Apakah Gelar Pendidikan Diperlukan Untuk Menjadi Wirausahawan?

Apakah Gelar Pendidikan Diperlukan Untuk Menjadi Wirausahawan?
Apakah Gelar Pendidikan Diperlukan Untuk Menjadi Wirausahawan?

Ada pertanyaan dari sebagian orang, apakah kita harus kuliah dulu untuk menjadi pengusaha? Apakah Gelar Pendidikan Diperlukan Untuk Menjadi Wirausahawan? Untuk mengetahui jawabannya mari kita simak tulisan selanjutnya

Menjadi pengusaha (entrepreneur) bisa dilakukan oleh siapa saja, bisa dilakukan oleh orang yang tidak lulus sekolah dasar maupun bisa dilakukan oleh mereka yang lulusan Doktor. Semua memiliki kesempatan untuk sukses, baik yang Drop Out dari kuliahnya seperti Mark Zueckerberg (Meta), Arash Ferdowsi (Dropbox), Matt Mullenwerg (WordPress), dll maupun yang lulusan Doktor seperti Morris Chang (Semiconductor TSMC), Sridhar Vembu (Zoho), dll

Kalau kita suka membaca profil dari pengusaha sukses banyak diantara mereka yang lulusan master kalau di Indonesia seperti Ferry Unadi (Traveloka), Nadiem Makarim (Gojek), Harry Tanosudibjo (MNC) dll dan diluar negeri seperti Sergey Brin dan Larry Page (keduanya pendiri Google), Elon Musk (Tesla) dan masih banyak lagi yang lainnya

Apakah Perlu Kuliah Untuk Menjadi Wirausahawan ?

Meskipun tidak wajib, akan sangat membantu bagi pengusaha untuk mengambil kelas baik kuliah maupun pelatihan untuk mendapatkan sertifikat. Program-program ini memberi Anda rencana terstruktur untuk mempelajari lebih lanjut tentang dunia bisnis, dan mereka dapat mempertemukan Anda dengan mentor yang berpengalaman dan memberi Anda pengalaman praktis yang nantinya dapat Anda terapkan di perusahaan Anda sendiri.

Tidak ada persyaratan pendidikan yang harus dipenuhi oleh pengusaha atau pemilik bisnis. Bertanggung jawab secara finansial dan hukum untuk bisnis tidak mengharuskan Anda lulus dari universitas mana pun. Pastikan bisnis Anda mematuhi persyaratan hukun dengan memenuhi unsur legalitasnya

Baca juga  Jiwa Kewirausahaan Inilah Cirinya

Gelar dan Program untuk Pengusaha dan Pemilik Bisnis

Banyak pengusaha yang melanjutkan pendidikannya hingga tingkat master. Anda sebagai pemilik bisnis atau pengusaha ketika ingin mengambil kuliah sarjana atau master sebaiknya mengambil jurusan yang diperlukan untuk pengembangan bisnis Anda

Anda bisa mengambil marketing atau manajemen, sambil kuliah juga menjalankan bisnis Anda. Ada beberapa Program populer untuk wirausahawan diantaranya adalah:

  • Bisnis
  • Keramahan (hospitality)
  • Pemasaran
  • Ekonomi
  • Keuangan
  • Akuntansi
  • Komunikasi
  • Sertifikasi untuk Pengusaha dan Pemilik Usaha Kecil

Tidak ada sertifikasi tunggal yang diperlukan untuk semua pengusaha atau pemilik bisnis. Namun, jika Anda ingin meningkatkan pengetahuan Anda dalam satu aspek bisnis Anda, mendapatkan sertifikasi dari perusahaan terkemuka dapat memberi Anda alat yang sangat berharga.

Sertifikasi TI di bidang tertentu, misalnya, dapat memberi Anda keterampilan baru yang dapat memperluas layanan yang ditawarkan bisnis Anda. Anda juga dapat memperoleh sertifikasi umum untuk pemilik usaha kecil, seperti sertifikasi Kewirausahaan dan Usaha Kecil.

Cara Lain untuk Belajar

Mempelajari bisnis membutuhkan waktu. Untuk belajar tidak harus di bangku kuliah universitas. Anda bisa belajar dari mana saja, baik melalui youtube maupun pelatihan secara online. Berikut ini yang bisa Anda lakukan untuk menambah pengetahuan dan pembelajaran:

  • Seminar dan webinar bisnis
  • Konferensi dan acara industri
  • Program pendampingan
  • Klub dan kelompok bisnis, seperti Kamar Dagang
  • Majalah, blog, jurnal, buku, dan whitepaper
  • Wawancara dengan profesional berpengalaman

Pemilik bisnis yang menganggap diri mereka “pembelajar seumur hidup” mungkin lebih cocok untuk berwirausaha daripada yang lain.

Keterampilan yang Dibutuhkan Menjadi Wirausahawan

Banyak profesional berpendapat bahwa pengalaman jauh lebih berharga daripada pendidikan. Dalam kepemilikan bisnis, ini memiliki banyak nilai. Tumbuh di restoran orang tua, Anda melihat mereka bekerja, melihat resep dibuat, dan memahami istilah bisnis kemungkinan besar akan mempersiapkan Anda jauh lebih banyak untuk memiliki restoran itu daripada kursus apa pun di community college.

Baca juga  7 Jenis Training Yang Dibutuhkan Untuk Pengembangan Diri Karyawan

Anda lebih mungkin untuk mengembangkan karakteristik pemilik bisnis ketika Anda benar-benar mengetahui semua yang diperlukan.

Melakukan pekerjaan yang diberikan bisnis Anda memberi Anda nuansa industri. Anda akan memahami tantangan unik dari ceruk itu. Itu adalah sesuatu yang tidak bisa diajarkan di perguruan tinggi.

Keterampilan yang paling mungkin membantu Anda sukses dalam bisnis meliputi:

  1. Keterampilan interpersonal, kemampuan untuk bekerja dengan baik dengan orang-orang dari semua latar belakang
  2. Komitmen dan dedikasi untuk melihat bisnis Anda berhasil
  3. Mata untuk detail dan kemampuan untuk melihat kapan hal-hal perlu diperbaiki atau diubah
  4. Keterampilan menulis, membaca, dan analitik yang sangat baik
  5. Kemampuan untuk memprioritaskan dan mengatur waktu
  6. Keuangan dasar, pembukuan, dan pajak bisnis
  7. Memahami pasar, penawaran, dan permintaan

Namun, pengalaman tidak diperlukan untuk memiliki bisnis. Banyak pengusaha belajar sambil bekerja atau mempekerjakan konsultan dan bakat luar untuk membantu mereka beralih ke kepemilikan atau bahkan menjalankan bisnis untuk mereka.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *