Sering Minta Main Keluar, Ini Tips Anak Betah di Rumah saat Pandemi

  • Share
tips menjadikan anak betah di rumah
Image: Unsplash/Josh Appligate

Mikaylabinar.com– Tips agar anak betah di rumah saat pandemi. Berdiam diri terus di rumah memang bisa membuat Anda bosan, apalagi bagi anak-anak.

Mereka tentunya ingin bisa bermain dengan bebas bersama teman-teman seperti sebelum adanya wabah Corona.

Namun, masa pandemi yang masih belum berakhir ini membuat siapapun menjadi terbatas aktivitasnya.

Agar anak tidak rewel dan minta untuk main keluar rumah terus, ada beberapa tips yang bisa diterapkan agar anak betah berada di rumah. Tips-tips tersebut diantaranya adalah: 

Olahraga Sambil Berjemur

Wajar jika seorang anak yang masih dalam masa aktif-aktifnya meminta keluar rumah agar bisa bermain.

Namun, saat pandemi seperti saat ini hal tersebut tidak bisa dilakukan. Untuk mengatasi kejenuhan, Anda bisa mengajaknya untuk berolahraga bersama sejenak.

Berolahraga di pagi hari sambil berjemur bersama anak bisa jadi alternatif terbaik bagi Anda dan keluarga.

Buat jadwal rutin dan ajak anak serta pasangan Anda untuk berolahraga dan meregangkan tubuh di bawah sinar matahari pagi agar tubuh tetap sehat sekaligus terhindar dari obesitas akibat kurang bergerak. 

Asah Kreativitas Anak

Agar anak betah di rumah, salah satu tips yang bisa diterapkan adalah mengajak mereka untuk mengasah kreativitasnya.

Rasa bosan akibat terlalu lama berada di rumah bisa diatasi dengan memberikan berbagai aktivitas positif yang menarik minat Anak.

Misalnya dengan mengajak mereka menggambar, mewarnai, membuat kerajinan tangan, atau mendekor ulang kamar. Dengan berbagai aktivitas tersebut, perhatian anak akan teralihkan dari keinginannya untuk bermain diluar rumah.

Baca juga: Anda berhak menjadi kaya begitupun lainnya

Selain kegiatan tersebut, Anda juga bisa mengajak anak untuk menari, menyanyi, dan bermain musik bersama.

Semua kegiatan positif ini bisa mengasah kemampuan motorik anak, koordinasi antara tangan dan mata, melatih imajinasi, membangun rasa percaya diri, dan membuatnya gembira walau berada di rumah seharian.

Bermain Bersama Anak

Salah satu aktivitas yang bisa membuat anak senang adalah bermain bersama. Anda bisa menyiapkan papan permainan yang bisa mengasah kreativitasnya. Misalnya, menyusun puzzle atau lego.

Selain itu, Anda juga bisa membeli permainan edukatif seperti kayu atau sedotan dengan konektor yang bisa dibentuk menjadi rumah, kapal, dan lain-lain.

Dengan cara yang satu ini, Anda dan anak bisa terlepas sejenak dari layar gadget yang cukup melelahkan mata.

Ajak Berkebun

Jika Anda memiliki halaman yang luas dan hobi bercocok tanam, tidak ada salahnya untuk mengajak anak berkebun.

Kegiatan yang satu ini bisa jadi aktivitas yang menyenangkan dan membuat anak betah di rumah sekaligus mengajarkan anak untuk mengenal alam sekitar.

Anda bisa memberi kesempatan kepada anak untuk menanam tanaman yang disukainya. Dengan demikian, Anda juga bisa mengajarkan anak tentang tanggung jawab memelihara tanaman yaitu dengan menyiramnya secara teratur.

Memiliki Hewan Peliharaan

Selain berkebun, Anda juga bisa membelikan hewan peliharaan seperti kura-kura, kucing, kelinci, ikan, atau hewan peliharaan lainnya. Dengan cara ini, anak akan merasa memiliki teman untuk bermain.

Selain itu, anak juga bisa belajar tentang rasa tanggung jawab memiliki hewan peliharaan dan cara memelihara hewan peliharaan yang baik.

Diantaranya adalah memberikan makan secara teratur, memberikan vitamin, mengajak bermain, dan membersihkan kandangnya. 

Sajikan Camilan Favorit

Untuk mengatasi rasa bosan anak karena berada di rumah terus, Anda bisa menyajikan camilan kesukaannya.

Ajak anak untuk membuat camilan favorit bersama sambil ngobrol tentang hal-hal yang menarik. Dengan demikian, anak akan lupa dengan rasa bosannya dan betah berada di rumah.

Memasak Bersama

Selain membuat aneka camilan, tidak ada salahnya untuk mengajak anak memasak bersama. Dengan cara ini bisa membuat anak betah di rumah sekaligus menumbuhkan ketertarikannya akan dunia masak memasak.

Anda bisa mengajarkan tentang membuat topping yang menarik, menyusun makanan agar tertata rapi, dan menyusun menu makanan untuk seluruh keluarga.

Dengan cara ini, anak akan belajar menghargai kerja keras ibunya dalam menyiapkan dan menghidangkan makanan setiap harinya.

Selain itu, anak juga akan belajar untuk menghormati setiap makanan yang disajikan tanpa menolak atau memilih-milih makanan. Satu hal yang harus selalu diingat, jaga anak agar tetap aman selama beraktivitas di dapur.

Menonton Film Favorit

Satu lagi aktivitas menyenangkan yang bisa dilakukan bersama anak, yaitu menonton film favorit bersama. Jika dulu Anda sering mengajak anak menonton film di bioskop, hal ini tentu belum bisa dilakukan selama masa pandemi.

Untuk itu, alternatif menonton film favorit bersama di rumah bisa jadi kegiatan yang menyenangkan.

Agar suasananya semakin menarik, Anda bisa menyiapkan camilan berupa popcorn atau snack dan mematikan lampu agar terlihat seperti berada di gedung bioskop.

Sambil menonton, Anda bisa memberitahu tentang hal-hal positif yang bisa dipetik dari film tersebut.

Membuat anak betah di rumah bisa jadi kegiatan menyenangkan yang bisa dilakukan bersama. Anda bisa mengajaknya bermain, berolahraga, memasak, berkebun, memelihara hewan, hingga menonton film favorit bersama.

Dengan kegiatan-kegiatan positif tersebut, anak akan teralihkan perhatiannya dan tidak akan bosan lagi walau berada di rumah seharian.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *