Tahukah Anda Mengenai Perbedaan Pasar Perdana dan Pasar Sekunder

  • Share
perbedaan pasar perdana dan pasar sekunder

Mikaylabinar.com– Tahukah Anda Mengenai Perbedaan Pasar Perdana dan Pasar Sekunder dalam pasar modal?

Dengan banyaknya masyarakat yang saat ini melakukan investasi di pasar modal, membuat istilah ini tak lagi asing di telinga masyarakat.

Hal ini dikarenakan sudah banyak sekali pihak pasar modal yang bermunculan dan membuat masyarakat menjadi sangat mudah untuk menemuinya

Yang perlu diketahui adalah terdapat dua jenis pasar dalam pasar modal yaitu pasar perdana dan pasar sekunder. Untuk Anda yang merupakan seseorang dengan background ini tentunya sudah familiar.

Namun, untuk sebagian masyarakat lain rasanya istilah pasar perdana dan sekunder masih agak jarang terdengar. Terlebih lagi mengenai apa saja perbedaan pasar perdana dan pasar sekunder tersebut.

Nah, maka dari itu kali ini Saya ingin membahas mengenai apa itu pasar perdana dan sekunder secara umum beserta dengan perbedaan pasar perdana dan pasar sekunder. Penasaran? Yuk, simak informasinya berikut ini ya!

Pasar Perdana

Pertama adalah pasar perdana. Dari segi definisi, pasar perdana merupakan salah satu penawaran saham yang pertama kali dilakukan oleh emiten untuk para pemodal dalam waktu yang sudah di tetapkan oleh penerbit sebelum saham tersebut nantinya diperdagangkan di saat pasar sekunder.

Kira – kira waktunya adalah kurang dari 6 hari. Untuk harga sahamnya biasanya ditentukan oleh para penjamin emisi serta analisis fundamental dari suatu perusahaan yang dimakdud.

Dalam pasar perdana ini, nantinya pihak investor akan memesan saham dan akan mendapatkan sesuai dengan sistem pembagian yang sudah diterapkan dari pihak penjamin emisi.

Pasar ini juga memiliki peranan sebagai tempat para perusahaan baru untuk melakukan penerbitan sekuritas agar bisa menambah modal perusahaan.

Ada beberapa fungsi pasar perdana yang menjadi ciri khas, antara lain adalah mengenai harga saham yang cenderung konstan. Kemudian tidak adanya komisi.

Selanjutnya hanya untuk pembelian saham dan proses pemesanannya hanya sebatas agen penjual, serta jangka waktu yang terbatas.

Pasar Sekunder

Kemudian, yang terakhir adalah pasar sekunder. Yang mana pasar ini merupakan pasar yang menjadi tempat jual beli saham yang dilakukan oleh para investor setelah melewati adanya penawaran saham di pasar perdana.

Pasar sekunder atau pasar secondary market ini merupakan jenis pasar yang digunakan untuk melakukan perdagangan sekuritas yang mana sudah diterbitkan oleh penawaran perdana.

Pada pasar ini, efek jual beli akan berpindah tangan dari investor yang satu ke investor yang lain dan proses perdagangannya sudah dicatat di bursa.

Beberapa fungsi yang membedakan pasar sekunder dengan pasar perdana adalah harganya yang berfluktuasi, komisi yang dibebankan pada pembelian dan penjualan, pemesanan yang oleh anggota bursa, serta jangan waktu yang tak terbatas.

Itulah perbedaan pasar perdana dan pasar sekunder. Semoga bermanfaat untuk Anda ya!

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *