4 Strategi Pemasaran Unilever Beserta Jenis-Jenis Strategi Pemasaran Produk

4 Strategi Pemasaran Unilever, Beserta Jenis-jenis Strategi Pemasaran Produk
Strategi Pemasaran Unilever

Hampir semua orang pasti tahu perusahaan Unilever, yakni perusahaan multinasional yang memproduksi barang-barang konsumen untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Dalam menghadapi ketatnya persaingan antara perusahaan, maka dibutuhkan strategi pemasaran unilever yang baik.

Strategi pemasaran yang dilakukan oleh unilever bertujuan untuk mendapat customer dan mampu menghadapi persaingan antara perusahaan dengan cara diferensiasi produk, harga yang terjangkau dan consumers behaviors.

Pengertian Strategi Marketing

Disebut juga strategi marketing, merupakan usaha jangka panjang yang mencakup gambaran besar dari pesan yang ingin disampaikan sebuah perusahaan atau pebisnis, untuk menjangkau target customer yang dianggap prospektif yang dapat mengubah mereka menjadi customer tetap. 

Strategi Pemasaran Produk Unilever

Dibawah ini beberapa strategi pemasaran modern yang digunakan perusahaan Unilever dalam memasarkan produknya, yaitu:

1. Menerapkan diferensiasi produk dan harga yang relatif rendah

Dari waktu ke waktu, produk Unilever terus memperkenalkan kemasan-kemasan produk terbaru, supaya pelanggan tidak bosan dengan kemasan yang itu-itu saja. Hal tersebut juga diiringi dengan kualitas produk, dan harga yang relatif terjangkau, baik itu sachet, botol kecil, botol kaca, dan masih banyak lagi. 

2. Consumers behaviors atau meneliti perilaku dan kebiasaan konsumen

Unilever juga membuka cabang di Indonesia dengan tujuan untuk dikenal dan mendapat simpati dari masyarakat Indonesia. Tidak hanya itu saja, Unilever juga membuat produk yang sesuai dengan cita rasa Indonesia, salah satunya kecap, makanan yang terbuat dari kacang kedelai dan bisa dikatakan sebagai saus khas Indonesia. 

Baca juga  Turbo Marketing Adalah : Definisi dan Strategi

3. Strategi Pemasaran Unilever dengan Fokus pada peluang pasar

Strategi pemasaran unilever yang lain adalah fokus pada peluang pasar. Produk milik Unilever menggunakan sistem informasi pelanggan yang berbeda dengan yang lainnya. Produk-produk masuk ke pasaran dengan cara mempromosikan barangnya langsung ke masyarakat dan memberi bukti terkait kualitas produk secara riil.

4. Menguatkan keakraban antara pemasok dan konsumen

Masyarakat Indonesia terbagi dalam berbagai tingkatan sosial yang beragam. Apabila perusahaan Unilever tidak dapat menyentuh hati kalangan-kalangan tersebut, pasar mereka di Indonesia tidak akan berkembang pesat seperti saat ini. 

Hal itu juga didukung dengan strategi pemasaran yang mereka lakukan, misalnya dengan memberikan diskon kepada masyarakat menengah ke bawah. Di samping itu, Unilever juga melakukan tanya jawab dengan konsumen serta menampung saran dan kritik mereka. 

Jenis-jenis Strategi Pemasaran

Apa saja jenis-jenis strategi pemasaran? Berikut uraiannya untuk anda:

1. Pemasaran transaksional

Strategi pemasaran ini dilakukan dengan cara memberikan diskon, kupon belanja dan lain sebagainya, bertujuan untuk menarik perhatian konsumen agar membeli lebih banyak produk yang ditawarkan.

2. Iklan berbayar

Biasanya perusahaan akan membayar ke penyedia ruang iklan agar bisa menampilkan produknya di ruang tersebut. Besarnya harga yang harus dibayarkan ditentukan melalui negosiasi antara penyedia ruang iklan dan marketer.  

3. Pemasaran interaktif

Strategi pemasaran unilever, pemasaran interaktif. Dalam pelaksanaannya melibatkan partisipasi konsumen, contoh perusahaan dapat mencantumkan nama konsumen pada produk dengan edisi terbatas. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *