Buat Permainanmu Sendiri dengan Game Roblox

buat permainanmu sendiri dengan game roblox
Game roblox (photo: pinterest)

Mengaku sebagai gamer modern, sudah pada tahu belum apa itu Roblox ? Banyak orang menyebut Roblox sebuah game. Faktanya, Roblox adalah platform yang dapat digunakan untuk membuat game anda sendiri.

Di Indonesia, Roblox bisa dibilang belum begitu populer. Namun, tetap saja ada yang mempopulerkannya. Beberapa youtuber seperti LabQi Gaming, GOYBLOX, NeoSuko bahkan Sarah Olivia juga membuat konten game di Roblox ini. Di luar negeri tentunya banyak komunitas besar yang menyukai platform yang satu ini.

Di Roblox, pengguna bisa bermain sesuka hati karena ada banyak game gratis yang disediakan. Konsep inilah yang membuat banyak orang tidak bosan bermain Roblox.

Saat bermain, siapa pun dapat menuangkan imajinasinya untuk membuat bangunan menjadi game mereka sendiri untuk dimainkan.

Ini adalah konsep unik dari Roblox. Bagaimana? Sudah penasaran dengan platform yang satu ini? Tanpa basa-basi lagi yuk simak informasi selengkapnya tentang apa itu Roblox!

Apa itu Game Roblox?

Jutaan pengguna menggunakan Roblox setiap bulan. Komunitasnya yang besar membuat platform ini dikenal luas di berbagai negara.

Roblox adalah platform yang memungkinkan pengguna untuk membuat game mereka sendiri, atau bermain game yang dibuat oleh pengguna lain.

Roblox memiliki mata uang yang disebut Robux yang digunakan untuk melakukan pembelian di dalamnya.

Saat ini, Roblox adalah salah satu platform game paling populer di dunia. Pengguna berasal dari berbagai negara, kalangan dan usia.

Game tersebut mengusung misi untuk menyatukan dunia melalui satu game. Tak heran jika dalam satu server Anda bisa menemukan pengguna yang berasal dari luar negeri.

Di platform ini, pengguna dapat mengekspresikan imajinasi mereka, berkreasi tanpa batas dan bersenang-senang dengan teman atau pengguna lain.

Baca juga  Cara Menambahkan Lokasi di Google Maps

Siapa pun dapat memainkan game apa pun di Roblox. Grafis 3D-nya akan membuat siapapun yang memainkan game ini betah. Komunitas di seluruh dunia membantu membuat game menarik yang dapat dimainkan oleh siapa saja.

Meski pemainnya banyak, tidak semuanya mampu membuat game sendiri. Game di Roblox dapat dibuat menggunakan Roblox Studio.

Pengembang dapat menghasilkan uang dari game yang dibuat di Roblox. Ada sistem monetisasi yang disediakan untuk membuat fitur premium di dalam game. Popularitas Roblox tidak lepas dari komunitasnya yang besar.

Sejarah Pengembangan Roblox

Salah satu faktor keberhasilan Roblox dalam menjaring pengguna besar adalah komunitasnya. Banyaknya pengembangan yang dilakukan juga mempengaruhi loyalitas penggunanya.

Versi beta Roblox dibuat pada tahun 2014 oleh dua pria bernama David Baszucki dan Erik Cassel. Namun pembangunan sudah dilakukan sebelumnya.

Sebelum memiliki nama Roblox, platform ini bernama Dynablocks. Perubahan nama dilakukan pada tahun 2005.

Tepat pada 1 September 2006, Roblox secara resmi tersedia untuk digunakan semua orang.

Roblox menjadi platform ramah anak setelah pada tahun 2007 mengikuti aturan COPPA (Children Online Privacy Protection Act), di mana akses obrolan dibatasi untuk pengguna di bawah usia 13 tahun.

Pada tahun yang sama, pengembangan Roblox dilakukan dengan meningkatkan server dan juga menambahkan fitur keanggotaan premium yang disebut Builders Club.

Pada tahun 2011, Roblox mulai memiliki banyak pengembang selama Hack Week. Pengembang dapat mengubah ide brilian mereka menjadi sebuah game.

Robux kemudian merilis platform dalam versi iOS pada 11 Desember 2012. Setahun kemudian, pada 1 Oktober 2013, Developer Exchange dirilis di mana pengembang bisa menukar Robux yang diperoleh menjadi uang sungguhan.

Perubahan besar terlihat pada rilis Smooth Terrain, dimana Roblox memiliki grafis yang keren sehingga objek blok terlihat lebih realistis dan halus.

Baca juga  7 Aplikasi Tema Keren Untuk HP Android Terbaru!

Roblox akhirnya bisa dimainkan dari konsol game Xbox One pada Januari 2016. Ada juga 15 game yang populer saat itu bagi pengguna Xbox One.

Beberapa bulan kemudian, tepatnya pada April 2016 Roblox merilis Roblox VR agar pengguna bisa merasakan sensasi virtual realistik. Saat itu sudah ada jutaan game 3D yang siap dimainkan.

Roblox menghentikan dukungan untuk Microsoft Windows XP dan Microsoft Windows Vista pada Agustus 2019. Namun, Roblox dapat dimainkan menggunakan Windows 10 yang memiliki keamanan lebih. Demikian artikel tentang Game Roblox.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *