9 Tips Jalankan Pekerjaan Sampingan Tanpa Mengorbankan Pekerjaan Utama

  • Share
tips jalankan usaha sampingan

Mikaylabinar.com– Berstatus sebagai karyawan tidak membuat Anda harus terpaku pada satu pekerjaan saja. Berikut tips jalankan pekerjaan sampingan tanpa mengorbankan pekerjaan utama

Anda bisa memiliki penghasilan di luar gaji utama jika memiliki keahlian tertentu dan pandai memanfaatkan waktu sebaik-baiknya.

Banyaknya ide bisnis sampingan yang tersebar di internet mungkin membuat Anda kesulitan untuk memilih.

Namun, apapun jenis bisnis sampingan tersebut, pekerjaan utama haruslah jadi prioritas yang utama.

Agar tidak terbengkalai, berikut ini 9 tips jalankan bisnis sampingan tanpa harus mengorbankan pekerjaan utama.

Cek Perjanjian Kerja

Setiap perusahaan memiliki kebijakan tersendiri yang berkaitan dengan bisnis sampingan yang dimiliki oleh karyawannya.

Sebelum memulai suatu bisnis, ada baiknya Anda untuk mengecek ulang kontrak kerja Anda tersebut. Hal ini perlu dilakukan agar di kemudian hari tidak timbul permasalahan yang bisa mengakibatkan putus kontrak kerja atau PHK.

Buat Skala Prioritas

Sebagai seorang karyawan, sudah pasti Anda harus memprioritaskan pekerjaan utama terlebih dahulu.

Hal ini wajib Anda terapkan untuk menghindari teguran dari pimpinan karena Anda lalai dalam menjalankan tugas.

Walau demikian, Anda pun harus tetap bertanggung jawab dalam pekerjaan sampingan yang sudah berjalan.

Untuk itu, Anda harus memiliki sikap profesional dan skala prioritas terhadap kedua pekerjaan tersebut.

Contohnya, saat berada di kantor, usahakan untuk tetap fokus pada pekerjaan. Selain itu, usahakan untuk tidak membawa pekerjaan kantor ke rumah.

Dengan cara ini, Anda bisa fokus untuk mengembangkan bisnis sampingan saat berada di rumah.

Hindari Menggunakan Peralatan Kantor

Walau dibutuhkan, jangan sekali-sekali menggunakan peralatan kantor untuk urusan bisnis sampingan yang Anda miliki. Ini dikarenakan peralatan kantor bukan merupakan milik Anda pribadi.

Sebagai contoh, Anda berprofesi sebagai penulis lepas. Maka, gunakan ponsel atau laptop pribadi dan jangan menggunakan komputer atau laptop kantor.

Fokus Jalankan Satu Bisnis

Penawaran berbagai macam bisnis yang menjanjikan terkadang membuat Anda ingin mencoba semua bisnis tersebut. Namun, satu hal yang perlu diingat adalah, bisnis yang Anda jalankan hanya sebagai sampingan saja. 

Untuk itu, usahakan untuk fokus hanya pada satu pekerjaan sampingan saja dan sesuaikan dengan minat, passion, waktu, dan kemampuan yang Anda miliki.

Ini dimaksudkan agar Anda bisa tetap bersikap profesional dalam menjalankan kewajiban sebagai karyawan.

Jaga Reputasi

Walau profesi Anda sebagai pebisnis yang handal saat berada di luar kantor. Namun, hal ini tidak memengaruhi performa Anda ketika berada di lingkungan kantor. Sebab, status Anda tetaplah sebagai seorang karyawan.

Anda memiliki kewajiban untuk patuh pada aturan yang berlaku saat berada di kantor. Untuk itu, tetap hormati pimpinan dan rekan tim Anda agar performa tim tidak terganggu dengan bisnis yang Anda jalankan.

Miliki Manajemen Waktu yang Efektif

Adanya dua pekerjaan berbeda yang dilakukan secara bersamaan bisa membuat pengaturan waktu menjadi bertabrakan.

Hal ini terkadang memang tidak bisa dihindari oleh sebagian pebisnis yang sekaligus berprofesi sebagai karyawan.

Untuk itu, Anda harus memiliki manajemen waktu yang efisien dan efektif bagi kedua profesi tersebut. Misalnya:

– Manfaatkan waktu sebelum dan sesudah jam kerja untuk mengurusi bisnis sampingan.

– Gunakan akhir pekan atau libur nasional untuk fokus ke bisnis sampingan.

Optimalkan Waktu Senggang

Memiliki waktu senggang bisa dimanfaatkan untuk memaksimalkan pekerjaan sampingan yang Anda miliki.

Sebagai contoh, saat berada di kantor, tetap fokus pada pekerjaan dan hindari ngobrol dengan sesama rekan di luar pekerjaan kantor, misalnya membahas gosip tentang artis.

Contoh lain, saat berada di rumah, manfaatkan waktu sebaik mungkin untuk mengecek kemajuan bisnis dan kurangi mengerjakan hal-hal yang kurang bermanfaat.

Misalnya, menonton televisi, menonton video, atau streaming YouTube yang tidak ada kaitannya dengan bisnis sampingan yang Anda jalankan.

Jaga Kesehatan

Memiliki dua karir sebagai karyawan dan pebisnis tidak membuat Anda lupa akan kesehatan dengan alasan sibuk. Sepadat apapun jadwal kerja yang Anda miliki, jangan lupa untuk tetap menjaga stamina.

Mulai dari jaga asupan makanan, istirahat yang cukup, minum vitamin, dan rajin berolahraga.

Bagaimanapun juga, fisik dan stamina yang kuat akan menjadi faktor penentu sukses tidaknya Anda dalam membangun karir, baik sebagai pebisnis handal maupun sebagai karyawan.

Resign Atau Rekrut Admin

Salah satu cobaan yang kerap dialami adalah saat bisnis sampingan lebih menghasilkan dibandingkan gaji yang Anda dapatkan sebagai karyawan.

Hal ini tentu menimbulkan perasaan galau, apakah akan resign dan fokus pada bisnis atau tetap mempertahankan pekerjaan utama.

Jika Anda merasa bahwa resign tidak akan menjamin bisnis tetap lancar, maka alternatif yang bisa dipilih adalah dengan merekrut seorang admin yang bisa dipercaya.

Dengan pertimbangan, hasil dari usaha sampingan mencukupi untuk menggaji seorang admin sehingga pekerjaan Anda pun akan lebih terasa ringan.

Baca juga: Cara menjadikan uang bekerja untuk kita

Adanya keinginan untuk mendapatkan penghasilan tambahan dengan memiliki pekerjaan sampingan bukan merupakan hal yang tabu bagi karyawan.

Asalkan Anda memiliki manajemen waktu yang efisien, jaga profesionalitas saat bekerja, dan tetap menjaga kesehatan. Semoga sukses.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *