Tips Tidur Berkualitas di Malam Hari

10 Tips Terbukti untuk Tidur Lebih Baik dan Berkualitas di Malam Hari
10 Tips Terbukti untuk Tidur Lebih Baik dan Berkualitas di Malam Hari

Tubuh dan pikiran yang sehat sangat penting bagi kita! Tidur berkualitas akan meningkatkan imun tubuh dan menjadikan pikiran lebih fresh pada saat bagun tidur di pagi hari. Tips tidur berkualitas ini terbukti untuk meningkatkan tidur anda lebih baik di malam hari

Tidur berkualitas bisa dimulai dengan tidur nyenyak di malam hari! Oleh karena itu, penting untuk memahami apa yang memengaruhi tidur Anda dan tindakan apa yang perlu Anda ambil untuk memastikan tidur yang nyaman di malam hari.

Tips Tidur Berkualitas

Berikut adalah Beberapa Tips Tidur Berkualitas dan Terbukti untuk Tidur Malam yang Lebih Baik dan lebih nyenyak

Perhatikan paparan cahaya

Ritme sirkadian mengacu pada perubahan mental, fisik, dan perilaku yang bertanggung jawab untuk siklus 24 jam. Dan jam biologis kita mengatur ritme sirkadian.

Ditemukan bahwa proses alami ini dapat merespons cahaya dan kegelapan berdasarkan paparan. Semakin Anda terpapar sinar matahari yang cerah, semakin lama dan semakin dalam tidur malam Anda.

Selain itu, semakin lama Anda terpapar cahaya biru, terutama dari perangkat elektronik sebelum tidur, semakin rendah kualitas tidur malamnya!

Berolahraga secara rutin

Berolahraga dengan rutinitas yang ditentukan membuat tubuh Anda tetap sehat. Dan tubuh yang sehat sangat penting untuk tidur yang nyenyak.

Ini akan memperkuat otot Anda, membakar kalori, dan membuat Anda merasa segar sepanjang hari.

Baca juga  Cara Membeli Pelatihan Kartu Prakerja Yang Tidak Ada Webinarnya ( Zoom Meeting )

Anda akan mulai bekerja lebih keras dan lebih lama di siang hari, yang secara positif mempengaruhi kualitas tidur Anda dalam jangka panjang.

Tidur siang singkat di siang hari

Tidur siang singkat sangat penting untuk fungsi tubuh Anda. Ini dapat meningkatkan fungsi otak di siang hari dan membantu pekerjaan Anda lebih bertanggung jawab.

Namun, tidur siang yang lama dengan interval yang tidak ditentukan dalam sehari dapat mengacaukan jam biologis internal tubuh Anda dan memengaruhi kualitas tidur malam.

Kurangi alkohol dan kafein

Kafein telah dikenal memberikan manfaat yang dapat meningkatkan energi untuk fokus lebih baik.

Ditemukan tetap tinggi dalam darah Anda selama 6-7 jam, yang berarti, jika Anda minum kopi 6 jam sebelum tidur, itu dapat mempengaruhi kualitas tidur Anda.

Ini dapat merangsang sistem saraf dan membuat Anda tetap terjaga. Di sisi lain, diyakini bahwa alkohol dapat membuat Anda tidur lebih nyenyak.

Namun, meski bisa membuat Anda mengantuk, hal itu memengaruhi kualitas tidur nantinya. Ini dapat memperburuk kesehatan Anda dan menyebabkan insomnia.

Kerjakan rutinitas tidur

Penting untuk mengerjakan rutinitas tidur agar tidak mengganggu jam biologis Anda. Dengan meningkatnya teknologi dan perubahan gaya hidup, orang lebih suka tidur larut malam setelah minum atau menonton film.

Ini akan meningkatkan stres di dalam tubuh dan memengaruhi tingkat melatonin yang memberi sinyal ke otak untuk membuat Anda tidur.

Berkonsentrasi pada apa yang Anda makan

Apa yang Anda makan sebelum tidur sangat penting untuk kualitas tidur yang baik. Mengunyah makanan ringan yang tidak sehat, mengonsumsi makanan berminyak, dan makan terlambat dapat memengaruhi pelepasan hormon pertumbuhan manusia secara alami.

Baca juga  Teknik Passing Bola Voli Yang Perlu Kalian Ketahui

Sebaiknya Anda makan makanan ringan dua jam sebelum tidur untuk pencernaan yang mudah dan kualitas tidur yang baik.

Beberapa makanan untuk membantu tidur lebih nyenyak di malam hari termasuk sup sayuran, salad, smoothie protein, dll.

Anda juga dapat meminta nenek atau ibu Anda untuk pengobatan rumahan seperti obat tradisional dari herbal agar tidur lebih nyenyak di malam hari dengan membantu pencernaan.

Jaga pikiran Anda tetap bebas

Menjaga pikiran Anda tetap rileks sangat penting untuk tubuh dan pikiran yang sehat. Ini dapat meniadakan pikiran negatif sebelum waktu tidur dan membuat Anda tertidur lebih cepat saat Anda mencapai tempat tidur.

Jika stres finansial membuat pikiran Anda tetap sibuk, itu pasti mempengaruhi kualitas tidur. Oleh karena itu, adalah merugikan untuk menemukan apa yang mempengaruhi pikiran Anda untuk tetap rileks.

Pastikan lingkungan tidur yang baik

Jika Anda telah memikirkan cara tidur yang lebih baik setiap malam, tempat tidur dan lingkungan tidur Anda tidak dipertahankan sampai batas yang diinginkan.

Tubuh Anda dan suhu kamar tidur memiliki dampak yang pasti pada kualitas tidur Anda. Atur suhu yang nyaman berdasarkan perubahan iklim dan pastikan lingkungan yang stabil.

Beli kasur, tempat tidur, dan bantal dengan kualitas terbaik agar Anda tetap terlindung dengan baik untuk tidur yang nyenyak.

Cobalah untuk menghindari melakukan hal lain kecuali tidur, seperti menonton tv, bermain game, atau makan di tempat tidur Anda untuk memastikan lingkungan yang hangat membuat Anda tertidur dengan nyenyak.

Berhenti merokok

Nikotin dalam rokok merupakan stimulan yang dapat menyebabkan gangguan tidur seperti insomnia, fragmentasi tidur, sleep apnea, dan mendengkur.

Oleh karena itu, Anda harus berusaha untuk berhenti merokok. Anda mungkin mengalami kesulitan tidur setelah Anda mulai berhenti karena sindrom penarikan. Namun, itu akan cenderung menghilang seiring waktu, memperkuat kualitas tidur.

Baca juga  Tips Memilih Cat Interior dan Eksterior Hunian

Konsultasikan dengan dokter jika perlu

Jika Anda terus menerus terkena dan menderita kurang tidur karena gelisah, mendengkur keras, refluks gastroesofageal, dll., lebih baik berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan pengobatan untuk gangguan tidur Anda.

Kesimpulan

Kualitas tidur yang baik memiliki beberapa manfaat yang dapat menjamin pikiran dan tubuh yang sehat dan bahagia.

Sayangnya, dengan meningkatnya tekanan kerja dan perubahan gaya hidup, Anda terdorong untuk memutar jam biologis Anda ke arah yang berbeda, yang memengaruhi kualitas tidur.

Oleh karena itu, Anda harus fokus pada kuantum paparan cahaya yang tepat, berolahraga secara rutin, membuat diri Anda rileks, makan malam yang sehat dan ringan, mengurangi konsumsi alkohol dan kafein, dan berhenti merokok.

Anda juga perlu fokus untuk menjaga lingkungan tidur yang baik, mengerjakan rutinitas tidur, atau berkonsultasi dengan dokter jika Anda memiliki gangguan tidur yang konsisten dari waktu ke waktu untuk memastikan tidur malam yang lebih baik.

Demikian 10 Tips Tidur Berkualitas di Malam Hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *