Saham  

Cara Dapat Uang Dari Saham

Cara Dapat Uang Dari Saham
Cara Dapat Uang Dari Saham (Photo by Tima Miroshnichenko on pexels)

Cara Dapat Uang Dari Saham– Salah satu cara untuk membangun kekayaan adalah berinvestasi. Ada beberapa instrumen yang bisa dijadikan pilihan untuk berinvestasi diantaranya adalah saham.

Kali ini yang menjadi topik adalah bagaimana cara dapat uang dari saham, mari kita selami lebih lanjut dalam tulisan di laman ini

Banyak orang kaya di dunia yang masuk dalam daftar forbes sumber kekayaannya berasal dari saham. Untuk berinvestasi saham membutuhkan pemahaman yang baik terutama memahami bagaimana cara kerja saham dan pasar modal

Cara dapat uang dari saham tidak berarti Anda sering melakukan trading atau duduk seharian di depan layar monitor mengamati pergerakan harga di market dan terobsesi dengan harga saham.

Untuk mendapatkan uang dari saham sebenarnya bukan dari jual beli harian (trading aktif) tetapi dari tiga hal, yaitu:

  • Memiliki dan memegang sekuritas
  • Menerima bunga dan dividen
  • Manfaat dari peningkatan nilai jangka panjang saham

A. Cara Menghasilkan Uang di Pasar Saham

Cara terbaik untuk menghasilkan uang di pasar saham bukanlah dengan sering membeli dan menjual, tetapi dengan strategi yang disebut “beli dan tahan”.

Strategi ini dipopulerkan oleh bapak value investing, Benjamin Graham, dan digunakan oleh investor terkenal dan sukses seperti Warren Buffett.

Sebagai seorang investor, Anda harus fokus pada total return dan membuat keputusan untuk berinvestasi dalam jangka panjang. Ini berarti bahwa Anda memperhatikan berikut ini:

  1. Pilih perusahaan yang dikelola dengan manajemen baik dan keuangan yang kuat
  2. Ketikan Anda membeli saham seperti pada poin 1 maka tahan (hold) minimal selama lima tahun.
Baca juga  Cara Berinvestasi Saham: Panduan Bagi Pemula

Jika Anda memilih perusahaan yang kuat dan dikelola dengan baik, seiring waktu nilai saham Anda akan meningkat.

B. Buy and Hold

Investor terkenal seperti Warren Buffett dan Charlie Munger memegang saham yang mereka beli selama beberapa dekade untuk menghasilkan return yang besar dari hasil investasinya.

Untuk menghasilkan uang dari saham kita bia mengikuti jejak mereka dengan menyisihkan uang secara rutin dari pendapatan dan menginvestasikannya dalam jangka panjang untuk mengumpulkan kekayaan yang luar biasa.

Pasar saham bersifat fluktuatif dengan volatilitas yang tinggi, Anda tidak bisa terus-menerus dapat mengalahkan market. Anda bisa mengalahkannya dengan memilih saham berharga dan menyimpannya selama bertahun-tahun

Selama Anda menyimpan saham dalam waktu lama akan mendapatkan pendapatan dari dividen secara tunai yang dikirim ke rekening dana investor Anda.

Dari dividen tunai tersebut Anda bisa gunakan untuk membeli saham lagi sehingga saham yang Anda miliki lebih banyak atau Anda bisa menggunakannya untuk keperluan lain  

Anda juga dapat mendapatkan keuntungan dari selisih harga saham yang Anda jual. Dari penjualan saham tersebut Anda bisa gunakan untuk membangun bisnis lagi

Misalnya membangun pabrik atau toko, mempekerjakan banyak karyawan sehingga bisnis Anda menggurita dan saham Anda terus tumbuh

Tapi pastikan bahwa saham yang Anda miliki adalah saham berharga, untuk memastikannya Anda bisa melihat penempatan aset perusahaan dan memahami bagaimana mengelola uangnya.

C. Membangun Kekayaan dengan Berinvestasi di Saham

Anda dapat memahami bahwa saham dapat meningkatkan kekayaan And, ini karena Anda akan mendapatkan keuntungan dari saham melalui berikut ini:

1. Kenaikan harga saham

Dalam jangka panjang, ini adalah hasil dari penilaian pasar atas keuntungan yang meningkat karena ekspansi bisnis atau pembelian kembali saham.

Baca juga  5 Trader Saham Sukses Dunia Ada Yang Dari Indonesia Loh

2. Dividen

Ketika penghasilan dibayarkan kepada Anda dalam bentuk dividen, Anda menerima uang tunai melalui cek, setoran langsung ke rekening perantara, rekening giro, atau rekening tabungan Anda, atau dalam bentuk saham tambahan yang diinvestasikan kembali atas nama Anda.

Kadang-kadang, selama gelembung pasar, Anda mungkin memiliki kesempatan untuk mendapat untung dengan menjual saham Anda lebih dari nilai perusahaan.

Dan jika Anda membutuhkan uang tunai untuk keadaan darurat yang tidak terduga, memiliki persediaan untuk dijual dapat memberikan bantalan keuangan yang berharga.

Namun, dalam jangka panjang, pengembalian Anda bergantung pada laba dasar yang dihasilkan oleh operasi bisnis tempat Anda berinvestasi.

Memilih saham Anda dengan bijak dan mempertahankannya untuk jangka panjang adalah cara paling andal untuk menghasilkan kekayaan.

D. Bagaimana cara mulai membeli saham?

Anda dapat membeli saham melalui pialang saham (Broker atau sekuritas) yang memiliki layanan lengkap seperti layanan online untuk memudahkan Anda memantau portofolio investasi Anda.

Pertama yang perlu Anda lakukan adalah membuka akun pada sekuritas, kemudian Anda akan mendapatkan Rekening Dana Investor untuk menyimpan dana investasi Anda. Setelah itu, Anda mulai berinvestasi dengan memilih dan membeli saham terbaik.

E. Berapa dana yang dibutuhkan untuk membeli saham?

Pada saat Anda membuka akun pada sekuritas disitu terdapat minimal uang setoran, jumlahnya berbeda-beda tergantung pada sekuritasnya. Ada yang minimal deposit 3 juta, ada juga yang minimal 1 juta bahkan ada juga yang minimal 100 ribu

Uang deposit tersebut bisa Anda gunakan untuk membeli saham. Sedangkan harga saham berbeda-beda pada masing-masing perusahaan (emiten), ada harga saham Rp. 50/lembar, ada juga yang Rp. 200/lembar, ada yang Rp. 5 rb /lembar bahkan ada pula yang diatas Rp.30 rb/lembar

Baca juga  Bagaimana Menjadi Kaya Dari Saham

Emiten yang memiliki kapitalisasi besar dengan brand yang kuat harga sahamnya biasanya lebih tinggi. Misalnya harga sahamnya Rp. 4500/lembar maka Anda minimal butuh uang Rp. 450 rb untuk membeli 1 lot saham. Satuan saham disebut Lot yang terdiri dari 100 lembar saham

Sebelum membeli saham sebaiknya Anda pelajari analisis saham terlebih dahulu. harga saham yang harganya Rp. 50 belum tentu lebih baik daripada saham yang harganya Rp. 30 rb. Pastikan untuk melakukan riset sebelum membeli.    

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *