9 Platform Belajar Coding Otodidak

belajar coding otodidak
belajar coding otodidak

Belajar coding semakin banyak diminati generasi muda mengingat perkembangan teknologi dan kebutuhan akan tenaga IT yang terus meningkat menjadi pemicu generasi muda tertarik mempelajarinya. Kali ini kami share 9 platform belajar coding otodidak untuk belajar secara mandiri

Di bawah ini beberapa platform belajar coding yang bisa dilakukan secara otodidak atau kursus.

Platfrom Belajar Coding Otodidak

Belajar ilmu coding secara kursus atau otodidak bisa Anda lakukan dengan melalui dua platform, yaitu:

  1. Platfrom Youtube
  2. Platform Website

Platform Youtube Belajar Coding

Berikut adalah daftar platform Youtube untuk belajar coding, diantaranya:

a. Web Programming UNPAS

Web programming UNPAS (Universitas Pasundan) adalah channel youtube yang menawarkan kursus pemrograman web, termasuk HTML, CSS, JavaScript, dan PHP. Kursus-kursus ini disusun oleh Sandhika Galih, seorang pengajar dan pengembang perangkat lunak profesional dengan pengalaman lebih dari 10 tahun di industri IT.

Materi di Web programming UNPAS mencakup materi dasar hingga tingkat lanjutan, dengan penjelasan yang mudah dipahami serta proyek nyata untuk dikerjakan sebagai praktek. Web programming UNPAS juga memiliki komunitas yang aktif dan forum diskusi untuk peserta kursus.

b. Sekolah Koding

Sekolah Koding adalah platform belajar pemrograman online yang menawarkan kursus pemrograman web dan mobile, termasuk HTML, CSS, JavaScript, Python, dan Flutter.

Channel ini menyediakan kurikulum pemrograman yang lengkap, mulai dari dasar hingga tingkat lanjutan, serta mempersiapkan peserta untuk karir di industri teknologi. Selain itu, Sekolah Koding memiliki mentor dan komunitas yang aktif untuk membantu peserta memperdalam pemrograman.

Baca juga  Bagaimana jika lupa email dan Password yang didaftarkan Kartu prakerja?

c. Kawan Koding

Kawan Koding adalah platform belajar pemrograman online yang menawarkan kursus pemrograman web, termasuk HTML, CSS, JavaScript, dan PHP. Channel belajar coding ini menawarkan kurikulum yang disusun dengan materi yang mudah dipahami dan praktis.

Selain itu, Kawan Koding memiliki sistem pengajaran yang adaptif dan mentor yang siap membantu peserta dalam belajar. Kawan Koding juga menyediakan sertifikasi untuk peserta yang telah menyelesaikan kursus.

d. Kelas Terbuka

Kelas Terbuka adalah platform belajar online yang menyediakan berbagai materi pelajaran dari berbagai tingkat pendidikan dan disiplin ilmu, termasuk pemrograman. Materi-materi tersebut disusun oleh para ahli dan disajikan dalam bentuk video tutorial.

Seluruh materi di platform ini dapat diakses secara gratis oleh siapa saja, kapan saja, dan di mana saja. Kelas Terbuka juga memiliki forum diskusi untuk peserta kursus.

Platform Website Belajar Coding

Berikut adalah daftar platform website untuk belajar coding, diantaranya:

a. Codeacademy

Codeacademy adalah platform belajar pemrograman online yang menawarkan kursus interaktif dan mudah dipahami.

Dengan fokus pada bahasa pemrograman seperti Python, JavaScript, HTML, dan CSS, Codeacademy membantu pemula memulai perjalanan mereka dalam dunia pemrograman.

b. Udacity

Yang kedua adaUdacity, yaitu platform pembelajaran online yang menawarkan kursus terstruktur dalam berbagai bidang teknologi, termasuk pemrograman, data science, AI, dan pengembangan web. Kursus ini disusun oleh para ahli industri dan universitas terkemuka. Selain itu,

Udacity menawarkan program nanodegree yang mengajarkan keterampilan teknologi terbaru untuk mempersiapkan peserta untuk karir di industri teknologi.

c. FreeCodeCamp

FreeCodeCamp adalah platform belajar pemrograman online dan komunitas yang didedikasikan untuk memperluas akses ke pendidikan pemrograman gratis. Platform belajar coding ini menawarkan kurikulum pemrograman lengkap, termasuk HTML, CSS, JavaScript, Python, dan Node.js, serta mempersiapkan peserta untuk karir di industri teknologi.

Baca juga  Cara Memperbaiki Aki Kering Yang Soak, Ini Dia Tips Agar Aki Bisa Tahan Lama

 Selain itu, FreeCodeCamp memiliki komunitas aktif di seluruh dunia yang membantu peserta memperluas jaringan dan mendapatkan dukungan untuk mencapai tujuan mereka.

d. Coursera

Coursera adalah platform belajar online yang menawarkan kursus dari universitas dan institusi akademik terkemuka di seluruh dunia. Platform web kursus coding ini menawarkan berbagai kursus dalam berbagai disiplin ilmu, termasuk pemrograman. Kursus-kursus ini disusun oleh para ahli dan guru terkemuka di bidangnya, dan dapat diakses oleh siapa saja dari seluruh dunia.

Selain itu, Coursera juga menyediakan program sertifikasi yang dapat membantu peserta mempersiapkan diri untuk jenjang karir di industri teknologi.

e. edX

edX adalah platform belajar online terbuka yang menawarkan kursus dari universitas dan institusi akademik terkemuka di seluruh dunia. edX menawarkan berbagai kursus dalam berbagai disiplin ilmu, termasuk pemrograman. Kursus-kursus ini disusun oleh para ahli dan guru terkemuka di bidangnya, dan dapat diakses oleh siapa saja dari seluruh dunia.

Selain itu, edX juga menawarkan program sertifikasi yang dapat membantu peserta mempersiapkan diri untuk karir di industri teknologi.

Hal yang perlu dicamkan dalam memilih platform belajar coding otodidak adalah mempertimbangkan tujuan dan minatmu, serta metode belajar yang paling cocok untukmu.

Selain itu, pastikan platform yang kamu pilih memiliki dukungan komunitas yang kuat, seperti forum diskusi atau grup media sosial, sehingga kamu dapat bertanya dan berinteraksi dengan orang lain yang sedang belajar pemrograman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *