Gadget  

Tanda Powerbank Rusak Yang Perlu Diketahui Sebelum Mengganti Dengan Yang Baru

Ups ! Jangan Terburu Beli Yang Baru Sebelum Kalian Mengetahui Ciri Dan Tanda Powerbank Rusak
Tanda Powerbank Rusak Yang Perlu Diketahui Sebelum Mengganti Dengan Yang Baru

Tanda powerbank rusak- Memiliki powerbank mampu memudahkan pekerjaan kita. Terutama kalau aktivitas kita banyak dan sering mobile dari satu tempat ke tempat lain.

Rasa was-was akan HP kita mengalami lowbat sudah tidak terjadi lagi dengan adanya powerbank. Karena masalah itu bisa diselesaikan dengan memiliki powerbank

Sebagian besar orang saat ini sudah memiliki HP, maka memiliki powerbank sudah jadi kebutuhan. Namun bagaimana jika kita kurang memahami kerja powerbank sehingga kurang hati-hati menggunakannya yang bisa berimbas pada rusaknya alat itu.

Berkaca pada kasus dimana seringkali kerusakan powerbank berakibat pada meletusnya device tersebut. Khususnya ketika sedang dalam posisi mengisi daya yang begitu lama.

Untuk menghindari rusaknya powerbank yang dapat membahayakan kita, maka sebaiknya sobat Mibi simak beberapa ciri-ciri dari tanda powerbank rusak.

Pengisian Daya yang Menjadi Lebih Lama

Biasanya pengisian daya tergantung pada kapasitas powerbank itu sendiri, semakin besar dayanya semakin lama waktu untuk mengisi daya.

Namun satu hal yang harus diperhatikan bahwa sebagai pemilik alat ini kita mengetahui berapa lama waktu pengisian daya sampai penuh.

Jika ternyata seiring berjalannya waktu pengisian daya jauh lebih lama dari yang biasanya. Maka perlu dicurigai kalau sel-sel dalam alat ini sudah mulai tidak berfungsi normal, yang itu tandanya sudah mulai rusak.

Penggunaan Powerbank Lebih Cepat Habis.

Powerbank tentunya memiliki kapasitas untuk dapat mengalirkan daya ke gawai kita sampai beberapa kali. Misalnya untuk kapasitas 10.000 Mah bisa untuk mengalirkan daya sampai 3 atau 4 kali pengisian.

Baca juga  Info Gadget Terbaru Yang Wajib Di Miliki Biar Makin Kece Maksimal

Jika ternyata pengaliran daya sudah berkurang mejadi 2 kali pengaliran daya saja, atau dengan cepat habis digunakan, bisa jadi powerbank sudah rusak.

Lampu Indikator Mati

Hampir semua model powerbank memiliki lampu indikator sebagai penanda jika sudah penuh atau belum. Powerbank yang masih berfungsi normal tentunya lampu indikator akan tetap menyala sesuai fungsinya.

Namun jika coba diisi dalam waktu yang agak lama, dan lampu indikator tetap tidak menyala, maka bisa dikatakan sudah rusak.

Cepat Panas atau Overheat

Normalnya powerbank baik ketika diisi atau menglirkan daya ke gawai lain, kondisi powerbank itu sendiri tidak panas, biasa-biasa saja.

Namun jika digunakan untuk mengisi daya ternyata panas bagian permukaannya. Ini berarti perangkat itu sudah mulai lemah dan tidak bisa digunakan dengan maksimal.

Anda bisa mencoba meraba dengan tangan jika dirasa lebih panas daripada yang biasanya dipakai. Maka sebaiknya urungkan niat untuk menggunakanya untuk menghindari hal-hal negatif.

Mendadak Powerbank Tidak Bisa Digunakan

Tentunya jika dalam keadaan normal perangkat ini jika disambungkan ke gawai bisa mengalirkan daya sebagaimana mestinya.

Namun jika semua indikator menyala dengan normal dan suhu perangkat tidak panas. Maka tentunya kondisi itu menandakan perangkat powerbank sudah tidak dapat digunakan lagi.

Solusinya mungkin anda bisa mengganti kabel yang biasanya digunakan dengan kabel lain, karena bisa jadi hanya kabelnya saja yang rusak. Tetapi jika sudah diganti dan tetap tidak bisa terhubung, maka memang sudah rusak sepenuhnya.

Ada Aroma Gosong

Ciri terakhir yang bisa diidentifikasi adalah adanya aroma gosong ketika sedang mengisi daya ke aliran listrik. Untuk tanda yang terakhir ini sebaiknya anda harus berhati-hati. Karena bau gosong menandakan adanya hubungan arus pendek yang bisa berakibat pada meledaknya perangkat ini.

Baca juga  3 HP Samsung Galaxy S Series Terbaru Tahun 2022

Jika anda kedapati perangkat anda ada aroma gosong, secepatnya lepaskan sambungan dan jangan gunakan lagi perangkat tersebut, supaya tidak membahayakan orang-orang sekitar.

Jika sobat Mibi sudah tau semua ciri-ciri powerbank yang rusak, alangkah baiknya mencegah sebelum benar-benar terjadi hal-hal yang dapat merugikan kita.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *