Belanja Online dengan Kartu Kredit

Tips Belanja Online dengan Kartu Kredit agar Aman dan Tetap Hemat
Tips Belanja Online dengan Kartu Kredit agar Aman dan Tetap Hemat

Belanja online dengan kartu kredit– Kartu kredit seringkali ditawarkan oleh beberapa penerbitnya. Sedangkan bagi pemilik rekening bank biasanya akan otomatis diberikan kartu debit. Terdapat beberapa kelebihan kartu debit juga sebagaimana kartukredit. Seperti kartu debit BRI untuk Paypal, misalnya.

Beda Kartu kredit dengan Kartu debit

Sama-sama dikenakan biaya administrasi, yang besarannya bisa berbeda-beda tergantung batasan limit penarikan per harinya.

Maka sumber pendanaan kartu kredit dengan kartu debit itu berbeda. Jika kartu debit dananya berasal dari rekening tabungan sendiri.

Maka kartu kredit atau credit card itu dananya berasal dari pinjaman atau kredit dari bank. Sehingga penggunaan kartu debit akan mengurangi saldo tabungan.

Sedangkan penggunaan creditcard tidak tapi harus dibayar atau dilunasi karena itu berupa pinjaman, dan bunga pinjamannya sangat besar.

Tips Belanja Online dengan Kartu Kredit

Berbelanja secara online kini juga bisa dibayar dengan kartu kredit. Namun perlu dijaga agar transaksinya aman dan juga bisa tetap hemat. Caranya adalah dengan segera melunasi tagihan kartu kreditnya begitu sudah jatuh tempo tanggal penagihannya.

Lunasi seluruhnya, karena bunga kartu kredit itu sangat besar. Jangan sampai jumlah tagihan hutang di credit card menumpuk, beban bunganya sangat tinggi.

Jika perlu maka mintakan pada bank untuk keringanan bunga jika belum sanggup untuk langsung melunasinya.

Perlu diingat agar tidak membeli produk yang harganya diluar kemampuan, jangan sampai memiliki hutang kartu kredit. Segera lunasi tagihan kartu kredit di akhir bulan.

Dengan langsung lunasi tagihan creditcard di akhir bulan maka tak perlu membayar bunga, namun sudah bisa menikmati penggunaan dananya selama sebulan tanpa bunga.

Baca juga  Begini Persyaratan dan Cara Daftar Online Kartu Kredit BRI Anda

Jangan merasa besaran limit creditcard sebagai yang tambahan, karena itu sebenarnya adalah hutang berbunga tinggi.

Maksud awal dari penggunaan kartu kredit adalah demi kemudahan dan kepraktisan jika dibandingkan harus membayar secara tunai atau menggunakan kartu debit. Namun jika tidak maka sebaiknya jangan gunakan kartu kreditnya.

Kemanan Kartu Kredit

Mengingat besarnya risiko penggunaan kartu kredit yang bisa dibobol. Sehingga bisa muncul tagihan tiba-tiba atas pembelian suatu produk yang tidak pernah dilakukan dalam jumlah nominal yang besar.

Guna meminimalkan risiko seperti ini. Maka Asosiasi Kartu Kredit Indonesia (AAKI) menyarankan agar jangan pernah menyimpan data seperti nomor kartu kredit, dan nama lengkap, juga nomor CVV pada situs e-commerce manapun.

Lebih baik lakukan transaksi pembayarannya secara manual saja demi keamanan, dan pastikan untuk menggunakan OTP (On Time Password). Kemudian setelah selesai melakukan transaksi pada suatu wesbite maka lalu segera lakukan clearhistory, dan pastikan seluruh data telah terhapus.

Selalu update juga data nomor telepon agar bank busa segera menghubungi apabila ada transaksi kartu kredit yang mencurigakan.

Pastikan juga untuk menggunakan kartu kredit yang telah dilengkapi dengan fasilitas 3D secure karena hal tersebu akan mengamankan kartu dari jarahan tangan-tangan jahil.

Itulah tips belanja online dengan kartu kredit secara aman dan hemat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *