Cara Melacak Nomor WA Penipu Mudah dan Benar 2023

Cara Melacak Nomor WA Penipu Mudah dan Benar 2023
Cara Melacak Nomor WA Penipu Mudah dan Benar 2023

Cara melacak nomor WA atau HP caranya sangat mudah supaya tidak terkena penipu yang meminta uang kepada Anda. Penipu kadang mengaku sebagai pihak bank, pajak, teman dan lain dalam modus penipuannya.

Penipu menggunakan nomor WA sebagai jalan untuk melakukan penipuan dengan menemukan identitas pemilik nomor. Hal ini karena aplikasi Whatsapp memang mudah sekali digunakan untuk penipuan.

Penipu tinggal memasang foto sebuah perusahaan, instansi, teman kemudian mengaku minta bantuan jika mengaku sebagai teman. Sedangkan jika mengaku sebagai instansi biasanya akan meminta tagihan atau pembayaran.

Tetapi Anda tidak perlu khawatir karena artikel ini akan dikupas tuntas cara melacak nomor WA penipu dengan benar dan mudah.

Cara Melacak Nomor WA Penipu

Apabila Anda menemukan pesan yang berhubungan dengan uang dari nomor yang tidak dikenal lakukan cara berikut untuk melacak nomor HP tersebut.

Anda bisa memilih cara mana yang akan dicoba untuk melacak nomor dari seseorang yang tidak dikenal.

Perlu Anda ingat bahwa cara di bawah ini tidak bisa digunakan untuk melacak lokasi seseorang tanpa diketahui. Karena cara ini hanya bisa dilakukan untuk mengetahui nama pengguna nomor WA.

1. Melacak nomor WA dengan Fitur Bawaan

Cara Pertama untuk melacak nomor HP adalah memanfaatkan fitur bawaan yang tersedia di aplikasi Whatsapp.

Saat ada pesan masuk ke nomor WA Anda tanpa ada nama atau identitas seperti gambar dan nama profil WA yang Anda kenal, maka itu adalah tanda yang mencurigakan.

Baca juga  Cara Mendapatkan Kuota Gratis Telkomsel, Termudah!

Dan segeralah untuk memeriksanya, jika foto profil yang digunakan Anda kenal tetapi nomor WA yang dipakai baru sebaiknya tanyakan langsung kepada teman yang memiliki foto profil sama untuk mengkonfirmasi kebenaran nomor tersebut.

Selain itu, Anda bisa langsung cek di penyimpanan kontak untuk mengtahui nomor tersebut nomor yang Anda kenal atau tidak. Ataukah dari nomor orang yang salah sambung.

Berikut adalah cara melacak nomor WA dengan menggunakan fitur bawaan dari aplikasi WhatsApp:

  • Pertama, buka aplikasi WhatsApp dan cari nomor WA yang mencurigakan.
  • Kemudian simpan nomor tersebut di HP dengan tap menu Tambah Kontak.
  • Lalu buka aplikasi WhatsApp lagi dan cari nama kontak yang sudah disave tersebut.
  • Setelah itu, klik Profile yang ada di bagian paling atas. Dengan begitu, secara otomatis akan muncul identitas asli nomor WA yang mencurigakan tersebut.

2. Melacak Nomor WA Penipu dengan Aplikasi GetContact

Cara selanjutnya yang bisa digunakan untuk melacak identitas nomor WA asing atau tidak dikenal adalah dengan menggunakan aplikasi add-on bernama GetContact.

Aplikasi GetContact itu sendiri dapat membantu mengingatkan Anda akan panggilan tak terduga ke nomor Anda. Hal ini tentu sangat membantu bagi orang yang sering menerima telepon atau pesan dari nomor tak dikenal.

Langkah pertama yang perlu dilakukan agar bisa melacak nomor WA dengan GetContact adalah mengunduh aplikasinya dan membuat akun untuk bisa login dan mengakses fitur-fitur di dalamnya.

Setelah itu, tambahkan dan masukkan nomor-nomor yang sering menelepon Anda agar sistem GetContact dapat mendeteksi identitas nomor-nomor tersebut.

Jangan lupa untuk mengupdate daftar nomor secara berkala agar aplikasi tetap efektif memperingatkan Anda ketika ada tanda-tanda penipuan nomor.

Ikutit cara berikut lebih untuk melacaki nomor WA yang mencurigakan dengan menggunakan aplikasi GetContact:

  • Pertama, download Getcontact dan buatlah akun supaya bisa login.
  • Apabila telah login, kklik menu Cari > Feed Harian > Tampilkan Semuanya.
  • Lalu, cari atau salin nomor WA asing yang sudah kamu save sebelumnya. Informasi seputar identitas dari nomor WA asing tersebut akan muncul otomatis.
Baca juga  5 Tips Menyiasati Rumah Sempit agar Terkesan Luas

3. Melacak Nomor WA Pakai Aplikasi HLR Lookup

Supaya bisa melacak identitas nomor WA penipu selanjutny aadalah dengan menggunakan aplikasi pelacak nomor seperti Getcontact yaitu HRL Lookup.

Dengan aplikasi ini, Anda tidak hanya akan menemukan nama kontak pemilik nomor melainkan juga kota dari pemilik nomor. Apalagi penggunaan memeriksa nomor mudah dipahami.

Cara pemakaian aplikasi HLR Lookup seperti aplikasi Getcontact, Anda hanya perlu menyalin nomor yang mengirim pesan dan tinggal menempelnya di HRL Lookup.

Alur penggunaan aplikasi HRL Lookup lengkapnya seperti dibawah ini, yaitu:

  • Pertama, download lebih aplikasi HLR Lookup dan login ke dalam aplikasinya.
  • Lalu ketik nomor WA yang ingin kamu lacak di kolom Input Your Phone Number > Kemudian tekan tombol Go.
  • Setelah itu, tunggu beberapa saat. Jika nomor yang kamu lacak tersebut terdaftar di database HLR maka akan muncul beberapa informasi seperti, kode area, provider, negara, wilaya, hingga kota tempat tinggal.

Dengan mengikuti 3 tips melacak nomor WA di atas Anda akan mengetahui identitas pengirim pesan dari orang yang tidak dikenal atau penipu yang sedang menjalankan misi.

Cara melacak nomor WA penipu diatas mudah digunakan dan benar dalam pemeriksaannya meski sebenarnya masih banyak cara lain tetapi cara di atas sudah cukup membantu Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *