7 Cara Menghilangkan Komedo dengan Cepat

7 Cara Menghilangkan Komedo dengan Cepat
7 Cara Menghilangkan Komedo dengan Cepat

Komedo menjadi salah satu pengganggu dalam penampilan Anda. Gumpalan sebum yang muncul ke permukaan ini, kadang bisa muncul dimana saja. Tentu, Anda akan mencari cara menghilangkan komedo agar tidak mengganggu penampilan.

Sebelum membahas cara alami menghilangkan komedo, akan lebih baik jika Anda mengetahui bagaimana proses munculnya komedo ke permukaan. Semua ini bertujuan agar Anda lebih mudah dalam melakukan penanganan komedo yang Anda alami.

Munculnya Komedo

Komedo merupakan salah satu jenis jerawat yang sering muncul dibagian hidung. Biasanya komedo akan tampak seperti bintil kecil berwarna putih ataupun hitam yang terkadang sulit untuk dihilangkan. Komedo akan muncul saat folikel atau pori-pori terisi sebum, sel kulit mati, kotoran dan juga bakteri.

Ketika kumpulan kotoran tersebut teroksidasi, maka akan muncul warna bintil hitam di permukaan hidung.

Komedo lebih sering muncul dihidung, karena hidung merupakan bagian wajah yang lebih banyak mengandung kelenjar minyak dibandingkan bagian tubuh lainnya.

Lantas, bagaimana cara menghilangkan komedo tersebut? Berikut beberapa tips yang bisa Anda gunakan untuk menghilangkan komedo:

1. Rutin Melakukan Cuci Muka

Rutinitas mencuci muka yang dilakukan secara kontinu, ternyata mampu membantu Anda dalam mengurangi produksi komedo yang berlebih.

Apalagi bagi Anda yang memiliki produksi minyak yang berlebih pada bagian hidung. Pastinya, akan membuat hidung Anda lebih mudah muncul komedo.

Untuk mencegah hal tersebut, cara hilangkan komedo di hidung yang dapat Anda lakukan adalah dengan cuci muka 2x sehari. Lakukan saat sebelum dan setelah tidur.

Baca juga  10 Manfaat Pasta Gigi Yang Jarang Diketahui

2. Menggunakan Plester Khusus Komedo

Letaknya yang berada didalam pori, membuat komedo lebih sulit untuk dikeluarkan, sehingga Anda perlu menggunakan plester sebagai cara hilangkan komedo di hidung. Plester ini akan membantu Anda dalam mengangkat sel-sel kulit mati.

Namun, tidak bisa membantu mencegah munculnya komedo kembali. Untuk penggunaanya cukup mudah. Tempelkan plester pada bagian yang berkomedo, maka secara otomatis komedo tersebut akan terangkat dengan sendirinya.

3. Eksfoliasi

Cara menghilangkan komedo yang paling efektif untuk dilakukan adalah dengan cara eksfoliasi. Cara ini, dilakukan dengan metode pengelupasan pada kulit mati.

Meskipun cara ini dianggap efektif dalam menghilangkan komedo, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan.

Salah satunya adalah penggunaan scrub secara sembarangan. Cara ini, justru akan menimbulkan luka pada bagian wajah Anda.

Bahkan bisa menyebabkan peradangan pada kulit Anda. Untuk cara yang lebih aman, gunakanlah produk perawatan Alpha Hydroxy Acid dan Beta Hydroxy Acid.

4. Menggunakan Masker Tanah Liat

Menggunakan masker tanah liat, merupakan cara alami menghilangkan komedo. Masker tanah liat yang dimaksudkan disini adalah clay masker.

Tanah liat dipercaya dapat menurunkan produksi minyak yang berlebih pada kulit wajah. Selain itu, juga bisa menghilangkan kotoran yang muncul di permukaan wajah.

Cara menghilangkan komedo ini, dianggap lebih efektif dibandingkan dengan menggunakan plester komedo.

5. Memakai Masker Arang

Berbagai macam produk kecantikan saat ini telah memberikan banyak pilihan bagi pemakainya. Salah satunya adalah pilihan produk menghilangkan komedo. Selain clay mask, dikenal juga produk charcoal mask (masker arang) yang bisa Anda gunakan untuk hilangkan komedo.

6. Menggunakan Krim Retinol

Krim retinol dibuat dengan diperkaya vitamin A. Krim ini berfungsi dalam membantu proses regenerasi kulit dan juga mencegah munculnya kerutan. Fungsi regenerasi tersebut, dapat digunakan untuk mengangkat sel-sel mati pada hidung yang berkomedo.

Baca juga  Mencoba Membuat Croffle, Makanan Viral Anak Muda

7. Gunakan Krim Asam Salisilat

Sifatnya yang asam, membuat krim ini mampu melarutkan kotoran ataupun komedo yang menyumbat pada pori-pori wajah.

Gunakan pada bagian wajah yang terdapat komedonya saja. Karena penggunaan yang banyak, dikhawatirkan dapat menimbulkan iritasi pada kulit.

Jika Anda telah melakukan berbagai cara menghilangkan komedo, namun masih saja komedo Anda membandel. Segeralah berkonsultasi ke dokter agar diberikan perawatan.

Info lain : Jangan Salah, Seperti Ini Urutan Pemakaian Skincare yang Tepat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *