Youtube API Key untuk WordPress dan Cara Membuatnya

cara mendapatkan kode youtube api key
Youtube API Key untuk Wordpress dan Cara Membuatnya

Mikaylabinar.com Pada saat anda ingin menampilkan video youtube di wordpress, Pernahkah anda menjumpai kotak form untuk mengisi youtube API Key di blog anda?

Jangan panik karena kita bisa mendapatkan API Key dari google console. Sebelum membahas bagaimana teknisnya untuk mendapatkan API Key tersebut, alangkah baiknya kita mengenal tentang API Key

Apa itu API Key ?

API merupakan singkatan dari Application Programming Interface yang bertujuan untuk menyambungkan kode antar developer atau antar platform satu dengan lainnya dengan fitur dan hak akses dari google.

Sedangkan key merupakan kode dari google sebagai penanda dari pengguna yang dibuat dengan cara inkripsi kode. API Key ini lebih mudah menyatukan antar platform ke Android, Apple, Windows, Web Browser dll

Sebagai contoh, anda ingin menampilkan chanel video youtube anda pada wordpress atau blog yang anda kelola maka API Key ini sebagai penyambungnya agar youtube dan blog anda terintegrasi sehingga channel youtube atau video youtube anda muncul secara otomatis di situs/blog yang anda kelola dan berganti secara dinamis sesuai dengan video terbaru tanpa harus manual memasukkan video satu persatu

Cara Mendapatkan Youtube API Key

API Key ini memudahkan penggabungan beberapa platform. Lalu, bagaimana cara mendapatkan youtube API Key? Anda masuk ke halaman ini:

cara mendapatkan kode youtube api key
  1. https://console.cloud.google.com/apis/library ,
  2. kemudian pada menu Youtube pilih Youtube Data API V3,  
  3. tekan Tombol Enable
  4. Create Project
  5. Isi nama proyek dan lengkapi lainnya
  6. Lalu buat Create Credentials
  7. Add Credentials to Your Project (misalkan untuk youtube, web server, public data)
  8. Get Your Credentials, untuk mendapatkan kode credentials
  9. Kemudian copy dan paste kode credentials tersebut ke API Key
Baca juga  Wordpress Subscriber Contributor Author Editor Administrator

Mungkin, langkah-langkah diatas ada yang kelewatan karena saya tidak merekamnya secara detail tetapi secara garis besarnya seperti itu, anda tinggal lengkapi pilihan-pilihan dalam beberapa langkah tersebut.

Setelah mendapatkan API Key maka anda tinggal menampilkannya di halaman situs anda, jika anda menggunakan wordpress maka bisa memanfaatkan plugin yang tersedia, terdapat banyak pilihan plugin tinggal anda sesuaikan dengan kebutuhan situs anda atau jika anda sebagai developer tinggal menyesuaikan dengan layout situs anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *