Masih Bingung? Ini Perbedaan China Taipei, China, Hongkong dan Macau

Perbedaan China Taipei- Beberapa hari lalu tepatnya tanggal 7 dan 11 Oktober 2021, Timnas Indonesia menjamu China Taipei atau Taiwan dalam ajang play off Kualifikasi Piala Asia 2022.

Perbedaan China dan China Taipei

Tapi masih banyak yang kebingungan mengenai perbedaan China dan China Taipei. Oleh karena itu, berikut akan kami jelaskan mengenai perbedaan China, China Taipei, Hongkong dan Macau.

1. China atau Tiongkok

Pasti diantara kalian bertanya-tanya saat mendengar atau membaca kata Tiongkok. Sontak, kalian akan menggerutu “yang benar China atau Tiongkok sih?”. Jawabannya adalah keduanya benar, tapi yang lebih tepat untuk saat ini adalah Tiongkok.

Kok bisa?

Dahulu negara berjuluk Tirai Bambu ini bernama Republik Rakyat China (RRC). Pada tahun 2014, pemerintah negara ini memutuskan mengganti nama negaranya menjadi Republik Rakyat Tiongkok (RRT). Sejak tahun itu nama yang digunakan Tiongkok bukan China.

Negara beribu kota Beijing dengan penduduk terbanyak di dunia dengan jumlah 1,45 miliar jiwa dan luas negara 9.596.961 kilometer persegi menggunakan sistem sosialis dan komunis terbesar di dunia.

Negara dengan mata uang yuan ini disebut sebagai tanah daratan oleh orang-orang Taiwan, Hongkong dan Macau. Karena dahulu kala ketiga negara tesebut merupakan bagian kedaulatan China sebelum dijajah eropa.

2. Taiwan

Taiwan dan China adalah satu negara pada dahulu kala. Tapi kemudian berpisah saat perang saudara bergoncang di daratan China. Kala itu partai Komunis berhasil mengalahkan partai nasionalis yang biasa disebut koumintang.

Kemudian partai Komunis menguasai daratan China sedangkan Partai Nasionalis pergi ke salah satu pulau yang masih masuk RRT yang bernama pulau Formosa lalu membentuk negara sendiri bernama Taiwan. Taiwan sudah memiliki pemerintahan sendiri, bendera negara sendiri, punya ibu kota di Taipei, dan punya mata uang sendiri yakni dollar Taiwan.

Baca juga  Mengenal Konsep Pendidikan Menurut John Dewey

Sayangnya, negara dengan system ekonomi kapitalis ini hanya diakui sebagai negara merdeka oleh 23 negara. Sehingga negara dengan nama lengkap Republic Of Tiongkok ini disebut dengan negara pengakuan terbatas.

3. Hongkong

Hongkong disebut sebagai negara semi merdeka alias tidak seutuhnya merdeka. Karena negara ini merupakan wilayah daratan RRT  bekas jajahan Britania Raya. Di tahun 1997, Britania Raya alias Inggris mengembalikan Hongkong kepada pemerintahan RRT.

Namun, Hongkong telah mempunyai tatanan pemerintahan sendiri mulai dari bendera negara, system ekonomi negara berupa ideologi kapitalis, mata uang sendiri berupa Hong Kong Dollar (HKD), Bahasa resmi penduduk hingga kepolisian. Tetapi Hongkong belum memiliki tantara sendiri karena wilayah pertahanan masih dikendalikan RRT.

Dalam urusan informasi Hong Kong dan China memiliki perbedaan mencolok. Hongkong terbuka kepada dunia luar soal informasi tidak mengikuti cara China yang membatasi informasi dari dunia luar. Oleh karena itu, tidak mengagetkan jika Hongkong disanjung sebagai Asia’s World City seperti Singapura yang ekonominya maju meski negaranya kecil. 

4. Macau

Macau dijuluki dengan The Sin City Of Asia karena negara ini merupakan pusat perjudian terbesar di dunia yang buka 24 jam non stop.

Dari segi status negara, Macau memiliki status yang sama dengan Hongkong, yakni negara semimerdeka. Tapi perbedaannya, Macau adalah bekas jajahan Portugis sedangkan Hong Kong adalah bekas jajahan Inggris.

Selain itu,  Macau dilepas Portugis ke China dua tahun setelah penyerahan Hongkong, yakni pada tahun 1999. Negara dengan luas wilayah 115,3 kilometer persegi dengan perkiraan jumlah penduduk sekitar 653.100 jiwa.

Di Macau suasana eropa dan portugis masih tetap terasa kental. Disamping itu rata-rata penduduk Macau menggunakan bahasa Kantonis, Portugis, dan Inggris dengan menganut sistem ekonomi kapitalis.

Baca juga  Ingin Menjadi Merchant LinkAja? Yuk Simak Cara Daftar Merchant LinkAja

Info lain: Hacker China Bobol BIN dan 10 Kementerian RI, Siapa Mereka?

x

Leave a Comment