Saham  

Rekomendasi Investasi Teraman dengan Saham Blue Chip

Rekomendasi Investasi Teraman! Beli Saham Blue Chip yang Terjamin Untungnya
Rekomendasi Investasi Teraman! Beli Saham Blue Chip yang Terjamin Untungnya (Photo by George Morina from Pexels)

Mendirikan usaha kecil-kecilan atau membangun toko sekarang sudah tertinggal jaman. Dibandingkan mengeluarkan uang yang besar untuk membangun bisnis dari nol, orang-orang sekarang lebih senang beli saham blue chip sebagai investasi.

Kenapa bisa? Pertanyaan itu sepertinya terlintas begitu saja di benak setiap orang yang masih awam dalam dunia investasi.

Saham menjadi langkah tepat yang diambil ketika seseorang berkeinginan mencapai kekayaan finansial di titik tertinggi dalam karirnya.

Hampir semua orang kaya di dunia berasal dari saham yang dimilikinya diantaranya Elon Musk, Warren Buffet, Jeff Bezos dan lainnya

A. Menariknya Investasi Saham Blue Chip (Big Cap)

Banyak saham blue chip memiliki bisnis yang sudah established. Mempertimbangkan profit yang didapatkan sebelum terjun ke saham adalah langkah yang bisa diambil dengan bijak. Berikut ini profit yang didapatkan seorang nasabah ketika beli saham Blue Chip;

1. Beli Saham Blue Chip

Jenis saham ini disebut juga saham big cap adalah saham dengan kapitalisasi besar dan memiliki fundamental yang baik.

Saham Blue chip menjadi jaminan bagi setiap investor untuk investasi long term atau berinvestasi dalam waktu lama . Saham kategori ini berbeda dengan saham biasa.

Pada umumnya saham berjenis ini sudah memiliki tingkat kematangan baik dalam segi manajemen, pengelolaan dan aman dalam bidang lainnya yang bisa mempengaruhi harga saham di bursa efek.

Baca juga  Kriteria Saham Yang Layak Untuk Dibeli

2. Saham Brand Ternama

Mendengar nama BCA, Unilever, dan brand lainnya yang sudah lama menjadi kalimat yang tidak asing lagi bagi semua orang.

Merek tersebut bisa dijumpai di seluruh kawasan Asia ini karena sifatnya sudah multinasional, menjadi bukti bahwa lingkup bisnis di dalamnya bukan hanya dengan orang Indonesia saja, tetapi dengan seluruh orang yang ada di Asia.

Dalam memanfaatkan label perusahaan yang baik ini, peluang untuk keuntungan dan tingkat likuiditas sahamnya semakin likuid.

Ketika kesuksesan sudah ada di depan mata dan peluang ini terbuka lebar untuk apa menunda pekerjaan yang baik.

3. Harga Stabil

Keuntungan lainnya yang didapatkan saat beli saham blue chip adalah harga stabil dalam artian tingkat volatilitasnya tidaklah terlau tajam seperti saham gorengan

Dengan tingkat volatilitas yang cenderung stabil ini, tingkat penurunan harga saham juga minim. Sehingga sangat aman bagi investor yang baru turun ke dunia saham.

Sebanding dengan harga pembelian saham, saham kapitalisasi besar cenderung mengalami kenaikan yang baik setiap dalam kurun waktu yang lama kedepannya, sehingga bisa mengurangi resiko rugi akibat harga saham yang turun apabila di hold dalam jangka panjang

B. Tips Sebelum Langsung Beli Saham Blue Chip

Melihat kenaikan dari saham blue chip  dari waktu ke waktu yang menunjukkan tren positif, pasti membuat daya tarik untuk mendalami dunia investasi dan saham semakin besar.

Ternyata ada trik khusus yang harus diterapkan dalam beli saham big cap dimana trik ini akan sangat membantu saat diterapkan.

Melalui trik-trik khusus ini, seseorang bisa mendapatkan pencapaian tertinggi melalui saham. Berikut ini tips yang bisa diterapkan ketika membeli saham;

Baca juga  4 Jenis Investasi Jangka Pendek dan Jangka Panjang untuk Kaum Milenial

1. Memiliki Tujuan

Tetapkan tujuan finansial anda. Dengan memiliki tujuan yang jelas maka apa yang ingin anda raih melalui saham bisa terwujud dalam urusan finansial.

Memiliki tujuan dalam investasi tidak harus berdasarkan pada target saham. Tujuan dalam berinvestasi disesuaikan dengan penggunaan uang investasi tersebut. Seperti contoh tabungan menekan, biaya pendidikan atau simpanan hari tua.

2. Pilih Sekuritas yang memiliki biaya paling rendah

Pilih sekuritas yang terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Beberapa pertimbangan dalam memilih sekuritas yaitu;

  • Legalitas dan terdaftar di OJK
  • Biaya fee jual-beli rendah
  • Kemudahan dalam mengakses investasi
  • Kemudahan dalam menarik dan setor dana
  • Pelayanan bagi nasabah/investor

3. Pemantauan Investasi

Sebagai bentuk tindakan akhir, setelah semua proses yang dilakukan untuk mendapatkan suatu saham adalah pemantauan.

Seseorang tidak akan mengetahui nilai tukar dari sahamnya bila tidak dibantu dengan teknik pemantauan yang benar.

Memantau sebenarnya tidak termasuk ke dalam tugas yang susah, akan tetapi bila pemantauan yang dilakukan ini tidak benar akan mendatangkan kerugian bagi pemilik saham.

Selain itu, tidak mengambil keputusan dan tergesa-gesa adalah langkah utama seseorang yang sukses dalam bidang saham.

4. Tentukan Waktu Terbaik

Dari hasil pemantauan investasi yang dilakukan terhadap saham blue chip, beberapa kali mungkin akan dihadapkan terhadap penurunan.

Ada kalanya seseorang mempertimbangkan penurunan ini sebagai upaya mendapatkan saham dengan jumlah yang lebih besar.

Selagi masih turun renggut saham yang tersisa, sistem ini akan menguntungkan bila dipakai.Menentukan keuntungan dan kerugian berdasarkan harga jual dan beli, bukan kenaikan saham sebelumnya.

Setidaknya dengan mempelajari trik beli saham blue chip akan membantu dalam meraih kekuasaan dalam waktu yang tepat. Teliti dan terampil merupakan modal utama menjadi investor handal dalam bidang saham.

Baca juga  Tips Investasi Saham Bagi Pemula Hasil Maksimal

5. Sering Bagi Dividen

Saham blue chip cocok untuk dimasukkan kedalam portofolio jangka panjang oleh karena itu pilih saham big cap yang rajin bagi dividen

Investor selain mendapatkan keuntungan dari kenaikan harga saham juga akan mendapatkan dividen dari saham yang dimilikinya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *