The Site is Experiencing Technical Difficulties

The Site is Experiencing Technical Difficulties
The Site is Experiencing Technical Difficulties

Mikaylabinar.com– Pesan kesalahan the site is experiencing technical difficulties, ini saya temukan pertamakali pada saat mengganti theme dan menginstal plugins.

Fatal Error Protection

WordPress memperkenalkan fitur fatal error protection sejak WordPress versi 5.2. Fitur ini menampilkan pesan kesalahan sederhana yang menyatakan bahwa “Situs ini mengalami kesulitan teknis”.

Jika pesan ini muncul wordpress akan mengirimkan pesan kesalahan error ke email anda. Pesan email ini berisi tautan untuk mengakses backend dan memperbaiki kesalahan yang terjadi.

Pesan kesalahan ini dapat disebabkan berbagai macam sebab. Jika Anda tidak memiliki akses ke email admin atau tidak bisa mendapatkan email dari WordPress maka menjadi lebih sulit untuk mencari tahu letak error apa yang terjadi.

Cara termudah untuk memperbaikinya adalah memastikan bahwa alamat email admin WordPress anda benar dan Anda dapat menerima email pemberitahuan dari WordPress.

Jika Anda tidak bisa mendapatkan email dari WordPress maka perlu diperbaiki setting pada emailnya agar terkoneksi dengan wordpress.

Cara Downgrade Versi PHP

Berdasarkan pengalaman pribadi ketika mendapat pesan the site is experiencing technical difficulties, saya hanya mendowngrade versi PHP dari versi 7.3 menjadi 7.0. cara alternative yang kedua yaitu mendowngrade versi wordpress-nya dari wordpress 5.4 di downgrade menjadi versi 5.2. (Cara Mendowngrade WordPress bisa Anda baca di laman: Downgrade wordpress untuk menormalkan website)

Adapun cara yang saya gunakan dalam mendowngrade versi php, caranya sebagai berikut:

  1. Masuk ke cpanel domain anda misalnya: domainmu.com/cpanel
  2. Pada halaman Dashboard pilih Select PHP Version yang terletak pada kotak menu Software
  3. Kemudian pada halaman PHP Extensions, pada Current PHP Version ubah versi PHP anda misalnya dari 7.3 menjadi 7.0
  4. selesai
Baca juga  Redirect AMP to Non AMP Pada Artikel Website

Namun, jika anda tidak bisa mengakses PHP Extensions bisa minta bantuan atau menghubungi penyedia hosting anda.

Pesan kesalahan yang sering terjadi di wordpress umumnya berkaitan dengan plugins yang tidak support dengan theme yang digunakan, hal ini dikarenakan terdapat coding css yang tidak berjalan semestinya di theme yang aktiv. Bisa juga disebabkan versi php yang digunakan pada server hosting yang anda gunakan tidak di setting sesuai dengan php di wordpress

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *