7 Tips Agar Rumah Sejuk dan Sirkulasi Udara Tetap Terjaga

7 Tips Agar Rumah Sejuk dan Sirkulasi Udara Tetap Terjaga
7 Tips Agar Rumah Sejuk dan Sirkulasi Udara Tetap Terjaga

Rumah adalah tempat tinggal yang sudah sepatutnya membuat betah dan nyaman penghuninya. Salah satu faktor yang membuat penghuni betah tinggal di dalam rumah adalah hawa yang sejuk karena sirkulasi udara yang baik. Oleh karenanya, perlu diperhatikan beberapa tips agar rumah sejuk dan tidak pengap.

Untuk mendapatkan hawa yang segar di dalam rumah, penempatan AC tak melulu menjadi satu satu-satunya solusi. Ada beberapa hal lain yang murah dan alami untuk diterapkan.

7 Tips Agar Rumah Sejuk dan Tidak Pengap

Apa saja sebenarnya hal-hal yang bisa dilakukan untuk menjaga sirkulasi udara dalam rumah tetap lancar? Jawaban dari pertanyaan ini pastinya lebih dari satu. Sirkulasi udara yang baik merupakan satu pertimbangan saat hendak membangun sebuah rumah tinggal.

Untuk itu, ada beberapa tips yang perlu dipenuhi agar rumah terasa sejuk dan tidak pengap:

1. Tips agar rumah sejuk pertama yaitu: Tinggikan Plafon atau Langit-Langit Rumah

Karena udara panas biasanya mengumpul di tempat yang lebih tinggi, maka alangkah baiknya bila plafon atau langit-langit rumah ditinggikan. Ini akan membuat udara panas tidak terjebak di dalam ruangan dalam rumah.

Atap pendek tidak disarankan untuk dibangun karena hal inilah yang menjadi penyebab mengapa hawa terasa panas saat berada di dalamnya.

Baca juga  Trik Menyimpan Makanan Di Kulkas Agar Lebih Awet

2. Pilih Jendela Berdesain Lebar

Pemilihan ukuran jendela yang hendak dipasang hendaknya jangan terlalu kecil. Daun jendela yang lebar akan membuat udara yang masuk lebih banyak, begitu pula sebaliknya. Jangan lupa untuk membuka jendela secara rutin untuk memberi kesempatan udara berganti.

3. Tempatkan Tanaman di Dalam Rumah

Menempatkan beberapa pot tanaman di dalam rumah juga bisa dicoba. Tanaman hijau sebagai penghasil oksigen di kala siang bisa dimanfaatkan untuk menyegarkan udara dalam rumah. Tempatkan juga jenis tanaman yang bisa menyerap racun seperti lidah mertua di beberapa sudut ruangan.

4. Buat Lubang Ventilasi yang Cukup dengan Posisi Tepat

Lubang ventilasi dengan posisi silang adalah salah satu siasat untuk memungkinkan sirkulasi udara yang lancar. Atur supaya lubang ventilasi yang dibuat tidak sejajar atau berhadapan, karena ini hanya akan membuat udara yang masuk keluar lebih cepat.

5. Tips agar rumah sejuk: Buat Kolam dalam Rumah

Pembuatan kolam ikan di dalam rumah juga bisa membantu mendinginkan hawa yang ada di dalam rumah. Air yang menguap dari kolam akan mampu menurunkan suhu yang panas, apalagi kala musim panas tiba. Coba tempatkan kolam di sudut ruangan atau di teras sekitar rumah.

Selain berfungsi sebagai penurun suhu, ini juga bisa menjadi sarana penghilang stres apalagi kalau dibuat dengan desain yang apik.

6. Hindari Cat Dinding yang Gelap

Benar adanya kalau warna gelap itu mampu menyerap panas. Pun sebaliknya, warna yang cerah mampu memantulkan panas yang diterimanya.

Agar rumah tidak semakin panas dari cahaya matahari mengenai dinding, usahakan untuk tidak mengaplikasikan warna gelap pada dinding.

Coba pilih warna-warna cerah seperti putih, krem cerah, atau kuning pucat untuk mendapatkan suhu yang stabil.

Baca juga  Cara Menghemat Energi Listrik dalam Kehidupan Sehari-Hari

7. Hindari Atap Seng atau Asbes

Karena sifat seng atau asbes yang mampu menjebak hawa panas, maka rumah beratap seng atau asbes bisa dipastikan pasti terasa panas dan pengap.

Untuk menghindari hal ini, selama budget masih memungkinkan, cobalah untuk menggunakan atap selain asbes atau seng.

Beberapa tips agar rumah sejuk yang dijelaskan di atas terbukti cukup efektif untuk menghadirkan suatu hunian tempat tinggal yang sejuk dan segar.

Maka, sebelum membangun rumah sebaiknya pertimbangkan beberapa hal ini ini agar rumah idaman nan sejuk bisa dimiliki.

Info lain: Ide Kreatif Membuat Taman Minimalis di Rumah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *