Apa Itu Sehat Finansial ? Berikut Yang Perlu Kalian Ketahui

Apa Itu Sehat Finansial? Berikut Yang Perlu Kalian Ketahui

Sehat finansial adalah keadaan di mana seseorang, bisnis, atau lembaga keuangan mengukur kesejahteraan mereka dengan kondisi aset dan kewajiban moneter, seperti utang dan tabungan.

Hal ini berarti bahwa pendapatan yang dimiliki paling tidak sama atau lebih besar dibanding pengeluaran.

Kesehatan finansial berkaitan dengan memahami metrik dan pengukuran yang digunakan untuk menilai kesehatan finansial

Ini dapat membantu dalam meningkatkan dan mempertahankan situasi keuangan secara keseluruhan. Kesehatan finansial dapat bermanfaat bagi kesehatan mental, emosional, dan bahkan fisik Kalian.

Sehat finansial dapat didefinisikan sebagai keadaan kesejahteraan keuangan seseorang, bisnis, atau lembaga.

Penting untuk dipahami bahwa kesehatan finansial tidak hanya didasarkan pada tidak adanya hal-hal seperti utang namun juga skor kredit, rasio utang terhadap pendapatan dan kekayaan bersih yang dimiliki

Penghasilan berkaitan dengan kesehatan finansial. Tidak perlu memiliki penghasilan tinggi, asalkan pengeluaran harus lebih kecil dari uang yang diperoleh.

Utang juga bisa menjadi vital. Rasio utang yang tinggi terhadap pendapatan juga menjadi tanda peringatan bahwa kesehatan finansial Kalian tidak terlalu bagus, sementara rasio yang rendah adalah pertanda kesehatan finansial yang baik.

Metrik yang Digunakan Untuk Mengukur Kesehatan Keuangan

1. Aset

Kepemilikan aset hanyalah salah satu metrik yang dapat digunakan untuk mengukur kesehatan keuangan. Aset adalah segala sesuatu yang memberikan kontribusi positif terhadap kekayaan bersih.

Aset dapat mencakup:

  • Uang di rekening tabungan darurat Kalian
  • Investasi seperti saham dan reksadana
  • Akun pensiun
  • Perlindungan asuransi

2. Rasio Utang Terhadap Pendapatan

Ada juga metrik yang mencakup kewajiban dalam menghitung kesejahteraan finansial. Yakni, rasio utang Kalian, yang mengukur berapa banyak utang yang Kalian miliki dibandingkan dengan penghasilan Kalian

Bisa juga dilihat sendiri, seperti saat Kalian mengajukan KPR. Skor kredit juga dapat digunakan sebagai metrik tersendiri, seperti saat Kalian mengajukan permohonan kartu kredit atau pinjaman pribadi. Kekayaan bersih adalah metrik lain yang mungkin ikut bermain.

Misalnya, jika Kalian berada dalam kesehatan keuangan yang baik, kemungkinan besar Kalian memiliki skor kredit yang lebih tinggi. Atau mungkin rasio utang Kalian berada pada atau di bawah 36% dari total pendapatan kalian

Kekayaan bersih Kalian mungkin juga positif, yang berarti total aset Kalian sama dengan nilai total kewajiban Kalian.

Bagaimana Agar Dapat Meningkatkan Kesehatan Finansial?

Terdapat dua cara yang bisa dilakukan dalam meningkatkan kesehatan finansial, yaitu:

1. Buat Anggaran

Langkah pertama dan terbaik dalam meningkatkan kesehatan keuangan Kalian adalah melacak pengeluaran dengan membuat anggaran.

Dengan mengetahui secara pasti berapa banyak uang yang Kalian keluarkan, Kalian dapat lebih akurat merencanakan untuk meningkatkan penghasilan Kalian atau mengurangi pengeluaran yang tidak perlu jika diperlukan.

Setelah anggaran dibuat, Kalian dapat menyisihkan uang untuk membangun dana darurat dan mengurangi atau melunasi utang yang ada.

Dengan lebih sedikit utang, Kalian mungkin memiliki lebih banyak pendapatan yang dapat dibelanjakan dan mungkin juga dapat membeli lebih banyak asuransi.

2. Tambahkan Nilai Aset

Setelah semua metrik tersebut mulai membaik, tambahkan nilai aset Kalian (seperti tabungan atau ekuitas rumah ) dan kurangi nilai kewajiban Kalian dari angka tersebut (seperti pinjaman ke bank dan utang hipotek/ cicilan KPR).

Hasilnya adalah kekayaan bersih Kalian. Kalian dapat mengambil langkah-langkah untuk meningkatkan kekayaan bersih Kalian, dan dengan demikian, metrik lainnya pasti akan meningkat.

Link terkait tentang kecerdasan finansial dan memahami aset: Memahami Kecerdasan Finansial dengan Mudah.

Response (1)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *