Emas  

Simak Cara Investasi Emas Agar Untung Berikut Ini Cocok Untuk Pemula

Simak Cara Investasi Emas Agar Untung Berikut Ini, Cocok Untuk Pemula
Emas batangan (photo: infrarate/unsplash)

Cara investasi emas agar untung- Investasi emas mulai banyak diminati oleh masyarakat Indonesia karena mudah dilikuidasi dan juga minim risiko.

Selain itu, emas juga memiliki nilai yang relatif naik tiap tahunnya sehingga cocok untuk investasi jangka panjang.

Cara Investasi Emas Agar Untung

Berikut ini adalah cara investasi emas agar untung yang cocok untuk pemula yang ingin mencoba investasi emas.

Pastikan Tujuan Investasi Emas

Ini penting dilakukan karena berkaitan erat dengan untung ruginya berinvestasi menggunakan emas.

Jangan hanya karena mengikuti tren atau mengikuti teman-teman. Sehingga tidak melakukan riset terlebih dahulu mulai dari cara investasi emas yang benar sampai perencanaan yang jelas tentang investasi emas.

Jika tidak memiliki tujuan investasi emas yang jelas biasanya investasi hanya akan berakhir dengan menjualnya lagi dan terus berulang. Sehingga penting sekali memastikan tujuan awal dan tidak lupa untuk melakukan riset kecil-kecilan tentang cara investasi emas pemula.

Jangan Berhutang Demi Investasi Emas

Cara investasi emas agar untung selanjutnya adalah hindari berhutang demi investasi emas. Ini dikarenakan tujuan umum dari investasi emas adalah merencanakan kebutuhan keuangan di masa mendatang.

Berinvestasi menggunakan emas ini berarti memiliki jangka waktu yang panjang dan tidak dapat diambil dalam jangka waktu pendek. Sehingga apabila seseorang berhutang hanya demi investasi emas tentunya akan menambah kerugian.

Pantau Harga Emas

Cara investasi emas pemula yang perlu ditekankan adalah untuk selalu memantau harga emas. Karena berkaitan dengan kapan waktu yang tepat untuk berinvestasi emas. Pelajari dengan baik tren kenaikan atau penurunan dari harga emas.

Baca juga  Lebih Murah? 3 Cara Beli Emas Antam di Pegadaian

Walaupun harga emas relatif stabil, tapi tidak ada salahnya untuk mengecek harga 1 gram emas hari ini. Karena jika tidak demikian bisa menimbulkan salah waktu membeli atau menjual emas yang berakibat pada kerugian.

Pilih Jenis Emas yang Tepat untuk Diinvestasikan

Memilih jenis emas yang tepat menjadi cara investasi emas yang benar, karena ini juga berkaitan erat dengan untung dan rugi.

Sebagai contoh apabila ingin berinvestasi menggunakan emas perhiasan. Biasanya tidak terlalu menguntungkan karena sudah dikenakan biaya pembuatan perhiasan dan saat dijual juga harganya cenderung lebih kecil.

Untuk berinvestasi emas baiknya menggunakan emas batangan atau koin, karena kedua jenis emas tersebut lebih mudah dijual. Investasi menggunakan sertifikat emas juga dapat dilakukan karena lebih praktis.

Pilih Tempat yang Aman untuk Menyimpan Emas

Cara investasi emas yang benar ini penting dilakukan agar terhindar dari pencuri atau berbagai gangguan lainnya.

Jika penyimpanan dilakukan di rumah, sebaiknya emas diletakkan di brankas khusus. Atau bisa menggunakan layanan safe deposit box milik bank yang dikhususkan untuk penyimpanan barang berharga milik nasabah.

Itu dia cara investasi emas agar untung yang dapat dilakukan oleh pemula. Investasi emas memang dilakukan sebagai bentuk perencanaan kebutuhan keuangan di masa mendatang yang dilakukan dalam jangka panjang. Jadi lakukanlah cara-cara di atas dengan baik agar terhindar dari kerugian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *