Tanpa Disadari Hal Sepele Ini Seringkali Menjadi Penyebab Pengeluaran Boros

  • Share
Tanpa Disadari Hal Sepele Ini Seringkali Menjadi Penyebab Pengeluaran Boros
Ilustrasi - Pexel

Penyebab Pengeluaran boros- Ada pepatah mengatakan ‘lebih menyenangkan menghabiskan daripada menghasilkan’ ada benarnya juga. Ketika sudah memiliki penghasilan sendiri maka secara naluri, manusia akan berusaha untuk menggunakannya, semakin tinggi penghasilan semakin tinggi pula pengeluaran.

Belanja memang kegiatan yang menyenangkan, itu bukan sekedar aktivitas rutin tetapi juga bisa digunakan untuk menghabiskan waktu melepas penat. Namun yang harus diperhatikan adalah tetap memperhatikan kondisi keuangan, jangan membelanjakan lebih dari kemampuan.

Tanpa disadari pengeluaran bulanan kadangkali melebihi dari apa yang didapatkan, dan salah satu penyebabnya adalah hal-hal sepele yang nampaknya tidak diperhatikan, yang ternyata membuat pengeluaran rutin menjadi membengkak.

Lalu apa saja hal sepele yang menjadi penyebab pengeluaran boros? Simak ulasan berikut ini yang dirangkum dari beberapa sumber

1. Rokok

Rokok bagi para penikmatnya sudah menjadi keharusan, kebutuhan, yang jika tidak tercukupi akan menimbulkan banyak masalah dalam hidup mereka. Walaupun sebenarnya sudah tau risiko yang ditimbulkan dari aktivitas merokok bagi kesehatan, tentunya hal itu tidak menjadi penghalang, karena mindset yang dimiliki jika tidak merokok ada yang kurang.

Harga rokok rata-rata di Indonesia ada di kisaran belasan ribu, masih tergolong terjangkau untuk semua kalangan. Mungkin itulah alasan para perokok masih merasa mampu untuk membeli rokok dan sulit untuk melepas kebiasaan ini.

Padahal jika dihitung-hitung secara cermat, pengeluaran rutin untuk rokok tiap bulan bisa dialokasikan untuk kebutuhan lain.

2. Akses Internet

Tak terasa jika dunia dengan segala kemajuan teknologinya telah membuat manusia menempatkan akses internet mejadi kebutuhan utama. Tanpa disadari banyak pengeluaran yang tersedot untuk membeli paket kuota data yang tiap bulannya bisa berbeda-beda tarfinya, tergolong dari ketentuan provider.

Belum lagi jika dirumah masih memasang WiFi agar akses internet bisa lebih lancar lagi. Maka tentunya pengeluaran akan menjadi dua kali lipat

3. Makan diluar

Makan diluar bagi orang Indonesia sudah menjadi tradisi sebagai aktivitas untuk sekedar melepas penat dan bertemu dengan teman-teman, atau juga dilakukan karena selepas berbelanja di pusat perbelanjaan. Tentu saja tarif menu yang dipatok oleh tiap warung makan di Mall dan tempat perbelanjaan akan lebih tinggi dari warung kaki lima, karena adanya pajak dan biaya lainnya.

Apalgi jika makan diluar sudah menjadi kebiasaan misalnya seminggu sekali setiap weekend bersama keluarga. Untuk itu usahakanlah untuk sesekali saja makan diluar, atau disiasati dengan membawa bekal dari rumah dan sisanya untuk minuman bisa memesan di tempat.

4. Hiburan

Bagi para karywan/pegawai yang secara rutin bekerja dari senin-jumat, dan hanya memiliki waktu sabtu dan minggu untuk beristirahat, biasanya akan dipakai untuk mencari hiburan sendiri atau bersama keluarga.

Apapun bentuk hiburan yang dipilih tentunya juga memerlukan biaya, apalagi harus pergi ke tempat-tempat yang jauh dan mahal. Misalnya, pergi keluar kota selain biaya transportasi, juga ada biaya makan dan juga penginapan jika jauh dari tempat tinggal. Kadangkali biaya hiburan bisa menyaingi biaya kehidupan sehari-hari jika tidak cermat untuk mengelolanya.

5. Belanja Pakaian

Tidak afdol rasanya jika pergi ke suatu tempat tanpa berbelanja pakaian. Biasanya alasan yang dipakai adalah membeli baju sebagai kenang-kenangan di tempat dimana dikunjungi. Apalagi bagi mereka yang doyan belanja, maka beli pakaian sudah menjadi kebiasaan.

6. Pulsa Listrik

Hal lainnya yang tidak disadari akan membuat pengeluaran membengkak adalah tagihan listrik. Bagi keluarga baru yang telah memiliki anak, biasanya mereka akan memasang AC supaya tidur dapat nyenyak.

Dengan adanya AC tentunya juga akan menyedot banyak pengeluaran, karena AC bisa menjadi komponen yang paling banyak menyedot pulsa listrik. Belum lagi jika kebiasaan jika terus menyalakan lampu dan TV walaupun tidak dipakai, hanya membuat pemborosan.

Demikian beberapa hal yang kadang dianggap sepele namun ternyata dapat membuat pengeluaran membengkak, karena itu sobat Mibi harus bisa mengelola keuangan dengan bijaksana.

Info lain : 5 Tips Menekan Pengeluaran yang Tidak Perlu Saat Pergi Berbelanja

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *