Risiko Terinfeksi Virus Corona Lebih Rendah pada Seorang Penikmat Minuman Kopi Hitam

  • Share
Risiko Terinfeksi Virus Corona Lebih Rendah pada Seorang Penikmat Minuman Kopi Hitam

Risiko terinfeksi virus corona– Perlu diketahui bahwa seorang peminum kopi hitam ternyata memiliki risiko lebih rendah terinfeksi virus Covid-19 di tengah wabah seperti sekarang ini.

Hal ini terkait dengan sebuah penelitian baru-baru ini, menemukan bahwa seorang peminum kopi memiliki kemungkinan kecil risiko terinfeksi virus Corona.

Sehingga dari penelitian tersebut membuktikan bahwa seorang yang minum lebih dari secangkir kopi ternyata memiliki 10% penurunan risiko terinfeksi, dibandingorang dengan kurang dari secangkir kopi / tidak pernah sama sekali. Hal itu karena kopi mempunyai manfaat dan khasiat kesehatan.

Fakta dan 4 Kandungan Kopi Hitam yang Meminimalisir Risiko Terinfeksi Virus Corona

A. Fakta membuktikan kopi memiliki beberapa manfaat:

  • Meningkatkan Mood dan Energi

Manfaat kopi hitam memang terbukti memiliki manfaat untuk kesehatan selama dikonsumsi sesuai anjuran, karenadibuktikan dengan penelitian yang dilakukan sejak lama. Bahkan bisa meningkatkan energi dan mood saat meminum secangkir kopi di pagi hari.

  • Menurunkan Risiko Seseorang Terkena Penyakit Diabetes Tipe 2

Minum kopi hitam secara rutin ternyata juga dikaitkan dengan menurunkan risiko seseorang terjangkit penyakit Diabetes tipe 2, bahkan persentasenya hingga 6%.

Tidak heran jika banyak yang menyukai minum kopi, karena selain rasa nikmatnya juga banyak manfaat kesehatan di dalamnya.

Sebaiknya tidak perlu menambahkan gula ke dalam minuman kopi, supaya manfaatnya lebih maksimal. Orang-orang pada umumnya menambahkan gula secara berlebihan, apalagi karena rasanya yang pahit.

Namun konsumsi gula yang berlebihan membuat tubuh memompa insulin menjadi lebih banyak. Kemudian dapat mengakibatkan diabetes & resistensi insulin jika konsumsi gula berlebih menjadi kebiasaan.

B. Kandungan di Dalam Kopi

Kopi memiliki beberapa kandugan di dalamnya, diantaranya:

  • Antioksidan

Kopi hitam terdapat kandungan antioksidan polifenol yang mempunyai segudang manfaat. Polifenol bisa mencegah berbagai penyakit seperti kanker, jantung, dan diabetes. Penyakit kronis tersebut terjadi karena adanya peradangan, demikian juga pada Corona / Covid-19.

  • Polifenol

Kandungan ini pun dapat meningkatkan sistem imun atau daya tahan tubuh. Antioksidan juga akan mengurangi risiko terjadinya peradangan semakin meluas, sehingga kopi akan sangat bermanfaat karena bermanfaat bagi kesehatan.

  • Zat Aktif yang Terdapat di Dalam Kopi

Kopi hitam mempunyai kandungan berbagai zat aktif yang baik bagi sistem imun, selain kandungan kafeinnya. Contoh zat aktif ini adalah fenolik, bermanfaat sebagai antiinflamasi serta antioksidan. 

Berbagai kandungan aktif dalam kopi juga tubuh lebih efektif dalam melawan dan mengurangi risiko terinfeksi virus Corona.

Jadi, secara tidak langsung ketika mengkonsumsi kopi hitam maka akan membuat daya tahan tubuh meningkat serta tubuh menjadi bugar.

  • Vitamin dan Kandungan Mineral yang Baik bagi Tubuh

Kopi hitam ternyata juga terdapat banyak vitamin serta mineral, seperti vitamin B3, vitamin B1, vitamin B5, vitamin B2, kalsium, magnesium, mangan, dan potasium. Semua kandungan tersebut dibutuhkan oleh tubuh dalam memelihara kesehatan.

  • L-theanine

L-theanine menghasilkan ethylamine yang memiliki peran sebagai meningkatkan sistem imun tubuh. Zat ini pun terdapat dalam teh hitam.

Ethylamine akan memicu reaksi sel T (merupakan sel kekebalan pada tubuh), sehingga membantu sistem imun untuk melindungi tubuh dari infeksi dan penyakit.

Namun di balik berbagai manfaat seperti yang sudah disebutkan di atas, perlu diingat bahwa tidak boleh berlebihan dalam mengkonsumsi kopi.

Membatasi konsumsi kopi memang diperlukan karena mengandung kafein, terutama jika memang benar memperoleh manfaatnya.

Minum kopi hitam juga tidak dianjurkan secara berlebihan, supaya tidak menimbulkan efek buruk. Batasan maksimal minum kopi hitam adalah sekitar 3 cangkir (400 mg kafein).

Selainmengkonsumsi berbagai makanan bergizi, diperlukan juga istirahat cukup dan rutin berolahraga selama mencegah / penyembuhan Covid-19.

Sementara itu, WHO dan CDC (Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit) tetap menyarankan vaksin sebagai cara paling efektif untuk tindakan pencegahan dan meminimalisir risiko terinfeksi virus Corona. Hal ini perlu diperhatikan terutama untuk mencegah kematian dan gejala berat.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *