6 Cara Menghilangkan Bau Apek Pakaian

6 Cara Menghilangkan Bau Apek Pakaian
Menghilangkan bau apek pada pakaian

Bau apek pakaian bisa muncul karena beberapa faktor seperti terlalu lama disimpan dalam lemari ataupun karena proses pencucian dan pengeringan yang kurang maksimal. Itu sebabnya, tidak heran jika pada musim hujan datang banyak orang mencari tahu mengenai cara menghilangkan bau apek pakaian.

Beberapa proses pencucian yang harus diperhatikan yakni membilas pakaian dengan bersih, peras hingga kering dan segera menjemurnya di bawah terik matahari seusai mencuci. Namun, jika pakaian sudah terlanjur bau apek, maka beberapa cara di bawah ini bisa dicoba.

Cara Menghilangkan Bau Apek Pakaian

1. Mencuci Ulang Pakaian

Salah satu cara sederhana yang bisa dilakukan ketika pakaian berbau apek ialah mencucinya kembali. Rendam atau gunakan deterjen sesuai takaran yang dianjurkan sesuai dengan bahan tiap-tiap pakaian.

Agar bau apek bisa benar-benar hilang, tambahkan pewangi pakaian dalam pembilasan pakaian yang terakhir. Setelah itu, peras pakaian dengan benar dan jemur menggunakan gantungan pakaian atau hanger agar bisa kering secara maksimal.

2. Mencuci Ulang Pakaian dengan Air Panas

Selain mencuci ulang pakaian dengan cara seperti pada umumnya, bisa juga digunakan air panas untuk mencuci kembali pakaian. Cara ini biasanya diterapkan untuk mengatasi pakaian yang memiliki bau apek yang sangat membandel atau sulit untuk dihilangkan.

3. Gunakan Baking Soda

Cara menghilangkan bau apek pakaian selanjutnya ialah menggunakan baking soda. Hal ini dipercaya cukup ampuh jika tidak sempat mencuci kembali pakaian tersebut. Caranya cukup mudah yakni dengan menaburkan baking soda pada pakaian yang berbau apek lalu biarkan semalam.

Baca juga  5 Cara Alami Memutihkan Gigi yang Bisa Dicoba Sendiri di Rumah

Keesokan harinya, tepuk-tepuk dan gantung pakaian agar sisa-sisa baking soda bisa terangkat. Atau jika dibutuhkan, bisa digunakan juga sikat khusus pakaian agar tidak ada lagi sisa baking soda yang menempel pada baju.

4. Gunakan Campuran Deterjen dan Lemon

Lemon dipercaya sebagai buah yang dapat menghilangkan bau apek pada pakaian. Dalam hal ini, bisa digunakan deterjen dan campuran beberapa buah irisan lemon untuk merendam baju yang berbau apek.

Setelah itu, cuci pakaian seperti biasanya dan jemur di bawah terik matahari agar proses pengeringan bisa lebih maksimal.

5. Gunakan Sabun Mandi Batang

Sabun mandi batang dipercaya ampuh untuk membersihkan noda pada pakaian sekaligus menghilangkan bau apek. Caranya cukup mudah yakni dengan membasahi seluruh lapisan pakaian lalu membentangkannya dalam papan cuci dan gosokkan sabun batang diatasnya.

Jika diperlukan, gunakan pula sikat baju dan sikat setiap bagian pakaian, khususnya bagian-bagian yang memunculkan bau apek. Setelah itu, bilas pakaian sampai bersih, peras dan jemur di bawah terik matahari agar bisa kering secara maksimal.

6. Gunakan Cuka

Campuran cuka dan air deterjen termasuk cara mudah untuk menghilangkan bau apek pada pakaian. Larutkan 2 sdm cuka ke dalam ember yang telah berisi air deterjen, lalu aduk cairan tersebut agar tercampur rata.

Setelah itu, masukkan pakaian yang berbau apek dan rendam di dalamnya selama kurang lebih 15-30 menit lalu bilas dan cuci sampai bersih. Peras baju dengan benar dan jemur dengan gantungan di bawah terik matahari.

Itulah 6 contoh cara menghilangkan bau apek pakaian yang bisa dicoba sendiri di rumah. Bahan-bahan yang dibutuhkan juga tergolong cukup murah dan mudah untuk ditemukan. Oleh sebab itu, tidak perlu ragu lagi untuk mencoba cara-cara di atas agar pakaian bisa terbebas dari bau apek.

Baca juga  Cara Menghemat Energi Listrik dalam Kehidupan Sehari-Hari

Disamping itu, memperhatikan cara penyimpanan dan penjemuran pakaian juga sangat penting untuk mencegah munculnya bau apek pada pakaian.

Info lain: 5 Cara Rahasia Wangi Tahan Lama pada Pakaian

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *