Cara Mengecek Jadwal Keberangkatan Haji, Online dan Offline

cara mengecek jadwal keberangkatan haji
cara mengecek jadwal keberangkatan haji (Photo:imigrasi)

Cara mengecek jadwal keberangkatan haji di masa kini yang serba digital memiliki banyak metode yang dapat dilakukan, yaitu Anda dapat memeriksa jadwal keberangkatan haji secara online dan offline.

Pemeriksaan jadwal keberangkatan perlu dipahami sejak Anda berhasil melakukan pendaftaran haji. Hal ini agar tidak terjadi kesalahpahaman diantara agen dan klien.

Saat Anda telah resmi terdaftar sebagai jamaah haji, pihak penyelenggara akan memberi peserta nomor porsi. Nomor porsi tersebut berguna untuk mengecek nomor keberangkatan haji para peserta. Adapun cara lengkap mengecek kebernagkatan haji simak sampai selesai artikel ini

Cara Mengecek Keberangkatan Haji Online

Terdapat dua metode untuk memverifikasi keberangkatan haji melalui internet tanpa perlu mengandalkan aplikasi atau situs resmi Kementerian Agama. Alternatifnya, dapat menggunakan aplikasi Pusaka. Rincian langkah-langkahnya akan dijelaskan lebih lanjut dalam artikel ini. Silakan simak penjelasannya berikut!

1. Mengakses Web Resmi Kemenag

Cara pertama mengecek jadwal keberangkatan haji ini tidak memerlukan download aplikasi apapun yang tersedia di store masing-masing smartphone baik android maupun Iphone.

Berikut adalah langkah-langkah untuk memeriksa perkiraan keberangkatan haji tanpa perlu menginstal aplikasi tambahan, terutama jika Anda sudah mendaftar haji:

  • Pertama, buka situs haji.kemenag.go.id/v4/ melalui peramban web Anda.
  • Kemudian, gulir ke bawah hingga menemukan fitur pencarian yang disebut “Perkiraan Keberangkatan”.
  • Selanjutnya, masukkan nomor porsi yang diberikan setelah Anda mendaftar haji. Langsung klik tombol “CARI”.

Dengan langkah-langkah ini, Anda akan melihat informasi perkiraan keberangkatan haji tanpa memerlukan aplikasi tambahan.

2. Mendownload Aplikasi Pusaka

Tidak hanya dapat memeriksa keberangkatan haji melalui situs resmi Kementerian Agama RI, tetapi Anda juga bisa memeriksa melalui aplikasi Pusaka. Terlebih lagi, aplikasi ini menyajikan informasi tentang ibadah haji dengan sangat rinci.

Baca juga  Asal-usul Pemberian Kode Plat Kendaraan di Indonesia

Berikut adalah langkah-langkah untuk memverifikasi perkiraan keberangkatan haji menggunakan aplikasi Pusaka, terutama jika Anda sudah mendaftar haji:

  1. Pertama, unduh dan pasang aplikasi Pusaka melalui Play Store bagi pengguna Android dan App Store bagi pengguna iOS.
  2. Buka aplikasi Pusaka dan pilih menu “Islam”.
  3. Lalu, klik opsi “Layanan Haji dan Umrah”.
  4. Pilih menu “Estimasi Keberangkatan”.
  5. Masukkan nomor porsi yang diberikan setelah Anda mendaftar haji ke kolom yang disediakan.
  6. Setelah itu, klik tombol “Cari Nomor Porsi”.
  7. Dengan langkah-langkah tersebut, data estimasi keberangkatan haji Anda akan ditampilkan secara lengkap di aplikasi.

Cara Mengecek Keberangkatan Haji Offline

Tidak hanya melalui internet, Anda juga memiliki opsi untuk memeriksa keberangkatan haji secara offline, yakni dengan mengunjungi langsung kantor agen travel haji yang telah Anda daftarkan. Estimasi keberangkatan haji ini hanya dapat dihitung untuk jamaah yang belum membatalkan atau belum berangkat haji.

Biasanya, informasi mengenai perkiraan keberangkatan haji disediakan di kantor agen travel haji. Perubahan estimasi tersebut disesuaikan dengan perubahan kuota dan regulasi yang berlaku.

Oleh karena itu, sangat penting bagi mereka yang telah mendaftar haji untuk secara rutin memeriksa informasi di kantor agen travel haji yang telah mereka pilih. Hal ini terutama diperlukan jika terjadi perubahan jadwal atau informasi penting lainnya mengenai keberangkatan haji.

Jika Anda tidak memiliki waktu untuk datang langsung ke kantor agen, Anda juga bisa menghubungi agen travel haji melalui aplikasi obrolan seperti WhatsApp untuk meminta informasi tentang perkiraan keberangkatan haji.

Apabila Anda merasa masih kurang mengerti ketika memeriksa perkiraan keberangkatan haji melalui internet, Anda dapat langsung mendatangi kantor agen travel haji yang telah Anda daftarkan.

Baca juga  Tips Agar Usaha Sukses Dan Berkah Dalam Islam

Pada umumnya, informasi yang diberikan di sana lebih rinci dan dapat dijelaskan secara mendalam oleh konsultan mereka.

Oleh karena itu, disarankan untuk memilih agen travel haji yang terpercaya dan aman, baik itu agen haji plus atau reguler, yang menyediakan layanan konsultasi baik secara online maupun langsung di kantor.

Selain itu, sebaiknya Anda memilih menggunakan jasa agen travel yang bisa melakukan konsultasi melalui whatsapp. Dengan cara ini, Anda dapat memperoleh informasi yang sangat rinci melalui platform daring.

Jadi, teman-teman yang bijaksana, sekarang Anda telah memahami cara memeriksa estimasi keberangkatan haji. Jika Anda memiliki kritik atau saran, jangan ragu untuk memberikan komentar di bagian kolom komentar di bawah artikel ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *