Health  

Murah Meriah, Inilah Deretan Makanan Penambah Imun Tubuh

Murah Meriah, Inilah Deretan Makanan Penambah Imun Tubuh
Kunyit

Pandemi yang belum reda serta cuaca yang berubah-ubah mau tidak mau membuat masyarakat khawatir. Hal ini dikarenakan cuaca seperti ini membuat daya tahan tubuh menurun. Oleh sebab itu, jangan heran jika sekarang banyak orang yang mencari makanan penambah imun tubuh.

Ada banyak informasi dan mitos seputar berbagai makanan yang bisa meningkatkan daya tahan tubuh.

Sayangnya,tidak semua informasi tersebut benar dan bisa dipercaya karena saat ini banyak sekali berita kesehatan yang ternyata hanya hoaks.

Daftar Makanan Penambah Imun Tubuh

Makanan dan minuman bernutrisi diketahui sangat membantu dalam menjaga daya tahan tubuh.

Ditambah dengan gaya hidup sehat dan olahraga teratur maka hal ini akan membuat tubuh lebih kuat dan mampu menghadapi berbagai penyakit berbahaya.

Sayangnya, tidak semua makanan memiliki kandungan senyawa yang bermanfaat bagi daya tahan tubuh.

Lalu, apa sajakah makanan-makanan yang bagus untuk meningkatkan daya tahan tubuh selama musim pandemi ini? Berikut adalah contohnya.

1. Makanan fermentasi

Perlu diketahui jika makanan atau minuman hasil fermentasi seperti yogurt, kombucha, kimchi, dan sebagainya sangat kaya akan prebiotik.

Probiotik merupakan bakteri baik yang bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh manusia sekaligus menghalau bakteri-bakteri jahat penyebab penyakit.

2. Makanan laut Termasuk Makanan Penambah Imun Tubuh

Jenis Makanan laut dikenal kaya akan omega-3,protein, asam lemak tidak jenuh, serta berbagai vitamin dan mineral. Makanan laut yang baik dikonsumsi untuk daya tahan tubuh diantaranya adalah ikan, kerang, serta tiram.

Baca juga  Inilah Jenis Makanan Penyebab Stress yang Harus Ditinggalkan

3. Sayur dan buah

Sayur dan buah yang berwarna cerah sudah lama diketahui memiliki manfaat penting bagi kesehatan tubuh.

Hal ini dikarenakan sayur dan buah-buahan tersebut memiliki kadar antioksidan, vitamin, dan juga mineral yang tinggi sehingga bisa membantu mencukupi kebutuhan nutrisi tubuh.

Meski begitu,ada beberapa jenis sayur-sayuran serta buah-buahan yang direkomendasikan untuk meningkatkan imun. Berapa diantaranya adalah brokoli, bayam, pepaya, mangga,jambu,strawberry, jeruk, dan sebagainya.

4. Bawang putih

Sebenarnya bawang putih setelah lama diketahui sebagai salah satu makanan yang bisa menambah imun tubuh.

Selain memiliki cita rasa yang enak bila dicampur dalam masakan ternyata bawang putih mengandung berbagai senyawa seperti sulfur yang bernama allicin.

Senyawa ini diketahui sangat ampuh dalam menjaga sistem kekebalan tubuh, meredakan peradangan, berperan sebagai antioksidan, serta dapat membasmi berbagai virus dan bakteri penyebab penyakit.

5. Kunyit Termasuk Makanan Penambah Imun Tubuh

Selain bawang putih, kunyit juga sudah lama dikenal sebagai makanan penambah imun tubuh. Oleh sebab itu, jangan heran jika banyak jamu dan obat-obatan tradisional nusantara yang menggunakan bahan baku kunyit.

Perlu diketahui kunyit kaya akan kandungan kurkumin. Kurkumin sendiri memiliki fungsi sebagai antioksidan yang mampu menjaga kesehatan serat kekebalan tubuh.

Tidak hanya itu, senyawa ini juga memiliki sifat anti radang sehingga dipercaya bisa mengatasi beberapa masalah kesehatan.

6. Biji bunga matahari

Banyak yang belum tahu jika biji bunga matahari sangat kaya akan nutrisi penting. Salah satunya adalah vitamin E yang berperan sebagai antioksidan yang menjaga kekebalan tubuh.

Perlu diketahui jika antioksidan mampu menangkal radikal bebas yang berbahaya bagi kesehatan.

Tidak hanya itu,kandungan selenium dalam biji-bijian ini juga termasuk tinggi. Selenium diketahui bermanfaat dalam membantu mengatasi berbagai infeksi virus.

Baca juga  Penyakit Angina Pectoris, Kenali Penyebab dan Pencegahannya

Meski memiliki banyak nutrisi penting namun tidak disarankan untuk mengonsumsi biji-bijian dalam jumlh ynag berlebihan.

Daftar di atas merupakan sedikit contoh dari berbagai makanan penambah imun tubuh. Sebenarnya, masih ada berbagai makanan lain yang bisa digunakan untuk meningkatkan daya tahan tubuh namun keenam makanan di atas merupakan yang paling mudah ditemukan di pasar lokal. 

Info lain: Cara Meningkatkan Imun Yang Efektif Dan Mudah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *