Cara Cek Emas Asli atau Palsu Imitasi

Takut Beli Emas Palsu? Gunakan Cara ini Untuk Mengecek Keasliannya! cara cek emas asli
Takut Beli Emas Palsu? Gunakan Cara ini Untuk Mengecek Keasliannya! Cara Cek Emas Asli (Photo by Git Stephen Gitau from Pexels)

Cara cek emas asli- Harga emas yang cenderung naik dari tahun ke tahun menjadi perhatian besar masyarakat untuk melakukan investasi jangka panjang.

Bukan hanya itu, emas juga bisa dibeli dalam bentuk perhiasan yang tentu banyak digunakan oleh para Wanita yang menyukai benda satu itu.

Belum lagi sekarang banyak orang yang mengoleksi emas atau perhiasan dengan berbagai model. Maka dari itu, kau perlu mengenali dengan baik apakah emas tersebut asli atau tidak.

Cara Cek Emas Asli atau Bukan

Berikut cara cek emas asli Yang bisa kamu ikuti.

1. Perhatikan Bagian Fisik Emas

Cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk mengecek apakah emas tersebut palsu atau asli berdasarkan laman resmi dari logam mulia antam yaitu dengan memperhatikan bagian fisik emas.

Apakah di bagian tersebut ada tanda-tanda khusus yang sering ada di emas murni atau Batangan. Misalnya, dalam emas murni terdapat cap yang menandakan kadar emas tersebut seperti 10K, 18K, dsb.

2. Apabila Digosok Warnanya Berubah

Cara cek emas asli berikutnya yaitu dengan menggosok permukaan emas tersebut menggunakan telunjuk atau telapak tangan kamu.

Apabila setelah digosok warna emas tersebut menjadi pudar dan tidak seragam, maka sudah bisa dipastikan bahwa emas tersebut palsu.

Begitu pula sebaliknya, jika warnanya tetap dan tidak berubah maka emas tersebut asli. Cara ini sudah sangat popular di kalangan masyarakat. Karena sudah banyak orang yang mengetahuinya dan cara tersebut sangat sederhana untuk dilakukan.

3. Dekatkan pada Magnet

Cara selanjutnya yaitu dengan mendekatkan emas pada magnet. Mengapa hal ini bisa terpengaruh? Emas merupakan logam yang bersifat non magnetis, sehingga Ketika emas didekatkan dengan magnet, emas tersebut seharusnya tidak menempel ataupun tertarik.

Baca juga  Cashflow Quadrant Adalah : Kelas Pas-pasan, Menengah atau Kaya

Namun, cara yang satu ini belum bisa menjamin dengan benar apakah emas itu asli atau tidak. Karena masih banyak jenis logam lain yang bersifat non magnetis.

4. Menggigit Emas

Cara berikutnya yang banyak digunakan oleh masyarakat dan sudah sangat familier oleh banyak orang yaitu dengan menggigit bagian permukaan emas. 

Caranya sangat mudah dan simpel, kamu hanya perlu menggigit permukaan emas tersebut. Jika setelah digigit di bagian tersebut ada bekas gigitan yang tertinggal, itu berarti emas tersebut adalah emas asli. Berlaku juga sebaliknya, jika tidak ada bekas gigitan maka emas tersebut adalah emas palsu.

Itulah beberapa cara cek emas asli yang bisa kamu coba dan ikuti langkahnya agar kamu bisa membedakan apakah emas tersebut palsu atau  asli.

Selain mudah dilakukan dan tidak memerlukan banyak perlengkapan. Kamu dapat mengecek keaslian emas sebelum membelinya karena harga 1 gram emas hari ini sudah mencapai 800 ribu dimana nominal tersebut sudah cukup tinggi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *