Pilihan Hobi yang Menyehatkan Agar Hidup Lebih Bahagia

  • Share
Pilihan Hobi yang Menyehatkan Agar Hidup Lebih Bahagia

Hobi yang menyehatkan tubuh dan mental tidak hanya berguna untuk kesenangan hati. Namun bisa membuat berumur panjang, pikiran menjadi tenang dan sejumlah manfaat lain. Jangan lupa meluangkan waktu untuk melakukan hobi.

Hampir setiap orang mempunyai hobi. Mulai dari membaca buku, mendengarkan musik, hingga olahraga. Namun banyak yang mulai meninggalkan hobi karena kesibukan seperti belajar atau bekerja. Padahal hobi bisa membuat sehat.

Jenis Hobi yang Menyehatkan Tubuh dan Mental

Apabila kamu merasa sangat sibuk cobalah untuk tetap meluangkan waktu melakukan hobi. Kegiatan ini bukan hanya ajang senang-senang dan pemborosan namun bisa membuat kamu lebih sehat.

1.Menari

Menari merupakan hobi yang efektif untuk membuat tubuh menjadi bugar. Menari adalah kegiatan murah meriah. Kamu bisa menari hanya dengan diiringi alunan musik yang disukai.

Ada banyak macam tarian yang dapat kamu coba. Mulai dari tari tradisional, ballet, belly dance, jazz, salsa dan lain sebagainya. Kegiatan ini mampu meningkatkan kesehatan jantung dan paru-paru.

Ketika menari, tubuh akan menghirup oksigen dengan lebih efektif. Selain itu, hobi ini juga dapat meningkatkan kekuatan otot dan stamina. Jadi jangan sampai meninggalkan hobi ini karena mempunyai banyak manfaat.

2. Fotografi Alam

Hobi yang menyehatkan selanjutnya adalah fotografi alam. Jadi bukan sekedar foto selfie atau memotret makanan ketika di kafe dan restoran. Namun memotret keindahan alam yang ada di sekitar.

Seni fotografi ini menjadi hobi sehat karena mengajak kamu untuk mengunjungi tempat indah. Seperti pantai, hutan atau gunung. Memotret alam dapat membuat kamu aktif bergerak sehingga menyehatkan tubuh.

3. Memasak

Memasak sudah seperti kemampuan dasar yang wajib dimiliki semua orang. Baik itu laki-laki maupun perempuan. Ketika mempunyai hobi ini, maka kamu bisa mendapat lebih banyak manfaat.

Memasak bisa mencegah kamu untuk mengonsumsi makanan junk food di sekitar tempat tinggal. Karena bisa mengolah bahan makanan lebih bergizi untuk dikonsumsi.

Ketika akan memasak pasti akan menentukan bahan makanan, cara memasak hingga cara penyajian. Kegiatan tersebut dapat meningkatkan kreativitas. Selain itu juga menumbuhkan pola hidup mengonsumsi makanan bergizi.

4. Berkebun

Berkebun merupakan hobi yang menyehatkan namun terkesan kotor dan melelahkan. Karena berurusan dengan tanaman, tanah, pupuk dan sinar matahari. Namun berkebun dapat merawat kesehatan kulit karena terpapar sinar matahari pagi.

Kegiatan berkebun tidak hanya berhubungan dengan merawat tanaman yang sengaja ditumbuhkan. Namun juga menyingkirkan hama seperti rumput. Kamu juga akan mengatur pot atau posisi tanaman.

Segala bentuk aktivitas dalam berkebun akan membuat tubuh menjadi fleksibel untuk bergerak. Apabila kamu bekerja dalam posisi duduk seharian, berkebun akan membuat tubuhmu menjadi lebih bugar.

5. Membaca

Kamu pasti sudah tidak asing dengan kalimat “buku adalah jendela dunia”. Melalui buku, bisa menambah ilmu pengetahuan. Membaca dapat mencegah stres, memberi ketenangan, meningkatkan daya ingat dan konsentrasi.

Hobi ini sangat berguna bagi kesehatan mental. Apabila merasa pusing ketika ingin membaca, pilih saja buku bacaan ringan. Jangan terbebani dengan bacaan berat ketika ingin merasakan ketenangan.

Membaca juga berguna bagi kesehatan tubuh. Karena dapat mencegah risiko penyakit alzheimer. Membaca buku fiksi juga mampu mengasah imajinasi. Jadi jangan meragukan manfaat dari membaca.

6. Menulis dan Menggambar

Membuat tulisan atau gambar merupakan hobi yang mampu menyehatkan mental. Karena bisa menyalurkan pikiran yang sedang rumit ketika tertekan atau emosi. Sehingga hal negatif tersebut bisa dikeluarkan dengan cara baik.

Menulis dan menggambar juga bisa menjadi penyemangat hidup untuk pasien penderita kanker. Karena mereka merasa sangat kesakitan ketika menjalani pengobatan. Melalui hobi tersebut, hidup mereka jadi terasa lebih menyenangkan.

7. Bermain Alat Musik

Musik memiliki kekuatan yang mampu mempengaruhi emosi dan psikologis seseorang. Mendengarkan musik dapat mengurangi rasa sakit hingga stres. Sementara bermain alat musik dapat meningkatkan kapasitas memori dan konsentrasi.

Mungkin bermain musik membutuhkan lebih banyak waktu. Namun kamu bisa melakukannya di waktu senggang sambil meredakan pikiran yang mungkin penuh dengan pelajaran atau urusan pekerjaan.

Bermain alat musik juga bisa melatih kesabaran dan ketekunan. Karena untuk bisa mahir membutuhkan waktu latihan yang tidak sebentar. Bermain alat musik juga mampu meningkatkan kreativitas dan mengurangi depresi serta kecemasan.

Melakukan hobi adalah kegiatan positif yang mempunyai banyak manfaat. Selain itu, ada beberapa Hobi yang menyehatkan fisik dan mental sehingga sangat sayang bila dilewatkan.

Info lain: Hobi Ngoleksi Sesuatu? Inilah Koleksi Yang Bisa Jadi Investasi

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *