ketidaksesuaian barang dan atau cacat, maka konfirmasi lanjutan akan dilakukan sambil menunggu kesepakatan kedua belah pihak, dan dana akan ditahan oleh pihak penyedia sampai ada kejelasan.
Baca juga  Tips Memulai Bisnis Rice Bowl Rumahan
Pict: Jawaracorpo

Keuntungan Menggunakan Rekber

Begitu banyak keuntungan yang bisa dimanfaatkan dari penggunaan Rekber ini baik dari sisi pembeli, penjual dan yang jelas pihak penyedia juga diuntungkan. Berikut beberapa keuntungan memanfaatkan Rekber yang diambil dari beberapa sumber:

  1. Menghilangkan atau setidaknya mengurangi rasa was-was dalam bertransaksi baik pembeli dan penjual
  2. Menghindarkan dari praktik-praktik penipuan
  3. Penjual yang menggunakan Rekber bisa dipastikan adalah penjual yang kredibilitasnya tinggi (sudah banyak melayani pelanggan dan transaksi minim keluhan).
  4. Bisa dilakukan dimana saja karena memang berbasis teknologi.

Info lain: Cara Membuka Rekening BCA untuk Badan Usaha

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *