Strategi Marketing Online Untuk Menumbuhkan Bisnis Kecil

Strategi Marketing Online Untuk Menumbuhkan Bisnis Kecil
Strategi Marketing Online Untuk Menumbuhkan Bisnis Kecil (xframe.io)

Anda mungkin menggunakan beberapa strategi marketing online yang berbeda saat menjalankan bisnis. Namun, saat bisnis Anda sudah mengalami kemajuan dan peningkatan pendapatan, mungkin inilah saatnya untuk berkembang. Dan untuk melakukan itu, Anda harus mengubah cara Anda memasarkan bisnis Anda.

Strategi Marketing

Berikut adalah 13 strategi yang dapat Anda gunakan untuk mendorong pertumbuhan bisnis Anda dan membawanya ke tingkat berikutnya.

1. Belajar Dari Pesaing

Melakukan riset kompetitor dapat memberi Anda informasi berharga. Ini adalah kesempatan bagus untuk belajar dari kesuksesan dan kegagalan mereka saat Anda mencoba mengembangkan bisnis Anda. Riset kompetitor dapat dilakukan dengan cara :

  • Bandingkan penawarannya: Saat Anda melihat apa yang ditawarkan pesaing, Anda dapat melihat bagaimana perbandingan bisnis Anda. Proses ini dapat mengarah pada pengembangan produk untuk membuat perusahaan Anda lebih kompetitif.
  • Identifikasi pasar baru: Riset Anda mungkin menunjukkan celah di pasar di mana kebutuhan pelanggan tertentu tidak diperhatikan. Jika Anda tahu siapa orang-orang ini, Anda dapat mengubah rencana marketing Anda untuk menjangkau mereka dan menjadikan mereka pelanggan potensial.
  • Buat atau perbarui rencana bisnis Anda: Anda harus memiliki informasi baru dari analisis yang dapat Anda gunakan untuk memperbarui rencana bisnis Anda guna membantu kesuksesan jangka panjangnya.

2. Identifikasi dan Pahami Target Audiens Anda

Mengetahui siapa pelanggan Anda dan apa yang mereka inginkan adalah bagian penting dari strategi pertumbuhan bisnis Anda.

Semakin banyak Anda tahu tentang pasar Anda, semakin baik. Anda dapat menggunakan jenis informasi ini untuk proaktif dan mengejar pelanggan potensial. Untuk sepenuhnya memahami audiens Anda, Anda perlu mengetahui hal-hal seperti:

  • Demografi, seperti usia dan jenis kelamin
  • Apa kebutuhan mereka?
  • Jenis informasi yang mereka inginkan
  • Bagaimana mereka lebih memilih untuk mendapatkan informasi mereka

Anda juga perlu tahu apa yang basis pelanggan Anda pikirkan tentang Anda. Inilah sebabnya mengapa pelacakan merek Anda penting.

Ini dapat menunjukkan kepada Anda bagaimana pendapat konsumen memengaruhi perilaku pembelian mereka. Misalnya, Anda dapat melakukan perbaikan jika Anda menemukan konsumen memiliki pandangan negatif terhadap layanan pelanggan Anda.

Jadi, apa yang dapat Anda lakukan untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang apa yang dipikirkan publik tentang bisnis Anda? Anda dapat mulai mendengarkan media sosial atau menggunakan survei merek, yang dapat memberi Anda data tentang kesadaran merek.

3. Kembangkan Situs Web yang Ramah Seluler

Marketing untuk pertumbuhan bisnis kedepannya diprediksikan akan lebih banyak di akses secara mobile. Jadi, jelas betapa pentingnya situs web yang ramah seluler untuk pertumbuhan bisnis Anda. Jika Anda tidak memiliki situs web yang berfungsi di ponsel atau perangkat seluler lainnya, Anda berisiko kehilangan banyak calon pelanggan.

Membuat website mobile-friendly bukan berarti Anda harus membuat situs terpisah untuk ponsel dan tablet. Ini hanya berarti bahwa ketika Anda membuat situs Anda, Anda harus memperhatikan:

  • Responsiveness, karena orang akan mengakses website Anda di perangkat dengan ukuran layar yang berbeda. Jadi, Anda ingin memastikan itu ditampilkan dengan benar.
  • Ukuran font dan tombol, karena pelanggan Anda perlu membacanya di layar yang lebih kecil.
  • Kecepatan, karena konsumen Anda tidak akan mau menggunakan situs Anda jika tidak dimuat dengan cepat di koneksi seluler.
  • Pengalaman pengguna, karena pelanggan mungkin merasa frustrasi jika situs Anda sulit dinavigasi di perangkat seluler.
Baca juga  Pengertian Marketing Adalah : Definisi dan Strateginya

Kabar baiknya adalah Anda tidak perlu menjadi pengembang web untuk membuat situs web yang ramah seluler. Beberapa perusahaan memberikan kemudahan dalam membuat website, seperti:

  • Squarespace
  • Wix
  • Weebly

4. Buat Konten Berkualitas Tinggi

Membuat konten yang diinginkan audiens target Anda adalah bagian penting dari strategi marketing online yang sukses. Anda juga ingin berinvestasi dalam pengoptimalan mesin telusur (SEO).

Ini dapat meningkatkan peringkat bisnis Anda di hasil pencarian, yang memudahkan orang menemukan perusahaan Anda. Semakin banyak trafik situs web Anda, semakin banyak peluang yang Anda miliki untuk mengubah orang menjadi pelanggan.

Memublikasikan konten acak di situs Anda tidak cukup. Itu harus berkualitas tinggi dan relevan dengan audiens Anda. Beberapa contoh konten yang baik adalah:

  • Artikel petunjuk yang relevan dengan produk atau layanan Anda. Jenis konten ini dapat berupa artikel tertulis, video, atau keduanya.
  • Postingan berorientasi daftar, yang mudah dipindai dan dibaca.
  • Ulasan produk atau layanan Anda, atau item lain yang terkait dengan bisnis Anda.
  • Artikel umum, yang mendidik konsumen tentang topik yang relevan atau menjawab pertanyaan yang sering diajukan.

5. Jalin hubungan Pelanggan Potensial dengan Kampanye Email

Tidak jarang seseorang mengunjungi situs web atau etalase bisnis Anda, tetapi tidak melakukan pembelian. Hanya karena mereka tidak segera membeli sesuatu, bukan berarti Anda tidak dapat mengubahnya menjadi pelanggan nantinya.

Salah satu cara yang dapat Anda lakukan adalah melalui marketing email. Anda dapat menggunakan strategi marketing online ini sebagai cara untuk memelihara prospek dan mendorong mereka untuk membeli di lain waktu.

Menjalankan kampanye email memiliki biaya rendah untuk bisnis Anda karena Anda tidak mengirim surat langsung ke konsumen atau beriklan di publikasi cetak. Manfaat lain dari marketing email meliputi:

  • Menjangkau banyak orang
  • Penetrasi pasar yang lebih baik, karena hampir dua pertiga populasi akan memiliki akses internet pada tahun 2023
  • Pengembalian investasi yang positif

Untuk menjalankan kampanye marketing email yang sukses, pertama-tama Anda memerlukan daftar alamat email. Berikut adalah beberapa tip untuk membantu Anda memulai membuat daftar email:

  • Minta orang untuk mendaftar notifikasi email secara langsung.
  • Gunakan tombol ajakan bertindak pada konten Anda dan di seluruh situs web Anda untuk mendorong pendaftaran email.
  • Tawarkan sesuatu sebagai imbalan atas email seseorang, seperti akses ke demo atau kode diskon khusus.

Ketika Anda memiliki daftar pengunjung, Anda perlu membuat email yang menarik untuk dikirim. Menulis email marketing yang efektif berarti:

  • Memiliki konten yang ditulis dengan baik dan berharga
  • Menggunakan bahasa tindakan
  • Memastikan itu diformat dengan benar

Sebaiknya mulai mengukur efektivitas kampanye email setelah Anda mengirimkan email. Meskipun ini adalah kampanye pertama Anda, datanya sangat berharga. Anda dapat menggunakannya untuk membangun garis dasar dan mulai melacak tren, yang dapat menunjukkan kepada Anda apa yang berhasil dan apa yang tidak.

Baca juga  Content Marketing Adalah: Strategi Dan Penerapan

Meskipun mungkin untuk menjalankan kampanye marketing email Anda sendiri, bekerja dengan vendor dapat membuatnya lebih mudah. Misalnya, Kontak Konstan membantu pemilik bisnis membuat email yang menarik melalui template dan menyediakan dasbor untuk melacak metrik.

6. Daftarkan Pelanggan Anda dengan Program Loyalitas & Afiliasi

Menjadikan program loyalitas dan afiliasi sebagai bagian dari strategi marketing online Anda dapat membantu meningkatkan ukuran basis pelanggan Anda. Program loyalitas memberi penghargaan kepada orang-orang yang terus mendukung bisnis Anda. Ini juga merupakan strategi yang baik untuk meningkatkan retensi pelanggan Anda.

Dengan menawarkan insentif untuk membeli produk atau layanan, Anda membuat pelanggan senang dan mungkin meningkatkan keuntungan Anda.

Anda dapat menggunakan program afiliasi untuk mencoba menarik pelanggan baru. Anda akan bekerja sama dengan perusahaan lain, afiliasi, untuk mengarahkan orang ke bisnis Anda. Jika seseorang membeli produk atau layanan sebagai hasilnya, itu disebut konversi.

Anda akan membayar afiliasi untuk setiap konversi yang mereka kirim ke bisnis Anda. Karena Anda hanya menghabiskan uang saat mendapatkan pelanggan baru, marketing afiliasi dapat menghemat biaya untuk bisnis kecil Anda.

7. Manfaatkan Media Sosial

Di seluruh dunia, 1 dari 3 orang menggunakan media sosial. Mengingat ada sekitar 7,7 miliar orang di dunia, itu adalah jumlah pengguna media sosial yang sangat banyak. Jadi, ada baiknya menggunakan platform ini sebagai bagian dari strategi marketing online Anda. Manfaat lainnya? Media sosial biasanya gratis.

Memiliki kehadiran merek media sosial adalah penting. Baik Anda memutuskan untuk membuat profil di Facebook, Instagram, Twitter, atau Snapchat, Anda pasti ingin melibatkan konsumen secara teratur di platform ini untuk meningkatkan kesadaran merek Anda.

Anda dapat melakukannya dengan:

  • Siarkan langsung aktivitas bisnis Anda untuk menawarkan tampilan di balik layar
  • Menjawab pertanyaan atau komentar konsumen tentang merek Anda
  • Memposting foto, video, atau artikel

8. Testimonial dan Ulasan Pelanggan

Hampir 95% orang membaca ulasan sebelum melakukan pembelian. Dan, jika konsumen melihat ulasan di situs Anda, ini dapat meningkatkan konversi sebesar 270%. Ini berarti menampilkan ulasan dan testimoni pelanggan di situs Anda dapat meningkatkan penjualan dan membantu pertumbuhan bisnis Anda

Jangan lupa untuk mulai melacak ulasan merek. Jarang untuk tidak pernah menerima ulasan negatif. Dan, karena ini dapat menyebabkan konsumen tidak membeli sesuatu dari bisnis Anda, ada baiknya untuk mengatasi ulasan negatif kapan pun Anda melihatnya.

9. Insentif dengan Hadiah dan Promosi

Beberapa konsumen perlu sedikit lebih meyakinkan agar mereka mengklik “tombol beli” dan melakukan pembayaran. Di situlah insentif dapat membantu.

Anda dapat menambahkan hadiah, seperti hadiah atau sampel gratis, ke pesanan mereka jika mereka melakukan pembelian. Atau Anda dapat memberi mereka promosi eksklusif untuk digunakan pada pesanan berikutnya.

Situs web Anda bahkan dapat menampilkan pop up ketika seseorang akan pergi, menawarkan diskon khusus jika mereka membeli sekarang. Banyak toko ritel menggunakan strategi ini untuk mendorong konsumen melakukan pembelian.

10. Berkontribusi sebagai Pakar Industri

Menjadi ahli dalam industri Anda dapat memberi Anda peluang untuk berkontribusi pada:

  • Blog
  • Grup diskusi online
  • Wawancara media
Baca juga  Strategi Jitu Marketing Untuk Menaikkan Omset Usaha

Semakin banyak tempat yang dapat Anda sumbangkan, semakin besar peluang Anda untuk menjangkau pelanggan baru. Anda tidak perlu menunggu seseorang menghubungi Anda untuk memberikan kontribusi. Anda dapat mulai membangun kepemimpinan pemikiran Anda dengan:

  • Menulis artikel di platform blogging, seperti Medium atau LinkedIn
  • Menjawab pertanyaan di platform tanya jawab, seperti Quora dan Reddit
  • Bekerja dengan jurnalis sebagai sumber berita

11. Bermitra dengan Bisnis Utama dan Influencer

Saat Anda bermitra dengan bisnis dan influencer yang tidak bersaing, Anda memanfaatkan jaringan mereka. Bisnis atau influencer ini memiliki kredibilitas dengan pendukung dan penggemar mereka.

Jadi, ketika mereka membagikan produk atau layanan Anda, mereka seperti merekomendasikan bisnis Anda. Ini dapat secara signifikan meningkatkan jangkauan Anda dan memungkinkan Anda memasarkan ke audiens baru.

Subaru menggunakan strategi marketing online ini ketika mereka bermitra dengan influencer media sosial terkenal. Mereka ingin mengiklankan mobil mereka kepada kaum milenial dan orang-orang yang menyukai alam bebas.

Influencer membuat video untuk jaringannya, yang memamerkan mobil Subaru yang digunakan di lokasi luar ruangan yang berbeda. Marketing influencer ini membantu Subaru menjangkau audiens targetnya.

12. Optimalkan Daftar Lokal Anda

Karena semakin banyak orang menggunakan ponsel cerdas dan speaker pintar, penelusuran yang berfokus pada lokal meningkat. Baru-baru ini, Google memperhatikan bahwa pengguna seluler tidak lagi menggunakan lokasi atau kode pos mereka dalam pencarian karena mereka yakin perangkat pintar mereka tahu di mana mereka berada.

Faktanya, dari tahun 2015 hingga 2017, orang yang menggunakan pencarian “dekat saya” dengan beberapa bentuk ” dapatkah saya membeli” atau “membeli” meningkat 500%. Beberapa contoh pencarian semacam ini adalah:

  • Di mana saya bisa membeli mobil di dekat saya?
  • Tempat untuk membeli peralatan konstruksi di dekat saya
  • Beli coklat di dekat saya

Dengan orang-orang mengubah cara mereka mencari, penting bagi Anda untuk memperbarui situs web dan konten bisnis Anda untuk meningkatkan SEO lokalnya. Jika tidak, Anda mungkin tidak muncul di hasil pencarian.

Salah satu hal pertama yang harus Anda lakukan adalah membuat daftar Google Bisnisku. Akun Google Bisnisku memudahkan orang menemukan bisnis Anda di hasil penelusuran. Pastikan Anda menyertakan informasi yang relevan, seperti jam kerja, alamat, kategori, dan foto.

13. Menargetkan Ulang untuk Tetap Terpenting

Jika Anda melacak salah satu perjalanan pembelian pelanggan Anda, Anda mungkin menemukan bahwa mereka tidak membeli apa pun sampai setelah beberapa kali kunjungan ke situs web Anda.

Dan, meski begitu, itu tidak selalu menjadi jaminan. Retargeting adalah jenis marketing digital yang menayangkan iklan khusus kepada orang-orang yang mengunjungi situs web Anda. Saat orang-orang ini menggunakan media sosial atau menjelajahi internet, mereka akan melihat iklan dari bisnis Anda.

Banyak bisnis menggunakan penargetan ulang sebagai cara untuk terus terlibat dengan konsumen, mendorong mereka untuk melakukan pembelian.

Ini juga digunakan untuk menjaga bisnis tetap di puncak pikiran seseorang. Misalnya, jika seseorang mengunjungi situs kartu kredit, tetapi pergi sebelum mendaftar untuk mendapatkan kartu, perusahaan dapat menggunakan iklan penargetan ulang untuk mengingatkan mereka tentang promosi atau fitur khusus.

Anda dapat bekerja dengan departemen marketing Anda untuk mengembangkan strategi penargetan ulang spesifik bisnis Anda. Jika Anda tidak memiliki tim marketing, Anda mungkin ingin bekerja sama dengan beberapa biro iklan untuk marketing.

Info terkait: Content Marketing : Strategi Pemasaran Melalui Konten

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *