Trading dengan Apa yang Dilihat Bukan Yang Dipikirkan, Simak Analisis Trading Emas Hari Ini

  • Share
Analisis Trading Emas Hari Ini
Emas batangan (Photo by Michael Steinberg from Pexels)

Salah satu instrumen paling populer dalam trading adalah XAUUSD. Meliputi troyounce yaitu XAU (emas) dan USD (dolar AS). Perlu Anda ketahui juga bahwa, trading emas hari ini, trading pasangan XAUUSD paling banyak yaitu dengan 100 troyounces.

Emas dan logam mulia lainnya dianggap sebagai penarik perhatian yang kuat bagi para investor di masa penurunan stabilitas politik dan juga ekonomi atau bisa disebut safehaven.

XAUUSD memiliki likuiditas yang sangat  populer dan sangat tinggi. Peningkatan signifikan dalam volatilitas XAUUSD ini dipengaruhi berbagai faktor fundamental seperti kebijakan moneter di AS, Jepang, Inggris, Eropazone, pernyataan resmi Gubernur Bank Sentral, publikasi dari pertemuan Bank Sentral, data GDP, hingga inflasi negara yang bersangkutan.

Penguatan XAUUSD juga dipengaruhi oleh pertumbuhan data makroekonomi Amerika Serikat. Volume trading XAUUSD meningkat pada awal periode sesi Asia, Eropa, dan Amerika.

Secara konvensional emas tidak hanya dianggap sebagai logam mulia semata, melainkan juga aset yang sangat menguntungkan di pasar trading.

Mengingat permintaan pasar terhadap emas sangat tinggi, investasi XAUUSD menjadi salah satu trading yang paling populer.

Analisis Trading

Dalam beberapa hari terakhir startup top 100, komoditas emas berada dalam pola yang menarik. Emas masih bergerak di area resistance. Hal ini dimungkinkan karena pasar tengah menunggu dasar sentimen baru untuk safehaven yang satu ini.

Trading emas hari ini bergerak rentang dan tidak membentuk level baru. Hal ini mengindikasikan bahwa pasar masih menunggu kejelasan sinyal tren yang berkembang.

Fokuskan analisis terhadap reaksi harga pada level-level yang dipetakan agar memudahkan proses konfirmasi namun tetap waspada akan sentimen baru perihal dolar AS dan Selera Risiko. Indikator Tipe Volume bisa membantu melihat besaran minat akan harga dalam peluang pembentukan arah.

Level R1 dan Level S1 akan membantu besar minat trader akan komoditas XAUUSD. Adanya breakout pada salah satu level dapat menjadi indikasi pembentukan arah harga yang bagus.

Pastikan, hari ini Anda tetap waspada akan terjadinya pola konsolidasi maupun falsebreakout antara Level R1 dan Level S1.

Cukup Trading dengan Apa yang Dilihat Bukan Apa yang Kita Pikirkan

Melihat dari peluang entry yang ada, pergerakan harga yang ada secara teknikal tidak membutuhkan kita untuk berasumsi sendiri.

Oleh karena itu, entry terbaik adalah melihat pergerakan ClosePrice saat Candle 1 hour. Apabila saat closecandle 1 hour menembus level R1 maka bersiaplah untuk menjadi entry BUY terbaik. Namun, jika harga closecandle menembus S1, bersiaplah mencari posisi entrySELL terbaik pilihan.

Sedangkan apabila trading emas hari ini, harga closecandle tidak menembus level R1 maka pilihlah entry SELL.

Lalu, sebaliknya apabila harga closecandle tidak menembus S1 maka pilihan terbaik adalah entryBUY. Selalu gunakan Risk Reward minimal 1:1 atau bisa juga 1:2 dan juga trailing stop loss jika diperlukan.

Disclaimer: Artikel ini dibuat beberapa minggu sebelum di publish. Jadi, apabila dalam analisis trading emas hari ini tidak sesuai dengan realtimenya dikarenakan informasi yang disajikan bersifat tertunda.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *