Stress Karena Covid-19 Bikin Kurang Tidur, Lakukan Tips Ini!

Stress Karena Covid-19 Bikin Kurang Tidur, Lakukan Tips Ini!
Stress Karena Covid-19 Bikin Kurang Tidur, Lakukan Tips Ini!

Kondisi stress karena Covid-19 bikin terjaga dan susah mendapat tidur berkualitas merupakan masalah yang menyerang banyak orang di seluruh dunia. Keadaan sekarang memicu kecemasan ini membuat jumlah tidur semakin kurang sehat.

Padahal, manusia memerlukan kualitas tidur teratur yang cukup untuk kesehatan fisik dan mental ideal. Kurang tidur dapat menurunkan sistem kekebalan tubuh dan meningkatkan peradangan dalam tubuh, membuat kamu lebih rentan terhadap penyakit.

Tidur malam secara khusus sangat penting untuk kesehatan otak dan tubuh manusia. Namun, keadaan seperti pandemi Covid-19 terus menyebar, menebar kecemasan dan kekhawatiran, mendapatkan jumlah tidur yang sehat dan berkualitas mungkin tidak semudah dulu.

Dan mendapatkan tidur baik bisa dibilang hal yang lebih penting sekarang daripada sebelumnya. Kualitas tidur berhubungan langsung dengan kekebalan tubuh untuk mendapatkan respons fisiologis tubuh lebih kuat.

Tips Mengurangi Stress Karena Covid-19 untuk Tidur Nyenyak

Ketika kamu tidak tidur, maka secara tidak langsung hal tersebut memengaruhi kekebalan tubuh. Efeknya tentu merugikan seperti meningkatkan peradangan dalam tubuh serta menyebabkan lebih banyak penyakit.

Dalam hal ini, masalah tidur akan memicu tubuh lebih rentan terhadap berbagai virus atau bahaya apapun yang mungkin ada di lingkungan.

Kualitas tidur kamu memainkan peran langsung dalam kemampuan tubuh menjaga tetap aman dari virus corona sekarang.

Jadi, selain mempertahankan semua protokol kesehatan, kamu sangat perlu tidur berkualitas dan teratur, ini akan membantu terlindung infeksi Covid-19. Untuk mendapat tidur lebih berkualitas, simak caranya mudah berikut ini.

Baca juga  Cara Menghemat Energi Listrik dalam Kehidupan Sehari-Hari

1. Menjaga Rutinitas

Pandemi memang menyebabkan kekacauan dan perubahan besar dalam kehidupan banyak orang di seluruh dunia. Ada yang berhenti bekerja, atau mengubah kerja yakni bekerja dari rumah, hal-hal ini memang perlu penyesuaian besar.

Bagi mereka yang bekerja di rumah, perubahan sangat diperlukan. Tinggal bersama keluarga lain untuk menjaga jarak sosial, itu secara langsung sangat memengaruhi kebiasaan. Bekerja di rumah hingga memperhatikan sekolah jarak jauh anak-anak mudah memicu perubahan.

Ketika perubahan besar terjadi dalam rutinitas harian, ini bisa mengganggu tidur sebagai akibat langsung dari stress karena Covid-19 ini. Oleh karena itu, sangat bermanfaat jika kamu tetap mempertahankan rutinitas.

Mulailah dengan bangun pagi di jam sama, bersiap-siap seperti akan berangkat kerja, mengganti pakaian hingga tetap menjaga pola layaknya hidup normal. Tetap teratur dengan jadwal atau kebiasaan akan mengurangi stress.

2. Kurangi Tidur Siang

Tinggal di rumah memang mudah merusak kebiasaan. Ketika siang hari setelah makan siang atau bosan akan melakukan apa-apa, tempat tidur bisa sangat mengundang. Tetapi untuk memastikan tidur malam tetap teratur, jangan tidur siang berlebihan.

Jika kamu sudah menjaga rutinitas seperti hidup normal, mudah saja untuk membatasi tidur di luar malam hari berlebihan sehingga mengurangi stress karena Covid-19. Akan lebih baik jika menggunakan energi dengan optimal sepanjang hari.

3. Rutin Berolahraga, Tetapi bukan Sebelum Tidur

Tempat gym atau lapangan di luar ruangan kamu kemungkinan masih tutup, tetapi sangat penting untuk tetap teratur melakukan olahraga. Ini juga sejalan dengan kualitas tidur, karena membantu menekan stress sehingga malam lebih nyenyak tidurnya.

Sangat perlu untuk menjaga jarak antara olahraga dengan jam tidur, sebaiknya lakukan di siang hari agar tidak membuat tubuh gelisah dan malah kesulitan tidur malam. Yang pasti kamu wajib berolahraga meskipun pilihan aktivitasnya terbatas.

Baca juga  Cara Daftar Aplikasi NEU Penghasil Uang dan Pulsa Gratis 10.000 Langsung Bisa Dicairkan

4. Mengatur Input Berita dan Informasi

Mungkin agak sulit untuk tidak membaca perkembangan berita terkait Covid-19 dan kondisi dunia di era pandemic ini, tetapi sangat penting jika kamu tahu kapan harus berhenti selalu update sepanjang hari.

Berita negatif di mana-mana bagaimanapun akan menimbulkan kekhawatiran dan meningkatkan stress karena Covid-19, sehingga buat batasan kapan bisa membaca berita dan yang penting juga sumbernya.

Jangan melakukannya sebelum tidur malam, karena pikiran kamu akan terganggu dan tentunya membuat lebih sulit tidur.

Kesehatan mental penduduk dunia banyak terganggu jika asupan info tidak dibatasi kemudian bermasalah lagi dengan tidurnya.

5. Menghentikan Paparan Sinar Biru Sebelum Tidur

Berhubungan di masa sosial distancing sangat mengandalkan internet dan semua jenis gadget, mulai dari smartphone, tab, dan laptop. Semua ini bermanfaat sangat besar baik untuk berkomunikasi hingga menghibur diri.

Tetapi tidak akan begitu bermanfaat saat kamu terus menatap layar sepanjang hari. Terlebih di malam hari, sebaiknya membatasi paparan sinar biru, dan mematikannya satu jam menjelang waktu tidur.

Baca buku atau berbincang-bincang dengan orang terdekat di rumah dapat menjadi alternatif untuk menambah ketenangan kamu sebelum tidur. Atau lakukan aktivitas apapun yang dapat lebih membantu tubuh rileks sebelum tidur.

Bagaimanapun, imun tubuh yang kuat adalah kemewahan dan sangat penting untuk mengurangi stress karena Covid-19 sekarang. Tidur yang berkualitas bisa dibilang salah satu cara menjaga kekebalan tersebut beserta gaya hidup sehat lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *