Cara Membuat Website Membership

Cara Membuat Website Membership
Ilustrasi Website Membership (Image: kompas)

Ada cara yang digunakan oleh situs media untuk mendapatkan pendapatan berulang dalam jangka panjang selain dari iklan adsense yaitu dengan cara membuat website membership

Di sini, kami membahas apa itu situs web keanggotaan dan bagaimana Anda dapat membuatnya.

Apa itu situs web keanggotaan?

Situs web keanggotaan adalah situs web yang mengharuskan pengunjung berlangganan untuk mendapatkan akses ke layanan atau konten khusus.

Untuk beberapa situs web membership, anggota tidak hanya dapat membaca dan mengomentari konten khusus tetapi juga dapat berinteraksi dengan staf perusahaan, editor dan forum bahkan bisa berkomunikasi dengan anggota lain  

Situs web menyediakan berbagai tingkat keanggotaan. Biasanya, mereka menawarkan langganan gratis, basic, dan/atau premium.

Setiap tingkat keanggotaan memiliki pengaturan khusus. Misalnya, seorang blogger mungkin menawarkan keanggotaan gratis yang memungkinkan anggota mengomentari posting, atau mengunduh kursus/buku gratis.

Dengan demikian, mereka mendapatkan alamat email pembaca dan dapat memberi tahu mereka tentang postingan baru.

Keanggotaan basic dan premium akan membutuhkan pembayaran, dan memberikan akses ke konten premium mereka, dan memberikan fasilitas tambahan, seperti berpartisipasi dalam forum.

Manfaat Keanggotaan

Ada banyak manfaat dari situs keanggotaan meskipun dalam pengembangan situs menjadi membership membutuhkan biaya tambahan

Berikut ini beberapa manfaat dari situs yang menggunakan memberhip:

Anda tidak bergantung pada platform iklan pihak ketiga, dan sponsor. Oleh karena itu, Anda juga bebas dari skema bagi hasil apa pun.

Dan, karena Anda akan mengetahui nomor keanggotaan maka Anda dapat memperkirakan pendapatan dengan lebih baik.

Keanggotaan memungkinkan Anda membangun hubungan jangka panjang dengan pengguna yang menjadi anggota Anda. Hasilnya, Anda akan mendapatkan pendapatan berulang dari audiens setia Anda.

Keanggotaan gratis memberi Anda prospek, yang berpotensi dapat dikonversi menjadi pelanggan yang membayar.

Monetisasi situs web Anda dapat dilakukan juga melalui iklan pada umumnya. Namun, keanggotaan memiliki manfaat yang dapat menjadi keuntungan utama bagi bisnis Anda. Tentu saja, Anda dapat mengkombinasikannya  dengan sumber pendapatan lain

Paywall, Subscription, dan Membership

Paywall adalah teknologi yang membatasi konten untuk pengunjung. Ini digunakan untuk membatasi akses ke artikel mereka. Untuk membuka akses, pengunjung perlu berlangganan dan membayar biaya.

Setelah itu, mereka menjadi bagian dari komunitas perusahaan. Mereka mendukung bisnis Anda dan mendapatkan bonus darinya.

Subscription juga menggunakan paywalls. Namun, model bisnis ini berbeda dengan keanggotaan karena gaya interaksi dengan pelanggan berbeda.

Ini membutuhkan pembayaran berulang dari pelanggan untuk serangkaian layanan / produk yang ditentukan.

Misalnya, Netflix menggunakan model langganan. Anda membayar biaya bulanan dan mendapatkan akses ke semua video di platform.

Di sisi lain, Medium (platform blogger populer) adalah situs keanggotaan. Dengan $5 per bulan, Anda mendapatkan akses tak terbatas ke semua konten mereka.

Dan, selain itu, Anda dapat memilih penulis favorit Anda sehingga mereka akan menerima sebagian bayaran dari Anda. Jadi, anggota dapat mengambil bagian dalam komunikasi dua arah dengan bisnis.

Bagaimana Cara Membuat Website Membership?

Sebelum membangun situs web keanggotaan, Anda perlu memilih model pembayarannya apakah menerapkan biaya bulanan atau tahunan, tentukan tingkatan keanggotaan seperti free/basic/premium, dan konten mana saja yang diberi perlindungan dengan paywall.

Anda bisa membangun website keanggotaan melalui website developer. Jika situs Anda menggunakan platform WordPress, ada beberapa plugin yang bisa Anda gunakan untuk membership seperti MemberPress, Leardash, Restrict Content Pro

Pada umumnya plugin keanggotaan di wordpress berbayar. Anda tinggal memilih sesuai dengan bujet Anda

Jenis situs web keanggotaan

Ada beberapa jenis situs web keanggotaan yang bisa Anda gunakan. Bergantung pada apa yang Anda tawarkan. Berikut ini jenis-jenis situs web membership:

1. Drip Feed.

Dalam model ini, konten situs web dirilis sebagian untuk anggotanya. Misalnya, 15 hari setelah berlangganan, Anda akan dapat membaca 30 artikel, dan dalam 15 hari berikutnya, 30 artikel baru akan ditambahkan untuk Anda.

Drip Feed membantu anggota fokus pada jumlah konten yang terjangkau per periode, dan mendorong mereka untuk terus memantau.

2. All-in

Situs web ini memberikan akses ke semua konten mereka segera setelah Anda berlangganan. Keanggotaan all-in biasanya membutuhkan pembayaran tahunan.

 Tetapi ada situs web dengan biaya akses bulanan, yang menawarkan bonus untuk mendorong langganan jangka panjang mereka.

Keuntungan utama model ini bagi anggota adalah mereka bebas memilih dan menjelajahi semua konten dengan kecepatan mereka sendiri.

3. Time Frame

Tipe situs ini mengacu pada periode waktu keanggotaan yang tetap. Biasanya, Time Frame digunakan untuk situs web yang menawarkan program seperti penurunan berat badan, dan tantangan pendidikan.

Jika suatu program memakan waktu kurang dari sebulan, pembayaran dibebankan sekali. Dalam kasus lain, tantangan itu sendiri merupakan motivasi untuk melanjutkan langganan.

4. Online Course

Menyediakan konten video dan teks dengan program pelatihan dan kuliah. Selain itu, anggota mendapatkan akses ke forum tempat mereka dapat berkomunikasi dengan siswa lain, dan mungkin dengan instruktur.

Kursus mungkin termasuk kuis dan tugas. Beberapa situs web memberikan sertifikat setelah Anda menyelesaikan kursus.

5. Community

Situs web komunitas adalah platform untuk ceruk khusus tempat orang dapat berinteraksi satu sama lain dalam obrolan atau forum. Keanggotaan dalam komunitas ini biasanya dibebankan secara bulanan atau tahunan.

6. Product-based

Situs web berbasis produk menyediakan unduhan seperti plugin, gambar, video. Anggota menerima diskon, dan/atau kemampuan untuk mengunduh konten.

7. Service-based

Situs web berbasis layanan berfungsi untuk industri seperti desain web, pembinaan, konsultasi. Anggota mendapatkan akses ke sejumlah pelajaran, konsultasi, dll.

Ringkasan

Situs web keanggotaan memberikan fasilitas khusus untuk pelanggannya setelah mereka mendaftar. Berbeda dengan situs langganan, keanggotaan menyediakan interaksi dua arah dengan pelanggan.

Ada 7 jenis utama situs web keanggotaan: Drip Feed, All-In, Online Course,Community, Time-Frame, Product-Based, Service-Based

Keanggotaan memberi Anda sarana untuk mendapatkan pendapatan berulang dan membangun hubungan jangka panjang dengan pelanggan Anda.

Untuk mendapatkan lebih banyak prospek dan mengubahnya menjadi anggota, Anda mungkin ingin menggunakan notifikasi push untuk situs web Anda.

Demikian Cara Membuat Website Membership.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *