Pribadi Ekstrovert yang Tidak Pernah Kehabisan Energi

Pribadi Ekstrovert yang Tidak Pernah Kehabisan Energi
Pribadi Ekstrovert yang Tidak Pernah Kehabisan Energi (pict: pexel)

Secara umum, seorang ekstrovert adalah orang yang termotivasi oleh rangsangan eksternal. Pribadi Ekstrovert cenderung sangat menyukai orang dan bersosialisasi dan memiliki kepribadian yang vokal dan terbuka.

Tetapi ada lebih dari menjadi ekstrovert daripada banyak bicara dan ingin berpesta. Baca terus untuk mengetahui lebih lanjut tentang ciri-ciri kepribadian ekstrovert dan apa artinya menjadi seorang ekstrovert.

Perbedaan kutub karakter ini telah ada selama sekitar 100 tahun, di tahun 1921, Carl Jung mengklasifikasikan kepribadian menjadi dua tipe dasar: introvert dan ekstravert.

Carl Jung memilih ejaan “ekstravert” karena masuk akal dalam bahasa Latin, yang ternyata jika diperhatikan bahwa kata “ekstra” juga merupakan cara yang baik untuk menggambarkan orang-orang yang ramah ini.

Seiring waktu, ejaan berubah menjadi “ekstrovert” dan psikolog menemukan ada lebih banyak nuansa tipe kepribadian daripada yang awalnya ditentukan Jung.

Ciri pribadi ekstrovert

Beberapa ciri kepribadian umum untuk sebagian besar ekstrovert, tetapi tidak semua sifat ini berlaku untuk semua ekstrovert. Kepribadian adalah spektrum yang luas, dan setiap orang memiliki campuran sifat yang berbeda.

1. Menyerap Energi dari Orang Banyak

Salah satu karakteristik paling umum dari seorang ekstrovert adalah mereka diberi energi oleh orang-orang. Mereka pergi ke pertemuan, bertemu sekelompok orang baru, dan berbicara dengan teman lama, dan semua interaksi sosial itu memberi mereka ‘baterai penuh’ untuk terus berpesta (berlawanan dengan introvert, yang sering merasa bahwa pertemuan sosial menguras energi mereka).

Baca juga  Phising Adalah Inilah Arti dan Jenisnya

HaI ini tidak hanya berlaku untuk acara bepergian yang menyenangkan dengan teman-teman. Ekstrovert cenderung lebih suka bekerja dalam kelompok daripada bekerja sendiri.

Mereka suka membicarakan ide-ide mereka dengan rekan kerja dan menemukan kebahagiaan dan energi yang lebih besar dalam melakukan sesuatu sebagai sebuah tim.

2. Si Raja Pesta

Karena ekstrovert mendapatkan energi dari orang lain, tidak mengherankan jika mereka sering menjadi pusat perhatian.

Itu mungkin tidak berarti setiap ekstrovert memukau orang banyak dengan kemampuan tong stand mereka, tetapi sifat mereka yang ramah dan bersahabat cenderung menarik perhatian dan menjalin pertemanan baru.

Sementara ekstrovert benar-benar menikmati menjadi pusat perhatian dan menghabiskan waktu dengan berbagai orang, namun terkadang juga terjatuh pada pergaulan itu.

Ekstrovert tidak selalu membutuhkan pujian dan sanjungan — mereka hanya berkembang dalam situasi sosial. Sederhananya, ekstrovert tidak keluar untuk mencuri perhatian, tetapi mereka sering menjadi pusat perhatian hanya dengan menjadi diri mereka sendiri.

3. Punya Banyak Teman dan Jaringan

Teman berlimpah untuk ekstrovert adalah anugerah. Hubungan dengan orang lain sangat penting, dan ekstrovert menghargai banyak orang dalam hidup mereka, merasa nyaman dalam kumpulan banyak orang dan bersemangat dalam kebersamaan.

Kebutuhan akan teman bersifat biologis. Satu studi menemukan bahwa ekstrovert memiliki respons yang lebih tinggi untuk melihat wajah manusia daripada introvert. Hanya melihat manusia lain merangsang otak seorang ekstrovert.

4. Terobsesi Dengan Pembicaraan

Tidak seperti introvert yang dikenal pendiam, ekstrovert dikenal banyak bicara. Proses pemikiran dan emosi berada dibelakang, sementara pembicaraan menjadi senjata yang ampuh dalam menyatakan ide-ide mereka.

Namun bukan berarti mereka memiliki monolog emosi eksternal yang konstan, tetapi mereka lebih suka membicarakan sesuatu dengan orang lain.

Baca juga  Belajar dari Miliuner Tetangga Kita Stanley Danko

Entah itu perselisihan, proyek di tempat kerja, atau serial program TV yang membuat mereka terobsesi; ekstrovert akan mencari percakapan untuk menyelesaikan semua detailnya.

5. Kesendirian Mereka Ada Dalam Keramaian

Ketika seorang introvert berebut ke kamar mereka untuk beberapa waktu sendirian, seorang ekstrovert berlari ke tempat acara yang penuh dengan orang-orang untuk bertemu dan membicarakan basa-basi yang menggembirakan.

Secara umum, ekstrovert membutuhkan lebih sedikit waktu untuk menyendiri dan menemukan lebih sedikit kenyamanan dalam waktu tenang.

Tentu saja, setiap orang terkadang perlu menyendiri, tetapi Anda tidak akan sering menemukan teman ekstrovert Anda membatalkan rencana untuk bermalam.

6. Akrab Dengan Risiko

Satu studi menemukan bahwa ekstrovert mendapat pukulan dopamin (hormon kebahagiaan, dalam istilah yang sangat umum) ketika risiko terbayar, khususnya ketika mempertaruhkan risiko.

Dan sebuah studi tahun 2007 menemukan bahwa ekstrovert secara biologis termotivasi untuk mencari hal-hal baru (pengalaman baru atau berbeda).

Ini tidak berarti setiap ekstrovert nongkrong di kasino 24/7, tetapi ada insentif biologis bagi ekstrovert untuk keluar dan meraih kehidupan.

7. Mereka suka memimpin

Selain aktif secara sosial dan ramah, ekstrovert sering menikmati peran kepemimpinan. Proses dalam menjalankan kepemimpinan dianggap sebagai tempat untuk semakin banyak bergaul dan berbicara dengan banyak orang. Bahkan seorang ekstrovert mungkin menyukai perhatian dan tindakan yang diberikan oleh kepemimpinan.

8. Mereka suka melihat sisi terang kehidupan

Mereka biasanya lebih optimis dan cenderung tidak memiliki kecemasan, dan mereka seringkali lebih bahagia. Kedengarannya aneh bahwa satu kelompok kepribadian bisa lebih bahagia daripada yang lain, tetapi sebuah studi tahun 2013 menemukan bahwa ekstroversi secara teratur dikaitkan dengan menjadi lebih bahagia.

Baca juga  Play Station Pertama Kali Diluncurkan dan Hari Difabel Internasional dan Peristiwa 3 Desember

Studi lain menemukan bahwa bahkan ketika orang hanya berpura-pura menjadi ekstrovert, mereka lebih bahagia!

Demikian ulasan tentang pribadi ekstrovert dalam hal karakter dan keunggulan mereka. Semoga bermanfaat.

Info lain: Termasuk Karakter Apakah Anda? Berikut 4 Jenis Karakter/Temperamen yang Perlu Anda Ketahui

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *