Family  

Tips Membangun Kedekatan Adik dan Kakak di Rumah

Tips Membangun Kedekatan Adik dan Kakak di Rumah
Tips Membangun Kedekatan Adik dan Kakak di Rumah

Membangun kedekatan adik dan kakak di rumah merupakan hal penting yang harus diperhatikan oleh setiap orang tua.

Terkadang, ada sebuah keluarga dimana anak-anak memiliki kedekatan yang kurang. Akibatnya, suasana di dalam keluarga menjadi kurang harmonis.

Orang tua memiliki peran terpenting untuk membangun kedekatan dengan anak-anaknya. Ada berbagai cara yang bisa ditempuh.

Selain dengan memberikan keakraban di lingkungan rumah, mengajak ngobrol anak juga menjadi hal yang harus diperhatikan.

A. Langkah Membangun Kedekatan Adik dan Kakak

Tidak jarang kakak dan adik berantem di rumah. Semua kondisi tersebut dapat terjadi karena berbagai macam sebab.

Namun, bukan berarti hal tersebut tidak bisa diperbaiki. Sebagai orang tua yang bijak, berikut beberapa tips dalam membangun kedekatan antara kakak adik.

1. Mengatur kedekatan dari kecil

Membangun kedekatan dari semenjak dini adalah hal penting yang harus diperhatikan. Ketika adik baru lahir, orang tua bisa mendekatkan agar kakak mencium atau memeluk adik.

Ini akan membangun sebuah rasa kasih sayang serta keterikatan diantara mereka. Libatkan kakak ketika orang tua akan mengurus si adik. Contohnya saja, ketika sedang memandikan, biarkan mengambilkan sabun atau handuknya.

2. Memberikan mereka memiliki pengalaman bersama

Pengalaman bersama di sebuah keluarga harus dipertimbangkan. Kamu bisa mencoba mengajak liburan bersama. Pengalaman bersama tersebut nantinya akan dirasakan masing-masing saudara kandung.

3. Menceritakan hubungan persaudaraan Ibu dengan anak-anak

Salah satu hal menarik untuk membangun kedekatan adik dan kakak adalah menceritakan pengalamanmu ketika masih kecil bersama saudara kandung. Contohnya saja, menceritakan pengalamanmu ketika bermain bersama di sungai bersama.

Hal ini akan mengajarkan anak-anak untuk saling bekerjasama dengan saudara kandung mereka. Cerita dari ibu akan memberikan motivasi.

4. Berikan pengertian bahwa sahabat bisa datang dan pergi, namun keluarga tidak seperti itu

Kamu bisa memberikan pengertian bahwa sahabat sejati yang tidak akan pernah pergi di kala sedang susah maupun senang adalah saudara kandung. Jadi, anak-anak tidak akan mengabaikan saudara kandung demi bersama teman-teman mereka di luar.

Meskipun demikian, punya teman di luar juga hal yang diperbolehkan. Namun tidak sampai membuat hubungan saudara kandung menjadi renggang.

5. Biarkan mereka mengajarkan satu sama lain

Hal ini bisa dicontohkan dengan membiarkan si kakak untuk mengajari adik naik sepeda. Demikian juga ketika adik lebih mahir dalam main layangan bisa mengajari kakaknya. Ini akan memberikan rasa bangga kepada masing-masing anak ketika berhasil mengajari.

B. Manfaat Dekat dengan Saudara Kandung

Kedekatan adik dan kakak memiliki manfaat yang sangat banyak. Ini akan mendatangkan sesuatu kebahagiaan tersendiri untuk hari sekarang dan di masa yang akan datang. Berikut beberapa manfaat ketika kamu dekat dengan saudara kandung.

1. Saling merindukan

Rasa rindu sudah pasti ada ketika masing-masing kakak dan adik sudah memiliki dunia baru. Contohnya saja ketika kakak sudah harus pergi bekerja atau kuliah merantau dan si adik masih di rumah.

Kerinduan tersebut akan muncul sehingga ketika mereka bertemu kembali akan ada rasa bahagia yang memuncak. Saling merindukan juga menciptakan suasana tenang di hati bukan?

2. Bisa menjadi tempat berkeluh kesah

Selain berkeluh kesah dengan orang tua, banyak orang yang menyampaikan keluh kesah mereka dengan saudara kandungnya.

Masing-masing akan bisa menampung baik kesedihan maupun kesenangan. Kamu bisa berbagi apapun dengan mereka.

3. Pemberi dukungan

Dukungan merupakan hal penting yang dibutuhkan ketika seseorang menghadapi suatu masalah. Saudara baik kakak maupun adik bisa kamu jadikan sebagai partner in crime.

4. Bisa bertengkar

Masa bertengkar dan bahagia sudah pasti ada ketika kamu memiliki saudara kandung. Pertengkaran sudah hal biasa dan seberapa besar pertengkaran pasti akan saling tetap menyayangi.

Ada masa bertengkar yang kemudian akan menjadi cerita yang lucu dan menyenangkan di hari tua. Pengalaman apapun ketika masih kecil bersama saudara kandung akan menjadi cerita luar biasa untuk diceritakan kepada anak dan cucu kelak.

Apakah kamu memiliki pengalaman bersama dengan kakak dan adik yang menyenangkan? Jangan pernah letih untuk berusaha membangun kedekatan adik dan kakak agar keluarga di rumah menjadi semakin bahagia dan harmonis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *