Tips Menabung untuk Milenial, Patut Dicoba

  • Share
Tips Menabung untuk Milenial, Patut Dicoba untuk Persiapkan Masa Depan

Mikaylabinar.com-Tingginya tuntutan hidup di masa sekarang membuat generasi milenial kesulitan dalam menabung. Oleh karena itu, perlu mengetahui tips menabung untuk milenial

Padahal menabung sangat penting dilakukan untuk mempersiapkan masa depan. Ada banyak kemudahan yang bisa dirasakan di masa mendatang jika kebiasaan menabung sudah dimulai sejak dini.

Kesulitan milenial dalam menabung dipengaruhi berbagai faktor. Salah satunya adalah gaya hidup konsumtif, contohnya terlalu sering berbelanja, makan di luar dan melakukan perjalanan liburan.

Kebiasaan tersebut memang tidak salah, namun perlu diatur intensitasnya dan disesuaikan dengan kondisi finansial. Agar tidak terjerumus dalam hidup boros dan utang, terapkan tips menabung efektif bagi milenial seperti berikut ini.

Miliki Target yang Jelas

Faktor lain yang menyebabkan milenial selalu gagal menabung adalah tidak dimilikinya sebuah tujuan. Milenial di usia muda cenderung berpikir bahwa kehidupannya yang terpenting hanya di masa sekarang.

Sedangkan berbagai kemungkinan di masa depan cenderung diabaikan. Kenyataannya, kesuksesan di masa sekarang tidak menjamin kelancaran hidup di masa depan, terlebih jika enggan memulai menabung.

Maka dari itu, setiap milenial harus memiliki tujuan yang jelas di masa depan. Hal itu akan berkaitan dengan keberhasilannya dalam menerapkan tips menabung untuk milenial.

Baca juga: Memahami kecerdasan finansial dengan mudah

Tujuan yang jelas itu misalnya memiliki rumah sendiri, memiliki kendaraan pribadi atau mempersiapkan biaya pernikahan.

Tujuan itu harus disertai pula dengan target waktu sehingga bisa lebih tergambar jelas bagaimana cara mencapainya.

Tentukan Presentase Tabungan

Memiliki tujuan menabung yang jelas juga akan membantu dalam menentukan langkah berikutnya yaitu menentukan presentase tabungan.

Dengan menguraikan target waktu, maka akan diperoleh berapa uang yang harus terkumpul setiap bulannya.

Untuk mempertajam ingatan akan tujuan menabung dan berapa banyak yang harus disisihkan, tidak ada salahnya memiliki catatan pribadi.

Menentukan presentase tabungan harus disesuaikan dengan penghasilan yang didapat. Jangan lupakan tanggungan lain, seperti tagihan atau anggaran wajib.

Presentase tabungan bisa ditentukan setelah semua tanggungan dianggarkan. Sebaiknya juga tidak menetapkan presentase tabungan yang bisa mengganggu kebutuhan utama.

Tips menabung untuk milenial memang membutuhkan perencanaan dan perhitungan yang matang.

Tahan Godaan

Sebagian orang berpikir bahwa hasil dari kerja keras harus dinikmati untuk membahagiakan diri sendiri. Termasuk generasi milenial yang menerapkan anggapan tersebut dengan hidup bersenang-senang.

Anggapan itu tidak sepenuhnya salah asal melakukannya dengan penuh perhitungan. Bukan berarti berhak menikmati hasil jerih payah namun mengabaikan kontrol sehingga mengganggu kestabilan finansial.

Bersama dengan menjalankan hak untuk memenuhi kebutuhan dari hasil kerja, milikilah kontrol diri yang baik.

Kontrol diri akan menghindarkan milenial dari berbagai godaan, semisal minum kopi di kafe setiap hari atau selalu mengikuti tren fashion kekinian.

Ingatlah bahwa sedang ada tujuan yang ingin dicapai, sehingga tidak tergiur dengan kesenangan sesaaat.

Tips menabung untuk milenial ini memang harus disertai dengan penguasaan diri.

Miliki Rekening Sendiri

Sangat mungkin satu orang memiliki lebih dari satu rekening dari bank yang berbeda. Fasilitas ini bisa dimanfaatkan untuk menyukseskan gerakan tabungan.

Pasalnya memang cara idealnya seperti itu agar tidak mengganggu setiap pos keuangan.

Bedakan rekening yang digunakan untuk menerima gaji misalnya, dengan rekening yang digunakan untuk mengumpulkan tabungan. Bahkan jika perlu, sediakan rekening untuk kebutuhan lain.

Baca juga: Cara mengalokasikan gaji bulanan agar tidak cepat habis

Saat sudah memiliki rekening sendiri untuk tabungan, segera sisihkan uang berdasarkan presentase tabungan yang sudah ditetapkan.

Menyisihkan uang harus dilakukan sejak awal menerima penghasilan, misalnya di tanggal muda saat gajian.

Jadi tips menabung untuk milenial yang tepat bukan menunggu sisa uang di akhis bulan, melainkan harus menyisihkan terlebih dahulu sejak awal.

Cari Penghasilan Tambahan

Usia muda memang menjadi saat yang paling menyenangkan dalam rentang kehidupan seseorang. Di usia tersebut, banyak hal seru yang bisa dilakukan.

Akan tetapi, pribadi yang bijak tidak akan menghabiskan masa muda hanya dengan bermain-main.

Masa muda sebagai waktu yang paling produktif paling tepat dimanfaatkan untuk mengeksplor kemampuan diri dan memperbesar peluang sukses.

Memiliki pekerjaan tetap di usia muda dengan penghasilan yang lumayan tidak berarti cukup bagi milenial.

Generasi muda masih membutuhkan sumber penghasilan lain apabila pendapatan yang diterimanya tidak bisa disisihkan untuk menabung.

Jadi tidak ada salahnya melakukan pekerjaan sampingan atau membuka bisnis di luar tugas utama sebagai pekerja.

Jangan Sepelekan Recehan

Banyak orang mengganggap uang receh tidak berguna. Padahal uang receh yang terkumpul bisa menjadi penolong di saat sulit.

Maka dari itu, kumpulkan setiap receh di tempat khusus. Dari receh itu, bukan tidak mungkin satu tujuan keuangan bisa tercapai. Cara menabung klasik ini tidak akan pernah ketinggalan zaman.

Tips menabung untuk milenial akan menuai keberhasilan di masa depan jika disertai dengan tekad yang kuat. Selain itu, semangat kerja keras juga harus terus dipupuk supaya bisa mencapai tujuan yang telah dicapai.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *