Rumah Bernuansa Alam yang Nyaman

Tips Membangun Rumah Bernuansa Alam yang Nyaman dan Membuat Betah
Rumah mansion di Belanda dengan laman rumput dekat pohon dan air (Photo by Fabian Keller on Unsplash)

Rumah bernuansa alam– Saat ini, berbagai desain rumah kreatif yang lain dari biasa banyak diminati ketika hendak membangun sebuah tempat tinggal.

Salah satu desain yang cukup populer adalah desain rumah bernuansa alam. Kerinduan untuk menyatu dengan alam adalah alasan mengapa desain rumah ini banyak dipilih.

Keberadaan nuansa bertajuk alam pada tempat tinggal pasti akan mendatangkan suatu rasa rileks dan nyaman bagi penghuninya.

Secara tak langsung, ini akan memberikan dampak positif bagi kesehatan dan membuat betah penghuni rumah.

Tips Membangun Rumah Bernuansa Alam

Untuk merealisasikan sebuah hunian tinggal dengan nuansa alam, beberapa unsur alam itu sendiri harus dihadirkan dalam setiap bagian rumah.

Elemen-elemen bernuansa alam yang mendominasi setiap bagian rumah serta merta akan menghilangkan kesan kaku dari bangunan rumah modern.

Lalu, apa saja tips yang untuk membangun rumah bernuansa alam? Simak info berikut:

1. Gunakan Warna Tanah Agar Rumah Bernuansa Alam

Warna tanah adalah satu perlambang dari nuansa alam dengan warnanya yang earthy. Dengan tone khas tanah seperti coklat, kuning langsat, atau oranye, warna tanah tak pernah gagal menghadirkan nuansa alam ke dalam rumah.

Tak harus mengaplikasikan warna ini untuk semua bagian rumah, warna tanah bisa dipadukan dengan warna-warna lain yang modern asal masih match dan tidak terlalu kontras.

2. Hadirkan Elemen Kayu untuk Furniture

Kayu adalah simbol lain dari unsur alam. Melibatkan material kayu untuk beberapa perabot adalah satu langkah tepat untuk mengingatkan betapa manusia tak bisa jauh dari alam. Sebagai contoh, ganti sofa ruang tamu dengan furnitur kayu yang kokoh.

Baca juga  Tips Bermain Mobile Legends agar Cepat Sampai Mythic

Hindari warna pernis yang terlalu gelap, melainkan cobalah untuk mengangkat warna coklat alami dari material kayu itu sendiri.

Selain ruang tamu, meja kursi untuk ruang makan juga bisa diganti dengan meja kursi yang terbuat dari bahan kayu untuk kesan yang lebih alami di setiap sudut ruangan.

3. Masukkan Tanaman ke Dalam Rumah

Penempatan beberapa pot tanaman di sudut-sudut atau ruangan tertentu dalam rumah tentu akan menambah suasana alami hunian.

Tanaman dalam rumah atau indoor plant akan memberikan nuansa kesegaran dan kesejukan dalam rumah. Pilih beberapa jenis tanaman hias yang memiliki unsur estetika agar tetap sedap dipandang mata.

Beberapa titik penempatan pot tanaman biasanya di sudut ruang tamu, di meja ruang tamu, di teras, hingga di dalam kamar mandi sekalipun.

4. Sematkan Dekorasi Alami

Dekorasi dalam rumah memiliki peran yang tak kalah penting dalam menciptakan kesan natural pada hunian.

Letakkan ornamen-ornamen dari bahan alam pada beberapa sudut rumah, misalnya saja hiasan dinding dari anyaman bambu, tanaman ilalang kering dalam pot gerabah, atau kap lampu dari bambu.

5. Buat Kolam dan Pancuran Air

Kolam adalah unsur air yang ada di alam. Keberadaan kolam akan semakin mempertegas keterpaduan unsur alam dalam rumah.

Coba bangun sebuah kolam ikan mungil di rumah, bisa di halaman belakang, dalam rumah (taman indoor), atau di teras depan rumah.

Jangan lupa pula untuk membuat sebuah pancuran air dari bambu. Dengan suara gemericik air yang terdengar di dalam rumah, sensasi berada di tengah hutan alam akan benar-benar terasa.

Mendesain rumah bernuansa alam memang membutuhkan suatu pemikiran dan persiapan.

Dengan kehadiran beberapa material alami di rumah, mulai dari sudut luar hingga belakang rumah, maka hunian akan terasa lebih nyaman dan membikin betah.  

Baca juga  Cara Memalsukan Lokasi di Peta Snapchat Terbukti Berhasil

Info lain: Ide Desain Rumah ala Jepang yang Minimalis dan Alami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *