Rat Race Adalah : Pengertian dan Cara Keluar

Kerja Keras Tapi Tidak Ada Kemajuan Finansial! Awas Jebakan Tikus, Berikut 7 Langkah Cara Keluar dari Rat Race
Kerja Keras Tapi Tidak Ada Kemajuan Finansial! Awas Jebakan Tikus, Berikut 7 Langkah Cara Keluar dari Rat Race (Photo by Andrea Piacquadio from Pexels)

Rat race adalah – Banyak para pekerja yang merasa berada dalam lingkungan pekerjaan yang tidak memberikan kemajuan dalam finansial. Anda merasa sudah kerja keras tapi tidak kaya, awas jebakan rat race.

Menurut beberapa laporan jutaan pekerja di Amerika telah berhenti dari pekerjaan yang tidak memuaskan, seringkali berkaitan dengan upah rendah.

Jika anda telah merasa sudah kerja keras tapi tidak kaya dan banting tulang tapi masih berada dalam kondisi ekonomi pas-pasan dan tidak ada kemajuan dalam finansial maka anda telah tepat membuka artikel ini

Apa itu Rat Race?

Rat Race adalah ungkapan yang menggambarkan pengejaran sia-sia yang dilakukan manusia untuk maju secara finansial.

Ungkapan tersebut membangkitkan citra tikus yang berlari di atas roda yang berputar ditempat yang sama, bekerja keras setiap hari tetapi tidak pernah mendapatkan kemajuan.

Demikian pula, banyak orang yang bekerja berjam-jam dalam pekerjaan perusahaan yang tidak memuaskan sering kali merasa seolah-olah mereka bekerja keras tanpa pernah melihat keuntungan finansial yang mereka inginkan.

Bagi sebagian orang, Rat Race berarti bekerja 60 hingga 70 jam seminggu hanya untuk dapat pergi berlibur selama dua minggu sepanjang tahun.

Bagi yang lain, Rat Race berarti menghabiskan hidup mereka dengan pekerjaan yang mereka benci untuk membeli rumah atau mobil yang besar dan mahal.

Dan mereka tidak terlalu menikmati dalam kerjanya namun tetap bertahan dengan terpaksa karena merasa tidak ada pilihan pekerjaan lain. Mereka yang mengikuti Rat Race sering merasa kelelahan.

Mereka tidak pernah punya cukup waktu untuk menghabiskan hidup mereka sesuai dengan yang dinginkan dengan siapa dan bagaimana menjalaninya. Dan mereka tidak pernah bisa menyimpan cukup uang untuk merasa nyaman meninggalkan Rat Race.

Baca juga  Tips Sukses Bisnis Online Supaya Sukses di Usia Muda

Jadi apa artinya keluar dari Rat Race?

Keluar dari Rat Race dapat terlihat berbeda untuk orang yang berbeda. Bagi sebagian orang, keluar dari Rat Race adalah berarti pensiun dini dan waktu luang untuk benar-benar menghabiskan waktu Anda seperti yang Anda inginkan.

Bagi yang lain, keluar dari Rat Race berarti pekerjaan opsional. Melarikan diri dari Rat Race dapat berarti melakukan pekerjaan yang membayar lebih sedikit, tetapi lebih memuaskan, tanpa mengalami kesulitan keuangan. Atau bisa berarti bekerja part time dengan stres tinggi yang membayar dengan baik.

Bagaimana cara keluar dari Rat Race ?

Berikut ini 7 langkah agar anda bisa keluar dari jebakan rat race

1. Tuliskan tujuan Anda

Pastikan tujuan apa yang anda inginkan dengan jelas dan tahu alasannya sehingga tujuan ini memotivasi anda untuk terus maju mencapai tujuan yang anda inginkan

Tulis tujuan anda secara jelas dikertas dan tentukan waktu untuk mencapainya. Tempelkan kertas tersebut di tempat yang anda sering lihat, misalnya di kamar pribadi anda atau di pintu lemari anda.

Ini akan memengaruhi secara psikologis pada alam bawah sadar anda, jadi itu adalah pengingat terus-menerus tentang apa yang sedang Anda upayakan dan mengapa.

Saya suka memposting tujuan saya di dekat cermin kamar mandi saya karena itulah tempat pertama saya pergi untuk bersiap-siap pada hari itu.

Saya juga memposting tujuan saya di meja kantor sehingga saya dapat melihatnya ketika saya sedang bekerja.

Melihat tujuan saya selama jam kerja saya adalah pengingat yang bagus tentang mengapa saya melakukan apa yang saya lakukan.

Di mana pun Anda memposting sasaran, pastikan sasaran tersebut mudah terlihat di tempat yang sering Anda kunjungi.

Tujuan Anda akan menjadi motivasi yang Anda butuhkan untuk membuat pilihan harian yang membawa Anda lebih jauh di sepanjang jalan yang ingin Anda tempuh.

Baca juga  Cara Menjadi Lebih Kaya Saat Ini Juga

2. Lacak pengeluaran Anda

Selanjutnya, Anda perlu melacak pengeluaran Anda karena beberapa alasan. Melacak pengeluaran Anda membantu Anda mengetahui persis apa pengeluaran bulanan Anda dan berapa banyak pendapatan yang Anda perlukan untuk menghasilkan sehingga Anda dapat lolos dari Rat Race.

Orang yang ingin keluar dari Rat Race biasanya perlu memikirkan cara untuk menghasilkan pendapatan “pasif”. Penghasilan pasif berarti Anda tidak harus terus-menerus menukar waktu Anda dengan uang.

Jika Anda dapat menemukan rencana untuk menghasilkan pendapatan pasif yang cukup untuk mendanai pengeluaran bulanan Anda, Anda sudah siap untuk keluar dari Rat Race.

3. Potong pengeluaran Anda

Melacak pengeluaran Anda juga dapat memberikan kejelasan tentang cara untuk mengurangi pengeluaran. Jika Anda dapat mengurangi pengeluaran, Anda akan lebih mudah lolos dari Rat Race.

Terkadang, yang harus Anda lakukan hanyalah berpikir lebih kreatif atau menghabiskan lebih banyak waktu untuk merencanakan pengeluaran Anda.

Misalnya, menemukan cara hemat untuk menghemat uang seperti pemberian kupon, mengotomatiskan tabungan Anda, dan menemukan hal menyenangkan gratis untuk dilakukan.

Cara lain untuk memotong anggaran Anda adalah menemukan cara untuk mengurangi tagihan belanjaan Anda, seperti berbelanja online untuk bahan makanan untuk menghindari pembelian impulsif dan membeli barang biasa daripada barang bermerek.

Kabar baiknya adalah Anda dapat menemukan cara untuk mengurangi pengeluaran dan menghemat uang bahkan jika Anda memiliki anggaran yang ketat.

Jadi mulailah sesegera mungkin untuk membuat anggaran pribadi untuk keluar dari Rat Race lebih cepat!

4. Tingkatkan penghasilan Anda

Jika Anda tidak dapat mengurangi pengeluaran Anda, atau jika Anda ingin melipatgandakan upaya Anda untuk menghindari Rat Race, Anda juga dapat mengambil langkah-langkah untuk meningkatkan pendapatan Anda atau menciptakan berbagai sumber pendapatan.

Anda bisa menciptakan sumber banyak pendapatan (massive income). Ada banyak cara untuk meningkatkan penghasilan Anda, dan tidak semuanya mengharuskan Anda untuk meninggalkan segalanya dan memulai bisnis dengan ide baru yang tidak pernah terpikirkan oleh orang lain sebelumnya.

Baca juga  Cara Mengurus Roya Ke BPN Berikut Syarat dan Biayanya

Meningkatkan penghasilan Anda mungkin terkesan biasa, tetapi bisa menambah pendapatan. Misalnya, Anda bisa mendapatkan pekerjaan sampingan seperti mengemudi untuk Gojek atau Grab yang memungkinkan Anda bekerja untuk mendapatkan uang tambahan kapan pun Anda mau.

Anda juga dapat menyewakan kamar kosan atau menjadi penulis freelance yang berpotensi menjadi bola salju menjadi pendapatan pasif.

Dan akhirnya, bukan rahasia lagi bahwa kewirausahaan – atau memulai usaha kecil – adalah cara terbaik untuk meningkatkan penghasilan Anda.

5. Investasikan tabungan Anda

Anda tidak bisa hanya berhemat atau menabung, dampak inflasi berarti bahwa uang tunai yang disimpan di rekening bank sebenarnya kehilangan nilainya.

Menginvestasikan uang Anda sangat penting untuk bisa keluar dari Rat Race. Ketika uang Anda diinvestasikan, ia memiliki potensi untuk mendapatkan tingkat return yang lebih tinggi diatas inflasi.

Terdapat beberapa instrumen investasi yang bisa anda pilih. Dan yakinlah bahwa Anda tidak harus menjadi ahli untuk mendapatkan manfaat dari kekuatan investasi.

6. Ambil langkah kecil

Melepaskan diri dari Rat Race membutuhkan waktu dan tindakan kecil yang konsisten. Tetapi tindakan kecil dapat bertambah seiring waktu menjadi kebebasan finansial sejati.

Inilah sebabnya mengapa penting untuk memposting tujuan Anda secara tertulis agar anda tetap focus dengan tujuan utama.

Melepaskan diri dari Rat Race tidak mudah, tetapi sangat mungkin. Terus ingatkan diri Anda tentang tujuan dan alasan yang anda tetapkan setiap hari.

7. Tetap melakukannya

Tekun dan focus adalah kuncinya. Melepaskan diri dari Rat Race adalah salah satu hadiah terbesar yang dapat Anda berikan kepada diri sendiri dan keluarga Anda.

Namun, dibutuhkan banyak tindakan konsisten kecil dari waktu ke waktu untuk cara keluar dari rat race. Sekecil apapun, ingatlah bahwa setiap langkah maju tetaplah langkah maju.

Sudah kerja keras tapi tidak kaya!..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *